HP Oppo A16
HP Oppo A16. Sumber Gambar: Google.com

HP Oppo A16 Review dan Spesifikasi

HP Oppo A16 review dan spesifikasi. Review Oppo A16, kelebihan dan kekurangan – Oppo kembali merilis smartphone budget. Berbeda dengan penerusnya, Oppo A15, perangkat ini hadir dengan beberapa fitur yang lumayan.

HP Oppo A16

Desain Oppo A16
Desain Oppo A16. Sumber Gambar: Google.com

Karena anggarannya rendah, ini bisa menjadi pilihan yang memuaskan bagi semua orang. Semua yang smartphone butuhkan untuk berkinerja baik, Anda dapatkan di Oppo A16. Baik itu layar, kamera, prosesor, atau baterai, semua fitur telah pabrik pikirkan dengan matang.

Tetapi ini tidak berarti bahwa itu adalah yang terbaik. Ada banyak ponsel di segmen anggaran rendah yang membuat segmen ini lebih kompetitif. Contoh pertama, dengan bandwidth 4G, Anda akan kehilangan kinerja jaringan 5G yang lebih tinggi.

Ponsel ini rilis pada 17 Juli 2021, meskipun ketersediaan globalnya belum jelas, kita dapat menantikannya hingga akhir tahun. Tanpa memeriksa ulasan ini, tidak bijaksana untuk membeli ponsel ini atau ponsel lainnya. Jadi, mari kita mulai dengan ulasan terperinci tentang smartphone Oppo A16.

 

Ulasan HP Oppo A16

1. Properti

Oppo A16 Tahan Air Atau Tidak
Oppo A16 Tahan Air Atau Tidak. Sumber Gambar: Google.com

Ini menampilkan layar IPS LCD 6,52 inci dengan resolusi 720 piksel. Karena hadir dengan OS Android 11, maka Anda tidak dapat terganggu oleh prosesnya. Di bawah kap adalah chipset MediaTek Helio G35, tetapi opsi yang lebih canggih dapat kita temukan dalam anggaran ini.

Ada tiga kamera 13MP, sedangkan kamera selfie menawarkan sensor 8MP. Baterai 5000mAh bertahan sepanjang hari, tetapi pasar penuh dengan pilihan yang sangat baik.

 

2. Desain dan tampilan

Desain Oppo A16
Desain Oppo A16. Sumber Gambar: Google.com

Ponsel ini hadir dengan penutup metalik dan memiliki sentuhan akhir yang mengkilap. Ketika Anda mengangkat telepon, Anda akan melihat tubuh 3D dengan tepi terpahat yang terlihat indah. Ada tiga pilihan yang tersedia di pasar tertentu: Pearl Blue, Space Silver, dan Crystal Black.

Warna standar ini sesuai dengan kepribadian setiap orang. Di mana tiga kamera terletak dalam bentuk persegi panjang di bagian belakang, Anda akan mendapatkan sensor sidik jari di bagian samping. Anda akan sangat tertarik dengan opsi Pearl Blue.

Anda akan mendapatkan layar 6,52 inci yang Oppo rancang dengan baik dengan beberapa spesifikasi lainnya. Ini termasuk resolusi 720p, yang merupakan standar pada banyak ponsel dalam anggaran ini. Selain itu, layar IPS LCD memberikan pengalaman visual yang baik.

Namun, tidak ada kecepatan refresh standar, jadi Anda mungkin melihat beberapa gerakan kabur di video apa pun. Kecerahannya adalah 480 nits, yang mudah ditangani di bawah sinar matahari langsung.

Namun, perangkat AI Eye-Care bisa menjadi tambahan yang bagus untuk mata Anda. Meskipun begitu, hal lain yang perlu mereka tambahkan adalah aspek rasio 20:9.

Untungnya, ukuran dan bobotnya Oppo sesuaikan dengan baik. Bufet beratnya hanya 190g dan tebal 8,4mm. Sebenarnya, ada lubang di bagian depan, namun yang tidak kita perhatikan selama penggunaan.

Sejauh menyangkut tekstur atau tata letak keseluruhan, itu baik-baik saja, tetapi dengan anggaran seperti ini, Realme Narzo 20 menawarkan desain yang lebih menarik dengan lapisan kaca yang lebih banyak.

 

3. Memori dan internal

HP Ram
HP Ram. Sumber Gambar: Google.com

Dalam hal fitur bawaan, sistem operasi yang paling menuntut adalah Android 11, meskipun Android 12 baru saja muncul. Ini tidak sepenuhnya tersedia, jadi Anda masih memiliki yang relatif terbaik.

Jadi, jangan khawatir, lakukan apa pun yang Anda inginkan dengan ponsel Anda. Yang bagus, memiliki antarmuka ColorOS membuat ponsel Anda lebih bergantung pada Anda.

Apa pun yang Anda lakukan, seperti menjelajahi web, mengobrol, bermain game, atau memeriksa aplikasi lain, maka Anda akan selalu melihat bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Permintaan akan game semakin meningkat dari hari ke hari, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas refleksinya di smartphone. Untuk memainkan game kelas atas seperti Free Fire atau Call of Duty, Anda memerlukan fitur-fitur terbaru yang Oppo sertakan, terutama chipset.

Namun Oppo A16 akan mengecewakan Anda karena hanya memiliki chipset MediaTek Helio G35 12nm. Oleh karena itu, Anda mungkin melihat penundaan atau lag selama permainan.

Fitur yang paling kuat dari model ini adalah prosesor yang memiliki kecepatan maksimum 2.3GHz. Di sisi lain, kehadiran unit grafis PowerVR GE8320 membuat pengalaman visual lebih menarik. Tetapi sayangnya tidak sepadan dengan uang yang kita keluarkan.

Yang mengejutkan adalah keragaman perbedaan. Saat ini ada tiga opsi untuk berbagai jenis pengguna. Misalnya saja pengguna yang hanya menggunakan ponsel untuk mengobrol, menjelajahi web, atau melakukan tugas sederhana.

Mereka dapat memilih opsi dasar dengan RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Ada dua opsi lain yang menawarkan 4GB RAM/64GB dan penyimpanan internal 256GB. Selain itu, Anda juga dapat memperluas penyimpanan Anda dengan slot kartu microSD khusus.

 

4. Kamera

HP Oppo A16 - Kamera Belakang
HP Oppo A16 – Kamera Belakang. Sumber Gambar: Google.com

Smartphone Oppo A16 dengan fungsi dasar di departemen kamera tidak memenuhi persyaratan pengguna. Ada tiga kamera 13MP di mana kamera utama menawarkan mode fokus otomatis, dan kamera sekunder mencakup sensor makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP.

Kamera belakang hanyalah tambahan rata-rata untuk ponsel ini. Anda akan mendapatkan yang terbaik dari ponsel murah lainnya ini. Berkat teknologi kecerdasan buatan, Anda akan dapat menangkap beberapa momen yang sempurna, tetapi itu kurang sebanding dengan apa yang Anda keluarkan.

Sebenarnya, memotret di malam hari terkadang bisa membuat frustrasi karena pencahayaan yang kurang tepat, tetapi mode siang hari sangat ideal untuk fotografi. Faktanya, kamera utama mempertahankan semua warna yang berani dan indah.

Mode mempesona menjadikan foto Anda hidup dan cerah. Di sisi lain, kamera selfie 8MP tidak cukup untuk mengabadikan momen berharga. Fitur ini menjadi usang dari hari ke hari, meskipun Anda dapat mengabadikan beberapa momen sehari-hari dalam grup atau sendiri. Ini bukan fitur kamera yang kuat.

Jadi Anda dapat mengeluh tentang fitur ini, sementara Realme Narzo 20 atau Motorola G10 Power menawarkan lebih banyak opsi di departemen kamera serta departemen lain.

Sekarang, mengenai video, Anda akan terkejut saat merekam video 1080p. Tetapi karena tidak ada fungsi stabilisasi, Anda harus menghadapi masalah saat merekam video. Sejauh menyangkut rekomendasi, alternatif harus Anda cari.

 

5. Baterai dan banyak lagi

Baterai Oppo A16
Baterai Oppo A16. Sumber Gambar: Google.com

Baterai Li-Po 5000mAh yang sangat besar memungkinkan Anda menonton YouTube selama 21,02 jam, dan berkat mode hemat daya, Anda akan memiliki masa pakai baterai lebih dari dua hari.

AI yang disempurnakan dengan Pengisian Malam memastikan pendinginan setelah pengisian penuh. Menurut informasi, tidak ada pengiriman ekspres, jadi Anda harus puas dengan pengiriman biasa. Untuk segmen anggaran yang lebih rendah, Anda mendapatkan smartphone Oppo A16 seharga 2 jutaan.

 

Detail spesifikasi HP Oppo A16

HP Oppo A16 Harga OPPO-A16
HP Oppo A16 Harga OPPO-A16. Sumber Gambar: Google.com

Di bawah ini Anda bisa melihat spesifikasi lengkap dari smartphone Oppo A16.

Jaringan 2G, 3G, 4G

Rilis pada Juli 2021

Kartu SIM Ganda

Dimensi 6,45 x 2,98 x 0,33 inci

Berat 190 gram

Layar 6,52 inci IPS

Kecerahan 480 lumen

Rasio 20:9

Kepadatan ~269 ppi

Resolusi  720 x 1600 piksel

OS Android 11, ColorOS 11.1

Chipset 12nm – MediaTek Helio G35

CPU Octa Core

4 x 2,3 GHz Cortex-A53

4 x 1,8 GHz Cortex-A53

GPU PowerVR GE8320

Slot Kartu Ya (SIM Khusus)

RAM  3 GB

Internal  32 GB

eMMC 5.1

Kamera 13 MP (sudut lebar), PDAF

2 megapiksel (makro)

2 MP (kedalaman)

Lampu kilat LED, HDR, panorama

Maksimum – 1080p @30fps

Selfie 8MP

HDR

Maksimum – 1080p @30fps

pengeras suara ya

Jack 3,5 mm Ya

WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth  5.0, A2DP, LE, aptX

GPS Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS

NFC: Tidak

Inframerah:  Tidak

Radio: Ya

USB: Type-C 2.0, USB saat bepergian

Sensor sidik jari samping, akselerometer, kedekatan, kompas

Baterai Li-Po 5000mAh

Warna: Pearl Blue, Space Silver, Crystal Black

Harga sekitar Rp. 1.5 juta hingga Rp. 1.85 juta.

Penafian: Kami tidak dapat menjamin bahwa data di halaman ini 100% benar.

 

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

Box
HP Oppo A16 – Box. Sumber Gambar: Google.com

Di bawah ini Anda dapat melihat daftar kelebihan dan kekurangan dari smartphone Oppo A16.

Positif: Desain keren dan ringan. Layar IPS LCD panjang dengan kecerahan 480 nits. Ada juga dukungan terbaru untuk Android 11. ColorOS 11.1 mendukung banyak antarmuka pengguna. Dukungan kartu micro SD khusus. Dan, juga daya tahan baterai yang hebat.

Negatif: Tanpa pelindung gorilla glass. Masalah pemanasan juga mungkin muncul dengan penggunaan ekstensif. Kualitas gambar dan video rata-rata. Tidak ada dukungan NFC.

Tidak ada pengisian cepat, tanpa giroskop EIS untuk perekaman video yang stabil dan juga tampilan pada resolusi maksimum 720p. Jadi, masih cukup kecil untuk layar 6 inchi lebih.

 

Kesimpulan HP Oppo A16

Desain
Desain. Sumber Gambar: Google.com

Beberapa alternatif di segmen ini membuat sulit untuk saling mengalahkan jika perangkat tidak memiliki fitur-fitur canggih, dan hal yang sama berlaku untuk smartphone Oppo A16.

Anggaran mungkin rendah, tetapi tidak ada fitur tambahan yang mengalahkan ponsel lain. Jika Anda mengambil kamera atau baterai untuk perbandingan, Anda akan menemukan bahwa Oppo A16 tidak sepadan dengan uang Anda.

Anda mungkin menemukan beberapa peningkatan dari pendahulunya, tetapi tersedia ponsel dengan fitur yang lebih canggih. Jika Anda mampu membeli sedikit lebih banyak anggaran, Anda pasti akan memilih smartphone Samsung Galaxy F22 dengan baterai 6000mAh, kamera 48MP dan banyak lagi.

Ponsel ini benar-benar bernilai uang Anda sebagai alternatif dengan banyak fitur yang memuaskan. Jika Anda seorang gamer, ponsel Galaxy F22 juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …