Teknologi Pangan Adalah
Teknologi Pangan Adalah. Sumber gambar: Google.com

Arti Teknologi Pangan Adalah dan Contohnya

Teknologi pangan adalah dan contohnya. Ketika perusahaan beralih ke teknologi untuk melawan inflasi dan meningkatkan efisiensi, teknologi pangan mengubah industri makanan dengan menggunakan teknologi terbaru untuk mengelola produksi, distribusi, dan konsumsi.

Teknologi pangan adalah

Teknologi Pangan Adalah Ilmu Pangan
Teknologi Pangan Adalah Ilmu Pangan. Sumber gambar: Google.com

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, industri makanan menyumbang lebih dari $1 triliun terhadap produk domestik bruto Amerika Serikat. Ada banyak masalah dalam industri besar seperti itu, termasuk keberlanjutan pangan. Teknologi pangan memimpin dalam mengubah sektor pangan global.

 

Arti teknologi pangan adalah?

Teknologi Pangan
Teknologi Pangan. Sumber gambar: Google.com

Teknologi pangan adalah teknologi apa pun yang meningkatkan produksi, distribusi, dan pengiriman makanan dan memengaruhi cara orang menjual, memproduksi, dan mendistribusikan makanan.

Meskipun istilah ini mungkin terdengar baru, teknologi dan makanan telah dikaitkan sejak Revolusi Industri pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Periode ini menyebabkan munculnya pertanian industri dan penetapan standar untuk pertanian. Selama ini, para pemimpin industri dan penemu bekerja sama untuk membantu meningkatkan produksi dan kualitas makanan.

Perkembangan besar termasuk penggunaan pupuk sintetis, pembuatan pestisida, pengembangan listrik, dan peluncuran mesin bertenaga kuda dan kemudian tenaga uap.

Namun selama beberapa tahun terakhir, teknologi pangan telah berkembang menjadi sektor tersendiri dengan munculnya big data, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT).

Teknologi pangan membantu industri makanan menjadi lebih berkelanjutan dengan memanfaatkan Internet of Things di semua tahap.

 

Teknologi pangan adalah dan Internet of Things

IOT Tek Pangan
IOT Tek Pangan. Sumber gambar: Google.com

Internet of Things menjangkau banyak aplikasi, termasuk pertanian. Sistem pangan bertanggung jawab atas hampir sepertiga emisi gas rumah kaca dunia, menurut sebuah studi oleh Nature Food.

Emisi ini terus meningkat karena perubahan penggunaan lahan, pengelolaan limbah, peternakan, manufaktur dan pengemasan. Dunia juga membuang sekitar sepertiga dari makanannya, menurut laporan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bahkan dengan semua sisa makanan ini, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa hampir 828 juta orang tidak memiliki cukup makanan.

Teknologi pangan adalah teknologi apa pun yang meningkatkan produksi, distribusi, dan pengiriman makanan dan memengaruhi cara orang menjual, memproduksi, dan mendistribusikan makanan.

Pertanian, pengolahan makanan, dan pola makan manusia mempengaruhi lingkungan melalui energi yang digunakan untuk memproduksi makanan dan menghasilkan limbah.

Pertanian mempengaruhi tanah dan menghilangkan nutrisi. Selain kekurangan air, dunia menghadapi penurunan lahan subur untuk produksi pangan. Teknologi pangan berupaya memecahkan beberapa masalah tersebut.

Startup mengambil teknologi terbaru dan menerapkannya pada berbagai tahap siklus makanan untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi kelaparan, dan mempromosikan produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.

 

Dampak teknologi pangan adalah

teknologi-pangan
teknologi-pangan. Sumber gambar: Google.com

Menurut Emergen Research, pasar teknologi pangan global bernilai $220,32 miliar pada 2019 dan akan tumbuh menjadi $342,52 miliar pada 2027.

Teknologi pangan meningkatkan produksi pangan untuk membantu mengurangi kelaparan dan memberi makan dunia. Pertanian menjadi semakin mekanis dengan menggunakan teknologi digital dan canggih untuk menghasilkan makanan dan bahan baku melalui pertanian pintar.

 

Beberapa penggunaan teknologi pangan adalah

1. Organisme yang dimodifikasi secara genetik

Teknologi Pangan Adalah GMO
Teknologi Pangan Adalah GMO. Sumber gambar: Google.com

GMO dimasukkan ke dalam gen tanaman untuk membantunya melawan penyakit dan tumbuh di daerah yang tidak menguntungkan untuk produksi. GMO digunakan dalam tanaman besar seperti beras, gandum, dan jagung.

Drone. Drone dapat menyediakan citra satelit untuk memantau pertumbuhan tanaman dan menangani area yang bermasalah.

 

2. Teknologi industri daging

Pemrosesan Daging
Pemrosesan Daging. Sumber gambar: Google.com

Kecerdasan buatan efektif dalam industri unggas, karena membantu mengidentifikasi masalah kesehatan pada burung melalui suara yang mereka buat. Robot AI dapat bekerja di peternakan unggas untuk mengumpulkan telur atau membantu memotong daging.

 

3. Kontrol panen

Teknologi Pangan Adalah Kontrol Panen
Teknologi Pangan Adalah Kontrol Panen. Sumber gambar: Google.com

Selain menggunakan drone, kecerdasan buatan dapat mendeteksi hama dan penyakit tanaman. Aplikasi digital seperti AgroPestAlert, Farm Scout Pro, dan IPM Toolkit dapat membantu mendeteksi serangan hama dan mengubah kondisi tanah untuk mencegah kerugian besar.

pencetak makanan 3D. Pencetak makanan dapat menghasilkan makanan seperti pizza, makanan ringan, dan permen dengan lebih cepat. AI membantu melapisi dan menyusun makanan dengan melapisi satu bahan pada satu waktu.

Hal ini dapat menyebabkan pembuangan limbah karena komponen yang tersisa dapat digunakan kembali.

 

Berbagai cabang teknologi pangan adalah

Selain daging yang ditanam di laboratorium dan peternakan vertikal, teknologi pangan adalah ekosistem teknis yang luas yang dapat dibagi ke dalam subkategori untuk setiap siklus makanan.

1. Teknologi pertanian

Teknologi Pertanian
Teknologi Pertanian. Sumber gambar: Google.com

Startup meningkatkan kualitas tanaman dengan menggunakan teknologi seperti sensor, drone, dan juga perangkat lunak yang menggantikan tenaga kerja manual.

Kecerdasan buatan dan juga pembelajaran mesin digunakan untuk memahami bagaimana tanaman dan jamur tumbuh dan bagaimana mereka dapat tumbuh secara efisien.

Bagian lain dari teknologi pertanian termasuk manajemen pupuk, peralatan otomatis, sensor tanah, dan juga solusi air.

 

2. Ilmu makanan

Teknologi Pangan Adalah Ilmu Pangan
Teknologi Pangan Adalah Ilmu Pangan. Sumber gambar: Google.com

Startup menemukan cara baru untuk mengembangkan produk yang ramah lingkungan dan juga dapat mengatasi masalah kesehatan. Alternatif daging vegan seperti Beyond adalah contoh produk baru dalam kategori ini.

Para ilmuwan bekerja dengan teknologi ekstrusi kelembaban tinggi dan juga sel geser untuk menemukan pengganti makanan. Seperti menggunakan protein nabati sebagai pengganti daging, untuk orang dengan masalah kesehatan. Juga, cara untuk mengatasi alergi umum seperti intoleransi laktosa.

 

3. Jasa katering

Teknologi Pangan Adalah Catering
Teknologi Pangan Adalah Catering. Sumber gambar: Google.com

Bisnis yang berhubungan dengan makanan, termasuk juga restoran, kafetaria, hotel, dan kedai kopi, mencari alat otomatisasi untuk membantu mereka beroperasi lebih efisien.

Robot juga sedang ahli teliti untuk mereka gunakan di restoran masa depan untuk membantu menyiapkan dan menyajikan makanan, seperti Olimpiade Beijing 2022.

Restoran juga menggunakan teknologi IoT untuk mengelola pesanan pembelian dan melacak bahan dari pesanan awal hingga kedatangan. Dengan bantuan sensor, pemilik restoran dapat memantau suhu rak di dapur dan truk pengiriman.

Mereka dapat mengawasi seluruh perjalanan untuk memastikan semua standar keselamatan terpenuhi.

Peralatan pintar membantu menyederhanakan persiapan makanan dengan sensor suhu daging dan teknologi “setel dan lupakan” sehingga karyawan dapat memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin untuk menunggu makanan dimasak.

Sistem otomatisasi dapur juga dapat membantu koki mengatur waktu dan pesanan dengan melacak apa yang perlu kita masak atau berapa lama sesuatu kita simpan di keranjang panas.

 

4. Koneksi

Kemasan Makanan
Kemasan Makanan. Sumber gambar: Google.com

Perusahaan menghadapi tantangan untuk memindahkan makanan karena gangguan rantai pasokan. Dengan meningkatnya permintaan untuk pengiriman langsung ke konsumen, termasuk pengiriman dari restoran dan bahan makanan.

Serta,  peralatan makan, ada kebutuhan akan teknologi untuk melacak dan memastikan makanan memiliki kemasan dan terkirim dengan aman.

 

5. Layanan lokal

Kemasan
Kemasan. Sumber gambar: Google.com

Konsumen mencari aplikasi teknologi untuk memperbaiki pola makan mereka, menemukan restoran, menemukan resep, dan juga melacak alergi atau informasi diet khusus.

Misalnya, ada aplikasi untuk menemukan restoran yang memenuhi persyaratan diet tertentu sehingga konsumen dapat menghindari alergen dan mengikuti diet mereka.

Ada juga startup yang mengedukasi masyarakat tentang pilihan makanan, manfaat nutrisi yang baik untuk mengelola penyakit kronis, dan tujuan kebugaran pribadi lainnya.

 

6. Keamanan makanan

Penelitian pangan
Penelitian pangan. Sumber gambar: Google.com

Teknologi dapat membantu restoran, toko kelontong, dan penjual makanan lainnya mengontrol tanggal kedaluwarsa makanan. Ini termasuk menggunakan teknologi untuk melacak bahan dan juga memeriksa ulasan.

Beberapa perusahaan juga beralih ke teknologi blockchain untuk mengelola distribusi persediaan mereka. Misalnya, toko kelontong mungkin melacak sekotak ayam untuk memastikan itu berasal dari pemasok bebas antibiotik.

 

7. Surplus dan pengelolaan limbah

Limbah
Limbah. Sumber gambar: Google.com

Teknologi membantu mengurangi limbah dan juga meningkatkan keberlanjutan industri makanan. Teknologi seperti LeanPath menggabungkan perangkat lunak, timbangan pintar, dan juga kamera untuk memantau dan menghitung sisa makanan di dapur.

Staf menggunakan timbangan untuk mengkategorikan dan menimbang semua makanan yang kita buang, sementara perangkat lunak mendeteksi pola untuk membantu meminimalkan limbah.

Produsen beralih ke kemasan yang lebih berkelanjutan yang terbuat dari biopolimer, yang juga dapat membantu memperpanjang umur simpan suatu produk.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …