HP Oppo A15
HP Oppo A15. Sumber Gambar: Google.com

HP Oppo A15 Review Spesifikasi dan Kinerja

HP Oppo A15 review spesidikasi dan kinerja. Di akhir tahun 2020 yang sibuk bagi Oppo, Oppo A15 adalah smartphone termurah merek tersebut. Oleh karena itu, Anda harus menetapkan harapan Anda sesuai dengan itu.

HP Oppo A15

Desain
Desain. Sumber Gambar: Google.com

Seluruh bodi plastik ponsel terlihat kokoh, jika tidak mengesankan sama sekali, dan kehadiran port micro-USB adalah ledakan dari masa lalu (untuk membuatnya lebih ringan). Meskipun sensor sidik jari yang terpasang di belakang tidak sepenuhnya berpikiran maju, namun ini cepat dan andal.

Untuk bagian depan ponsel, layar sebesar itu pada perangkat budget bukanlah hal yang biasa. Dengan diagonal 6,52 inci dan kecerahan yang relatif tinggi, tentu membuat kesan. Untuk harga, mulai Rp. 870.000 sd 1.700.000 di toko online. ( 2022, lama dan baru).

Satu-satunya hal yang kami sayangkan adalah resolusi layar 720p ini bukan merupakan faktor penentu. Konten multimedia dan web terlihat lebih kasar dari yang kita inginkan.

Berbicara tentang konten multimedia, gamer hardcore harus menjauhi ponsel ini. Prosesor MediaTek MT6765 di Oppo A15 adalah salah satu yang paling sederhana di pasaran. dengan dukungan oleh RAM 3GB yang sedikit.

Sebagai hasil dari komponen sederhana ini, bahkan navigasi umum sedikit terganggu. Oppo memilih pengaturan kamera minimal pada A15 – sesuatu yang kami tidak akan keberatan pada titik harga ini jika unggul pada dasar-dasarnya.

Namun, kurangnya fleksibilitas pengaturan kamera menyebabkan bidikan siang hari yang buruk. Dan meskipun ada mode malam di sini, itu tidak terlalu bagus dalam kondisi cahaya rendah.

Satu area di mana Oppo A15 sangat bagus adalah masa pakai baterai. Unit besar 4230mAh melayani komponen sederhana ini dengan baik, dan membawa Anda dengan aman melalui penggunaan hari kedua sebelum pengisian ulang diperlukan.

Meskipun tergoda untuk mempertimbangkan ponsel yang murah dan tahan lama dari merek tepercaya ini, ada baiknya memisahkan harga dari nilainya. Sederhananya, ada ponsel yang jauh lebih baik di luar sana dengan harga yang sama atau sedikit lebih banyak, termasuk Moto G8 dan Oppo A5 2020.

 

Tentang HP Oppo A15

Oppo A15 berada di segmen pasar anggaran yang sangat ketat, karena pemotongan yang diperlukan untuk menurunkan harga dapat merugikan telepon. Ponsel seperti Nokia 3.4 dan Alcatel 3L (2020) membuat kompromi sulit serupa untuk mendapatkan label harga di bawah £ 130, tetapi dengan hasil yang beragam.

1. Desain

HP Oppo
HP Oppo. Sumber Gambar: Google.com

Tubuh plastik mengkilap dan juga MicroUSB dan jack 3,5 mm. Tidak dapat disangkal bahwa Oppo A15 adalah ponsel yang sangat murah. Tubuhnya yang sepenuhnya plastik hampir sepenuhnya tanpa embel-embel.

Bagian belakang perangkat adalah area plastik yang sebagian besar tanpa fitur, mengkilap sampai-sampai menutupi sidik jari yang berminyak. Mata Anda kemungkinan besar akan tertuju pada modul kamera persegi di sudut kiri atas, yang terbungkus dalam bingkai logam palsu.

Di bawah ini adalah sensor sidik jari fisik, yang merupakan tanda lain bahwa ini bukan ponsel premium. Namun, ini cepat dan dapat diandalkan, yang penting.

Anda dapat mengharapkan Oppo A15 menjadi sedikit lebih ringan mengingat semua plastik dan sasis tipis 7.9mm. Tapi itu cukup berat di 175 gram. Memang itu tidak terlalu berat, tetapi Anda akan tahu bahwa Anda membawanya.

Di sekitar panel depan terdapat bezel yang cukup tebal menurut standar akhir 2020. Secara khusus, dahi dan dagu ponsel lebih besar dari biasanya. Sementara itu, poni titisan air mata membuat ponsel terasa sedikit ketinggalan jaman pada saat lekukan berlubang menjadi lebih umum di segmen anggaran.

Pilihan anggaran berlanjut saat kami mengalihkan perhatian ke bagian bawah ponsel, di mana port micro-USB terletak di sebelah jack headphone 3.5mm. Sementara Alcatel 3L dengan harga yang sama juga menyertakan port micro-USB yang melengking, Nokia 3.4 berhasil memanfaatkan USB-C sepenuhnya

 

2. Layar IPS LCD 6,52 inci

Game
Game. Sumber Gambar: Google.com

Manajer umum Oppo Mobile UK Kevin Chu mengklaim bahwa Oppo A15 telah “dirancang dengan mempertimbangkan pengguna untuk media sosial dan hiburan”, yang menjelaskan layar LCD IPS 6,52 inci yang besar.

Ini menjadi relatif cerah (untuk harga) pada 480 nits, dan warnanya juga cukup seimbang. Namun ketajaman layar tidak menguntungkan konten media. Dengan resolusi hanya 720 x 1600, ini adalah HD + / 720p, tidak seperti resolusi FHD + / 1080p yang ditangkap oleh kebanyakan ponsel.

Anda tidak akan melihat konten video HD di sini, dan pada kerapatan piksel hanya 269ppi, konten web dan gambar juga tidak akan menonjol. Tidak ada peningkatan kecepatan refresh, pada output 60Hz biasa.

Kami tidak mengharapkan kecepatan refresh yang lebih tinggi dari ponsel yang begitu murah, tetapi kami mulai melihat layar 120Hz di ponsel di bawah £200 seperti Poco X3 NFC, jadi perlu dicatat.

Tentu saja, bukan hal yang aneh untuk menemukan layar dengan resolusi lebih rendah pada titik harga ini. Spesifikasi ini tersedia di Alcatel 3L, Nokia 3.4 dan Moto E7 Plus.

Tetapi dia mendorong kami untuk merekomendasikan agar Anda setidaknya mempertimbangkan ponsel sedikit lebih tinggi di pasaran jika anggaran Anda dapat mendekati angka Rp, 3 juta.

Sedikit uang (atau uang serupa pada telepon diskon pada awal 2020) dapat memberi Anda banyak keuntungan, terutama dalam hal layar.

 

3. Kamera

HP Oppo A15 Kamera
HP Oppo A15 Kamera. Sumber Gambar: Google.com

Tiga Kamera: 13 Megapiksel, 2 Megapiksel, Kedalaman 2 Megapiksel performanya hampir tidak cukup di siang hari bolong dan mengerikan di malam hari. Oppo A15 hadir dengan pengaturan tiga kamera yang pabrik klaim mencakup lensa utama 13MP, lengkapi dengan lensa makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP.

Ini adalah pengaturan kelas anggaran yang familier — dan sekali lagi, sulit untuk membenarkan memiliki makro megapiksel yang begitu rendah. Close-up yang ekstrim terlihat sangat kasar dan jelek sehingga kami ragu banyak yang akan menggunakan mode makro setelah percobaan pertama mereka.

Perlu Anda catat bahwa baik Nokia 3.4 dan Alcatel 3L pabrik jejalkan juga lensa ultra-lebar, meskipun adil untuk mengatakan bahwa penawaran ultra-murah tidak bagus sama sekali. Dengan mengingat hal itu, maka argumen untuk lensa sudut lebar yang layak sangat kuat di ujung pasar ini.

Bagaimanapun, tanggung jawab di sini sepenuhnya untuk memastikan bahwa sensor utama ini berfungsi dengan baik. Secara umum, dengan penerangan yang seragam, hasilnya hampir dapat kita terima mengingat harga yang murah.

Performa

Namun, kami melihat penurunan detail di sekitar tepi bidikan yang kami ambil dengan perangkat. Objek dengan banyak detail rumit, seperti pohon dan semak belukar, memiliki tampilan yang sangat kasar.

Anda benar-benar tidak ingin memperbesar / zoom setiap bidikan yang Anda ambil dengan Oppo A15. Tentunya karena tidak tahan untuk pemeriksaan lebih dekat.

Berbicara tentang pemeriksaan lebih dekat, kami menemukan bahwa potret close-up berjuang untuk membuat subjek kami sepenuhnya fokus dalam mode pemotretan normal dan mode potret kustom.

Kamera juga berjuang dengan situasi HDR dengan mengekspos elemen secara berlebihan seperti langit di latar belakang. Namun, adalah mungkin untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat dan memuaskan di siang hari bolong di bawah kondisi yang tepat.

Di sisi lain, memotret dalam cahaya rendah adalah penghapusan total. Kami ragu ada mode malam khusus di sini, di mana Anda bahkan tidak mendapatkan peningkatan kecerahan paksa yang terlihat pada ponsel yang sedikit lebih mahal — hanya banyak kegelapan dan noise.

Kamera depan 5MP juga tidak terlalu bagus. Jadi, kamera itu justru cenderung menghitamkan warna kulit, bahkan dengan penggeser kecantikan disetel ke nol.

 

4. Spesifikasi dan kinerja

HP Oppo A15 - Performa test
HP Oppo A15 – Performa test. Sumber Gambar: Google.com

MediaTek MT6765 Sangat lambat dan juga memiliki ruang penyimpanan 32 GB yang sedikit. Dengan label harga £ 120, kami tidak berharap Oppo A15 menjadi pemain hebat. Tetapi jika ada standar minimum tertentu yang Anda harapkan dari sebuah smartphone, A15 hampir tidak memenuhinya.

Pelakunya adalah prosesor MediaTek MT6765 sederhana dengan RAM 3 GB untuk mendukungnya. Skor Geekbench 5 multi-core 930 cukup rendah, bahkan jika kita bandingkan dengan ponsel murah lainnya.

Pertimbangkan ponsel Oppo A5 2020 yang lebih tua dengan Snapdragon 665 yang mencetak 1301. Atau jika Anda menggunakan ponsel kontemporer Oppo A15, Nokia 3.4, yang berhasil mencetak 1.188 poin. Ini mengalahkan Alcatel 3L dengan 847 karena MediaTek MT6762 yang kurang kuat di ponsel ini.

Performa

Tes tidak menceritakan keseluruhan cerita, tentu saja, tetapi mereka cenderung memberi petunjuk tentang apa yang bisa kita harapkan. Tentu saja, menggunakan Oppo A15 jauh dari mulus, dengan sedikit penundaan tetapi sering terjadi saat beralih antar aplikasi dan menggulir halaman web.

Aplikasi seperti Netflix dapat memakan waktu beberapa saat untuk memulai, dan bahkan menu pengaturan kustom Oppo membutuhkan waktu ekstra untuk memuat. Bermain di Oppo A15 layak, tetapi jauh dari optimal.

Di PUBG Mobile, pengaturan grafis tidak melampaui Balanced/Medium – satu tingkat lebih rendah – dan meskipun demikian, kinerjanya jauh dari mulus sepenuhnya.

Sekali lagi, kami harus mengingatkan Anda bahwa ponsel ini hanya berharga 900 ribu. Tetapi kami juga harus menegaskan kembali poin bahwa belanja pintar dapat memberi Anda ponsel yang menyelesaikan tugas dengan lebih sedikit jeda dan memainkan game dengan lancar pada pengaturan grafis sedang dalam Full HD.

 

5. Penyimpanan

HP Oppo A15 Storage
HP Oppo A15 Storage. Sumber Gambar: Google.com

Di tempat lain, Anda mendapatkan penyimpanan internal 32GB, yang tidak terlalu banyak ketika ponsel di bawah 2juta mulai mengemas 128GB sebagai standar. Anda dapat memperluasnya hingga 256 GB menggunakan slot kartu microSD yang disertakan.

Oppo A15 hadir dengan ColorOS 7.2 di luar kotak, yang merupakan cangkang khusus yang berjalan di atas Android 10. Ini berjalan cukup bersih dan lancar di OS Google, meskipun ia menderita ikon mencolok dan beberapa menu yang berantakan.

Ini bisa sedikit mengganggu, seperti tidak dapat menghapus aplikasi langsung dari layar beranda. Harus masuk ke menu pengaturan untuk menunjukkan persentase sisa baterai juga merupakan masalah tetap bagi kami.

Namun, ColorOS adalah antarmuka pengguna yang dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dalam batas yang wajar. Tidak banyak malware juga, dan aplikasi Google Chrome, Kalender, dan Gmail melakukan tugasnya daripada alternatif yang buruk.

 

6. Daya tahan baterai

Baterai
Baterai. Sumber Gambar: Google.com

Baterai 4230mAh dengan kecepatan pengisian adalah 10 watt. Oppo A15 ditenagai oleh baterai 4.230mAh, yang cukup banyak untuk ponsel di ujung pasar ini. Faktanya, Anda tidak akan menghabiskan berjam-jam bermain game dengan prosesor sederhana ini.

Dan, bahkan jika Anda menyukai streaming video, maka output 720p seharusnya tidak terlalu merepotkan. Jadi, dengan penggunaan sedang, Anda dapat dengan nyaman menjalani satu hari penuh dengan sekali pengisian daya, mungkin hingga satu detik.

Media akan menghabiskan bagian tambahan dari masa pakai baterai Anda, tetapi tidak sebanyak yang Anda harapkan. Streaming Netflix selama satu jam dengan layar yang kita setel ke kecerahan penuh turun dari 5% menjadi 8% dalam pengujian kami — anehnya bervariasi, tetapi secara keseluruhan solid.

Sony Xperia L4 (terbuka di tab baru) kehilangan 12% dalam kondisi yang sama, sementara A15 juga mengungguli Honor 9A (yang kehilangan 8%) dan Realme 5 (9%). Mengisi daya dengan pengisi daya 10W yang HP sertakan dan port micro USB ini tidak terlalu cepat.

Dalam pengalaman kami, naik dari 17% menjadi 91% membutuhkan waktu 90 menit, dan peningkatan cepat 30 menit dari bawah hanya menghasilkan peningkatan 27%. Jadi, kami memiliki rekomendasi untuk membeli HP ini jika:

 

Mengapa membeli HP Oppo A15

HP Oppo
HP Oppo. Sumber Gambar: Google.com

Anda memiliki anggaran yang ketat. Alasan utama untuk membeli Oppo A15 adalah karena Anda tidak ingin atau tidak dapat menghabiskan lebih dari £120 untuk ponsel berikutnya. Sebagian besar ponsel anggaran berharga antara £ 150 dan £ 250, yang sangat banyak.

Anda membutuhkan ponsel serius yang akan bertahan lama. jadi, menghemat uang adalah hal yang baik, tetapi jika Anda ingin ponsel murah Anda bertahan sepanjang hari

Jadi, Oppo A15 adalah taruhan yang adil. Baterai 4230 mAh yang relatif besar, bersama dengan layar beresolusi rendah dan prosesor berdaya rendah, menawarkan daya tahan yang luar biasa.

Anda membutuhkan layar terang yang besar. Ponsel ultra-murah cenderung memiliki tampilan yang relatif kecil dan redup. Lain halnya dengan Oppo A15 yang hadir dengan layar besar berukuran 6,5 inci yang sangat terang.

 

Jangan membeli HP Oppo A15 jika

Belakang
HP Oppo A15 Belakang. Sumber Gambar: Google.com

Anda ingin kecepatan. Jadi, meskipun Anda mungkin tidak mengharapkan kecepatan yang cepat dari ponsel murah, Oppo A15 termasuk lambat. Prosesor berperforma rendah menghasilkan banyak lag dan lag, dan performa game 3D berperforma tinggi menjadi kurang mengesankan.

Ingin menonton media dalam Full HD. Layar itu mungkin besar dan cerah, tetapi itu hanya menyoroti resolusi 720p/HD+. Anda tidak akan mendapatkan video Netflix yang terbaik dengan Oppo A15.

Anda membutuhkan kamera yang kuat dan fleksibel. Bahkan di pasar saat ini, Anda bisa mendapatkan sistem kamera fleksibel dengan kemampuan ultra lebar. Oppo A15 hadir dengan hanya satu kamera asli, yang tentu bukan yag terbaik, terutama dalam cahaya rendah.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …