Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi Ramah Lingkungan. Sumber gambar: Google.com

Apa Saja Teknologi Ramah Lingkungan dan Kelebihannya

Teknologi ramah lingkungan dan kelebihannya. Di semua sektor, ada kecenderungan umum menuju perlindungan lingkungan. Apakah itu berarti restoran melarang sedotan plastik, beralih ke sumber energi bersih atau mengimbangi karbon,

Teknologi ramah lingkungan

Teknologi Ramah Lingkungan Mobil Listrik
Teknologi Ramah Lingkungan Mobil Listrik. Sumber gambar: Google.com

Masyarakat telah melihat kemunculan kembali teknologi hijau. Baru-baru ini, teknologi hijau menjadi semakin populer. Pelajari semua tentang apa itu teknologi hijau dan mengapa mereka kita butuhkan.

Apa itu teknologi ramah lingkungan?

Panel Surya
Panel Surya. Sumber gambar: Google.com

Seperti namanya, green technology bertanggung jawab atas keberlanjutan. Dan bagian dari teknologinya, yah, sangat luas. Secara umum, energi hijau berfokus pada inovasi berkelanjutan yang memperhitungkan dampak lingkungan jangka pendek dan jangka panjang.

 

Teknologi ramah lingkungan yang menghasilkan energi

Menghasilkan energi dari energi yang berasal langsung di alam dan tanpa polusi atau sedikit sekali polusi adalah teknologi ramah lingkungan.

1. Panel surya

Solar Panel
Solar Panel. Sumber gambar: Google.com

Meskipun panel surya bukanlah barang baru, harga yang lebih rendah dan insentif keuangan seperti keringanan pajak di beberapa tempat telah membuat panel surya menjadi pilihan yang layak. B

ahkan pemanas air tenaga surya tunggal sangat mengurangi konsumsi energi. Karena energi matahari sangat efisien, kerugian apa pun dapat pengguna kompensasi dengan cukup cepat.

 

2. Tenaga angin

Teknologi Ramah Lingkungan Listrik Tenaga Angin
Teknologi Ramah Lingkungan Listrik Tenaga Angin. Sumber gambar: Google.com

Demikian juga, penggunaan energi angin adalah contoh yang bagus dari teknologi hijau di tempat kerja. Biasanya, tenaga angin kita kaitkan dengan ladang angin. Tapi kincir angin kecil menawarkan cara yang bagus untuk membawa teknologi hijau ke dalam ruang hidup.

Jumlah daya yang dapat Anda dapatkan dengan kincir angin bervariasi, begitu pula biaya untuk mengadopsi dan memasangnya. Turbin angin lepas pantai menyediakan daya yang stabil, andal, dan bersih.

 

Teknologi ramah lingkungan yang mengkonsumsi sedikit energi

Penggunaan energi yang mengkonsumsi hanya sedikit energi daripada yang lain juga termasuk teknologi yang ramah dengan alam.

1. Pencahayaan LED

Lampu LED
Lampu LED. Sumber gambar: Google.com

Contoh sederhana dari teknologi hijau adalah pencahayaan LED. Dengan menghindari lampu pijar, efisiensi dapat sangat kita tingkatkan. Lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit energi daripada lampu pijar tradisional.

Selain itu, LED sangat penting di luar sarana visual murni. Sebaliknya, mereka kita perkenalkan ke pertanian vertikal dan bahkan memerangi malaria. Lampu LED pintar adalah peningkatan rumah pintar sederhana yang bahkan mendapat penerimaan yang baik oleh penghuni apartemen.

 

2. Kendaraan listrik

Mobil Listrik Charge
Mobil Listrik Charge. Sumber gambar: Google.com

Sementara harga Tesla mungkin agak tinggi, pembuat mobil listrik terkemuka bukan satu-satunya pembuat mobil listrik di pasar. Atau, masih banyak mobil listrik lainnya dari Nissan, Chevy, dan BMW.

Kemajuan dalam teknologi kendaraan listrik menawarkan peluang untuk pengisian nirkabel karena industri kendaraan listrik terus berkembang. Tentu saja, pengisian mobil listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara hampir tidak berkelanjutan seperti yang kita harapkan.

Tetapi peningkatan jarak tempuh bahan bakar dan pengurangan emisi masih menjadikannya alternatif yang lebih baik daripada kendaraan bertenaga bensin. Mobil listrik bisa menjadi masa depan industri otomotif.

 

3. Termostat yang dapat diprogram

Programable Thermostat
Programable Thermostat. Sumber gambar: Google.com

Termostat yang dapat diprogram adalah solusi berbiaya rendah dengan teknologi ramah lingkungan. Hampir semua rumah atau apartemen sekarang dapat membanggakannya.

Dengan termostat yang dapat kita program, Anda dapat mengatur jadwal dan menyesuaikan suhu secara otomatis berdasarkan kapan Anda datang dan pergi untuk menghemat energi dan uang.

Selain itu, termostat yang dapat kita program tidak harus termostat pintar. Sebaliknya, banyak termostat “bodoh” memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal. Termostat pintar menambah kenyamanan kendali jarak jauh dan perubahan suhu.

 

4. Pemupukan

Teknologi Ramah Lingkungan Kompos
Teknologi Ramah Lingkungan Kompos. Sumber gambar: Google.com

Pengomposan adalah salah satu contoh terbaik dan paling sederhana dari teknologi hijau. Ini sederhana, dan siapa pun bisa memulai. Jadi, tidak membeli pupuk buatan pabrik yang produksinya menggunakan energi besar.

Anda dapat membuat tempat sampah Anda sendiri yang sempurna untuk Anda gunakan di rumah, dan banyak departemen pemerintah mengiklankan program pengomposan.

 

5. Pertanian vertikal

Pertanian Vertikal
Pertanian Vertikal. Sumber gambar: Google.com

Pertanian vertikal adalah teknologi ramah dengan alam yang sederhana seperti namanya dan merupakan konsep menanam produk dalam lapisan bertumpuk vertikal daripada horizontal.

Manfaat pertanian vertikal adalah peningkatan keberlanjutan, dan beberapa konfigurasi pertanian vertikal tidak memerlukan tanah yang rata dan secara signifikan mengurangi konsumsi air.

 

Tidak mudah untuk membuat teknologi ramah lingkungan

Teknologi ramah lingkungan berkisar dari perangkat yang terjangkau seperti termostat yang dapat diprogram dan lampu LED hingga turbin angin dan panel surya yang mahal, dengan kendaraan elektronik berada di antaranya.

Solusi gratis seperti pengomposan adalah titik awal yang bagus. Namun, ada banyak pertimbangan, seperti bagaimana cara menyimpan energi terbarukan. Perjuangan melawan perubahan iklim membutuhkan penghancuran total masyarakat, termasuk pengenalan teknologi yang lebih ramah dengan alam.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …