Pengusir Tikus di Mesin Mobil
Pengusir Tikus di Mesin Mobil. Sumber gambar: Google.com

Pengusir Tikus di Mesin Mobil yang Mudah dan Cepat

Pengusir tikus di mesin mobil yang mudah dan cepat. Cara mengusir tikus di dalam kap mesin mobil memang sedikit rumit. Apalagi jika tikus masuk atau bersarang di kap mobil Anda dan menggigit kabel di mesin.

Pengusir tikus di mesin mobil

Pengusir Tikus di Mesin Mobil Kabel Putus
Pengusir Tikus di Mesin Mobil Kabel Putus. Sumber gambar: Google.com

Jadi, ada kemungkinan terjadi korsleting pada kendaraan Anda. Sayangnya ini dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin kendaraan Anda dan bisa menyebabkan macet.

Jadi, ada beberapa hal yang penting untuk menghilangkan tikus. Partama, jelas mereka kotor dan bau. Kedua, bisa beranak dengan cepat dan pastinya sangat mengganggu.

Ada banyak indikasi bahwa tikus sudah naik ke kap mesin, seperti: Anda akan menemukan daun atau juga barang lain yang belum pernah Anda tempatkan mesin mobil sebelumnya. Yang menjengkelkan, adanya kotoran tikus yang tersebar di sudut-sudut kap.

Juga, ciri-ciri yang tidak menyenangkan lainnya adalah baunya. Jadi, bau tikus ini akan cepat tercium pada saat Anda membuka kap mesin.

Namun jangan khawatir dulu, karena faktanya ada beberapa cara untuk mencegah hewan pengerat ini masuk ke mobil kesayangan Anda.

 

7 cara pengusir tikus di mesin mobil

Simak ulasan lengkap berikut ini cara mengusir tikus di mobil bertenaga:

1. Kapur Barus

Kapus Barus
Kapus Barus. Sumber gambar: Google.com

Jelas, tikus membenci bau kapur barus atau kayu putih. Nah, eucalyptus/kayu putih bisa anda tumbuk atau Anda hancurkan terlebih dahulu baru kemudian Anda masukkan pada mesin mobil.

Namun, untuk hasil maksimal maka Anda harus menyebarkan kapur barus secara merata di seluruh sudut mesin mobil. Jadi semoga saja tikus sangat enggan untuk naik ke kap mesin. Faktanya, ini memang adalah cara mengusir tikus di mobil yang banyak orang andalkan.

 

2. Cairan anti-tikus

Penyemprot Tikus
Penyemprot Tikus. Sumber gambar: Google.com

Namun, sayangnya ada yang tidak tahan atau alergi terhadap bau kayu putih/eucalyptus. Tetapi, ada alternatif, Anda juga bisa membeli semprotan anti tikus yang tersedia di toko mobil.

Namun, karena efek semprotannya hanya bersifat sementara, maka ada acara lainnya. Anda bisa menyemprotkan obat anti tikus ke kain lalu meletakkan kain tersebut di sudut-sudut mesin mobil.

Tetapi, supaya optimal sebaiknya letakkan kain lembab di antara filter udara atau bungkus kain di sekitar selang AC. Cara ini gunanya adalah untuk mendistribusikan bau secara merata dan lebih efektif untuk mencegah tikus naik ke kap mesin.

 

3. Perangkat ultrasonik

Pengusir Tikus di Mesin Mobil Ultrasonik
Pengusir Tikus di Mesin Mobil Ultrasonik. Sumber gambar: Google.com

Nah, jika tikus yang menyerang mobil kesayangan Anda benar-benar menyebalkan, seperti banyak merusak kabel dan karena itu, mesin mobil juga terlihat sangat kotor, maka Anda mungkin memerlukan cara yang lebih ekstrim ini.

Pada saat ini sudah banyak perangkat ultrasound yang memiliki kemampuan untuk mengusir tikus dengan cepat dan mudah. Jadi, kita harus mengusir tikus ini supaya pada akhirnya tidak merusak interior dan mesin mobil.

Cara kerja alat ini adalah dengan memancarkan suara ultrasonik yang berfrekuensi rendah yang sangat mengganggu tikus. Nah, pada akhirnya tikus akan menjauhi sumber suara tersebut karena merasa terganggu.

Kita hanya perlu membeli repeller mouse elektronik ini, lalu sambungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke negates juga atau ground. Kemudian Anda tinggal meletakkan alat ini di ruang mesin, namun di tempat yang aman (jauh dari sumber panas).

Pada malam hari atau saat mobil berada di bagasi, anda bisa menyalakan alat ini dengan menekan saklar. Namun perlu kita ingat bahwa gadget ini beroperasi menggunakan arus listrik dari baterai atau aki mobil pada malam hari.

Jadi pastikan juga bahwa kondisi aki mobil Anda masih ok. Tujuannya tentu agar aki tidak habis di pagi hari dan mobil bisa Anda starter dengan normal.

 

4. Dengan lampu LED tegangan rendah di kompartemen mesin kendaraan

Pengusir Tikus di Mesin Mobil Lampu LED
Pengusir Tikus di Mesin Mobil Lampu LED. Sumber gambar: Google.com

Namun, jika Anda berpikir bahwa pengusir tikus elektronik bisa menghabiskan banyak energi, Anda juga dapat menggunakan lampu LED tegangan rendah.

Dengan daya keluaran kurang dari 1 watt, maka lampu ini cukup efisien untuk mencegah tikus masuk ke dalam kap mesin. Jadi, Anda hanya perlu memasang LED di area mesin tempat tikus ini terdeteksi, kemudian,

Anda hanya perlu menyalakan pada saat mobil Anda diparkir. Maka tikus tidak akan mau masuk ke dalam kap mesin karena pencahayaan yang terang.

 

5. Memanaskan mesin setiap hari

Memanaskan Mesin
Memanaskan Mesin. Sumber gambar: Google.com

Harus kita ingat bahwa faktanya tikus menyukai tempat yang gelap dan lembab. Nah, jadi jika Anda tidak melakukan pemanasan mesin secara rutin, maka otomatis area mesin Anda akan terasa lembab.

Jadi, kap mesin akan menjadi tempat yang tenang bagi tikus untuk bersembunyi. Jadi jangan lupa untuk menghidupkan mesin mobil kesayangan setiap hari.

 

6. Menjaga mesin tetap bersih

Bersihkan Mesin
Bersihkan Mesin. Sumber gambar: Google.com

Jika sudah terdeteksi ada tikus, maka sebaiknya segera kita bersihkan. Faktanya, bau dan kotoran yang tertinggal ini justru akan menarik tikus lain dan bersembunyi di ruang mesin mobil Anda. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mobil Anda.

 

7. Dilarang parkir dekat area tikus

Pengusir Tikus di Mesin Mobil dengan tidak Parkir Sembarangan
Pengusir Tikus di Mesin Mobil dengan tidak Parkir Sembarangan. Sumber gambar: Google.com

Jika pemilik mobil telah mencoba enam cara di atas, maka masih ada hal penting lain untuk kita lakukan. Jadi, hal terakhir tetapi terpenting yang harus Anda lakukan untuk mencegah tikus masuk ke kap mobil adalah Anda tidak boleh memarkir mobil di sembarang tempat.

Terutama adalah memarkirkan mobil di dekat parit dan semak. Jadi, ini adalah habitat umum tikus. Karena itulah dua area ini harus Anda hindari saat memarkir mobil Anda.

Kesimpulan tentang pengusir tikus di mesin mobil

Cara Mengusir Tikus di kap Mesin Mobil
Cara Mengusir Tikus di kap Mesin Mobil. Sumber gambar: Google.com

Jadi, itu adalah cara ampuh mengusir tikus di mobil supaya tidak merusak kabel atau membuat kotor. Tikus adalah binatang yang menganggu karena bau dan kotor. Tetapi, bisa juga menjengkelkan lebih dari itu.

Kabel mobil yang putus bisa membuat macet, merusakkan klakson, kabel lampu dan sebagainya. Jadi, benar – benar bisa mengganggu dan harus kita hilangkan tikusnya.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …