Merk Ban Motor Untuk Jalan Basah Dan Kering
Merk Ban Motor Untuk Jalan Basah Dan Kering. Sumber Gambar: riders.drivemag.com

Merk Ban Motor Untuk Jalan Basah Dan Kering

Merk ban motor untuk jalan basah dan kering dan tips memilihnya. Memilih ban sepeda motor terbaik tidak boleh sembarangan, karena ban sepeda motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang sangat vital dan membutuhkan perhatian khusus. Ban sepeda motor perlu kita rawat agar awet dan tahan lama saat kita gunakan. Oleh karena itu, pemilihan ban sepeda motor terbaik harus kita lakukan sejak awal, agar mudah kita rawat dan dapat kita gunakan dalam jangka panjang.

Merk ban motor untuk jalan basah dan kering

Ban sepeda motor sangat mempengaruhi performa berkendara. Bahkan sepeda motor yang memiliki mesin yang bagus pun tidak akan nyaman kita gunakan jika menggunakan ban sepeda motor yang tidak asli dan tidak sesuai. Ada banyak jenis ban di pasaran, mulai dari ban tubeless hingga ban IRC. Anda dapat memilih ban terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan memilih ban motor terbaik, Anda akan lebih fleksibel dan percaya diri dalam berkendara. Lantas bagaimana cara memilih ban motor terbaik di Indonesia dan apa saja rekomendasi merk ban terbaik? Yuk, simak ulasan kami berikut ini.

Rekomendasi merk ban motor untuk jalan basah dan kering

Sebelum mengetahui cara memilih ban motor terbaik baik untuk tipe matic, bebek atau balap, maka Anda perlu mengetahui rekomendasi ban motor merk terpercaya. Nah, berikut ini adalah daftar merk ban motor terbaik yang bisa jadi pertimbangan.

  1. Michelin

Ban Michelin merupakan salah satu ban yang sudah teruji kualitasnya di Indonesia. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan ban merek lain, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Ban ini dikenal kokoh dan kokoh melawan berbagai medan. Umumnya, ban Michelin dibanderol dengan harga Rs 500.000. untuk ukuran 120/70-13 inci.

  1. IRC (Inoue Rubber Company)

Tak kalah terkenalnya adalah merek ban IRC, baik di Indonesia maupun di dunia. IRC adalah ban Jepang yang mereka buat untuk berbagai kebutuhan dan penggunaan sepeda motor. Namun ban IRC lebih cocok untuk sepeda motor tipe matic.

Meski berkualitas tinggi, ban sepeda motor IRC ditawarkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ban IRC dihargai dari 135 ribu rubel hingga 500 ribu Rupiah.

  1. Pirelli

Merek ban motor rekomendasi terbaik berikutnya adalah Pirelli. Merek ban yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Pirelli sangat cocok untuk motor harian. Ban ini juga cocok kita gunakan pada skuter atau skuter matik. Tak hanya itu, Pirelli juga sering kita gunakan untuk ajang balap di seluruh dunia.

  1. Dunlop

Dunlop merupakan ban yang cukup populer di Indonesia. Bahkan perusahaan ban Dunlop berdiri pada tahun 1889 di Inggris. kemudian dari tahun 1958 hingga 1970, ban Dunlop kita gunakan untuk mobil F1 atau Formula 1. Dengan karir yang begitu panjang, tidak heran jika Dunlop menjadi salah satu merek ban sepeda motor yang paling rekomended.

Merk lain.

  1. Bridgestone Battlax
  2. Aspira
  3. Corsa
  4. FDR
  5. Metzeler
  6. Zeneos
  7. Swallow

Tips memilih merk ban motor untuk jalan basah dan kering

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari ban sepeda motor Anda.

  1. Pilih ban sesuai dengan tipe atau tipe mesin

Misalnya motor Anda adalah motor balap, maka pastikan Anda memilih ban motor terbaik yang cocok untuk motor balap.

  1. Sesuaikan ban sepeda motor dengan kebutuhan Anda

Anda perlu mengetahui kebutuhan mesin yang Anda miliki, apakah mesin tersebut kita gunakan untuk keperluan harian atau touring.

  1. Pilih ban motor terbaik dari desain atau motif alur yang sesuai

Saat memilih ban sepeda motor terbaik, Anda juga harus memperhatikan desain lekukan dan motif yang sesuai. Pemilihan lekukan dan motif ban dapat kita sesuaikan dengan kondisi jalan yang biasa kita lalui, baik yang tergolong jalan berbatu, tidak rata atau basah.

Bagi Anda yang sering berkendara di jalan basah dengan curah hujan yang tinggi, maka pilihlah ban yang memiliki lekukan yang lebih sempit agar mesin tidak mudah selip. Namun, jika jenis jalan yang Anda lalui kering dan panas, maka pilihlah ban sepeda motor yang memiliki daya cengkeram dan ketahanan panas yang tinggi. Dan jika jalan yang sering kita lalui adalah jalan berpasir atau berbatu, maka pilihlah ban offroad agar lebih aman dan nyaman kita kendarai.

  1. Periksa apakah ukuran ban sepeda motor sudah sesuai

Pastikan ukuran ban sesuai dengan ukuran pelek sepeda motor.

  1. Pertimbangkan ketebalan ban sebelum membeli

Pilih ketebalan ban yang tepat sesuai dengan jenis motor. Ada beberapa jenis sepeda motor yang cocok untuk ban dengan ketebalan tinggi, tetapi ada juga jenis sepeda motor yang lebih cocok untuk ban dengan ketebalan sedang. Namun hindari ban yang terlalu tipis karena dapat mempengaruhi performa mesin di jalan.

  1. Perhatikan tahun produksi ban

Ban sepeda motor mencantumkan tahun pembuatan pada ban dengan menggunakan kode unik. Semakin lama produksi ban, semakin rendah kualitas ban tersebut.

  1. Pilih merek ban sepeda motor terbaik yang terpercaya

Kapan ban motor perlu diganti

Apakah Anda sudah tahu apa saja merek ban sepeda motor terbaik yang layak kita gunakan? Setelah itu, Anda juga perlu mengetahui cara merawat ban motor yang benar. Salah satunya adalah rutin membersihkan dan mengecek tekanan udara pada ban. Pastikan juga Anda rutin mengganti ban yang sudah tidak layak lagi untuk menghindari kecelakaan.

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi ban sepeda motor yang perlu kita ganti? Berikut adalah fitur-fiturnya.

  1. Aliran ban motor “Botak”
  2. Ban terasa keras saat melewati jalan rusak
  3. Jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer

Namun, ban sepeda motor mungkin perlu kita ganti sebelum 10.000 km jauhnya jika sering kita gunakan untuk bepergian di jalan yang buruk. Seperti jalan berpasir, berlubang atau bergelombang.

  1. Ban bergoyang saat menikung
  2. Tapak tipis
  3. Ada garis retakan di ban
  4. Ban telah melewati masa pakainya

Pada ban sepeda motor untuk penggunaan normal, ban memiliki umur 6 sampai 10 tahun. Setelah jangka waktu tersebut, kualitas ban akan menurun.

Jadi, itulah rekomendasi merk ban motor untuk jalan basah dan kering lengkap dengan tips memilihnya. Ingatlah untuk rutin merawat ban motor Anda agar lebih awet kita gunakan. Anda juga harus memeriksa kondisi ban Anda secara berkala untuk mengurangi potensi kecelakaan saat berkendara.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …