Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi
Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi. Sumber gambar: Google.com

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur di atas trotoar yang tidak rata, lubang dan gundukan dengan mudah.

Namun, dalam beberapa kasus, kendaraan Anda mungkin mengalami kesulitan berjalan dengan mulus di jalan yang berbeda. Jika mobil Anda mulai bergetar di jalan tanah, atau jika mobil Anda bergetar saat menyalip gundukan dan lubang, itu bisa lebih dari sekadar ketidaknyamanan.

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi

Mobil Kencang
Mobil Kencang. Sumber gambar: Google.com

Jika mobil Anda tidak berjalan dengan lancar, itu bisa menjadi pertanda masalah mekanis yang lebih serius dan Anda harus segera membawanya ke bengkel.

Apa saja kemungkinan penyebab mobil Anda menjadi kasar? Mari kita lihat faktor teratas dari hal-hal yang menyebabkan masalah ini sekarang!

 

Apa saja penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi

1. Masalah ban

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi Ban
Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi Ban. Sumber gambar: Google.com

Masalah ban sebenarnya adalah penyebab nomor satu kendaraan bergetar dan ‘oleng’. Ban sering diabaikan dalam hal kenyamanan berkendara. Mungkin ada banyak pelakunya.

Ban perlu rotasi dan balancing. Jika Anda melihat roda kemudi bergetar, ini mungkin penyebab sulitnya berkendara Anda. Jika ban Anda belum pernah rotasi dan balancing baru-baru ini, maka ban Anda dapat aus secara tidak merata. Silakan Download / Buka/ Install link dibawah.

Hal ini yang dapat menyebabkan setir kendaraan Anda bergetar atau terguncang pada saat mengatasi rintangan.

Ban dipakai tidak merata. Jika ban Anda aus secara tidak merata, Anda tidak akan memiliki pengendaraan yang mulus. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan merotasi ban secara rutin.

Tekanan ban rendah (atau tekanan ban tinggi). Tambahan, tekanan ban yang rendah dapat menyebabkan ban menjadi “lembek” dan tidak responsif, sedangkan tekanan ban yang tinggi dapat membuat gundukan kecil pun terlihat seperti lubang raksasa.

Jadi, tekanan ban rendah dan tinggi dapat menyebabkan keausan dini dan deformasi ban. Hindari mengisi ban Anda terlalu banyak atau kurang – periksa manual mengemudi Anda untuk PSI yang benar dan pastikan mereka Anda isi dengan benar setiap dua hingga tiga minggu.

 

2. Masalah Suspensi

penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi
penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi

Sistem suspensi menyerap sebagian besar dampak rintangan jalan dan menjaga ban tetap bersentuhan dengan jalan. Masalah suspensi adalah penyebab umum lainnya dari “mobil oleng.”  Jadi, indikasi umum masalah suspensi meliputi:

Mobilnya miring ke satu sisi. Kemudian, Anda melompat-lompat beberapa kali setelah melewati selokan atau gundukan. Anda merasakan ‘oleng’ saat mengemudi di atas gundukan. Dan, Anda juga melihat cairan merah di bawah mobil Anda saat parkir terutama di area ban.

Seiring waktu, pegas dan batang suspensi yang membentuk sistem suspensi bisa gagal. Ini sangat umum jika Anda mengemudi di medan yang kasar, seperti jalan tanah atau melewati rintangan besar. Anda mungkin memerlukan perbaikan bahkan penggantian suspensi.

 

3. As rusak atau bengkok

As Roda
As Roda. Sumber gambar: Google.com

As adalah poros tengah panjang yang menghubungkan roda Anda ke transmisi dan mentransfer daya ke roda tersebut. Gandar dapat rusak, misalnya, saat mengemudi di atas rintangan besar.

Misalnya saja seperti “menyangkut” secara tidak sengaja dari trotoar, atau saat mengemudi di atas lubang dan gundukan dengan kecepatan tinggi.

Jika as sedikit bengkok, mobil mungkin mulai bergetar karena putaran ban yang tidak merata. Getaran dan perasaan “bergemuruh” adalah hal yang biasa – bahkan pada kecepatan rendah – jika Anda memiliki masalah gardan.

Beberapa as dapat bengkel tekuk kembali ke bentuk aslinya.Ttetapi pembengkokan yang signifikan tidak baik dan mungkin memerlukan penggantian seluruh as, yang bisa sangat mahal.

 

4. Mesin

Mesin Mobil
Mesin Mobil. Sumber gambar: Google.com

Terkadang getaran bisa berasal dari mesin. Ini biasanya karena mesin yang tidak memiliki campuran oksigen-bahan bakar yang tepat atau busi yang rusak. Jika Anda merasakan getaran yang berlebihan saat berakselerasi atau saat berkendara dengan kecepatan tertentu, maka ini mungkin penyebabnya.

Ini biasanya bukan masalah besar dan dapat Anda perbaiki dengan beberapa langkah dasar seperti menyervis injektor bahan bakar dan mengganti busi. Namun, penting untuk memperbaiki kendaraan Anda segera setelah Anda melihat masalah ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

 

Kesimpulan penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi

penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi
penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi

Mobil yang oleng di kecepatan tinggi akan terasa mengkhawatirkan. Apalagi jika kita belum mengetahui bagian mana yang rusak. Terkadang, bisa timbul perasaan bahwa sesuatu akan terlepas. Jadi, jika Anda belum menemukan penyebabnya, maka membawa ke bengkel adalah solusinya.

Kunjungi juga

Mobil Murah 2022

Daftar Mobil Murah 2022 dari Merk Ternama

Mobil murah 2022 dari merk ternama. Menemukan mobil murah adalah salah satu pilihan terbaik untuk …