Google Bisnisku
Google Bisnisku. Sumber Gambar: Google.com

Google Bisnisku dan Mengapa Kita Memerlukannya

Google Bisnisku dan mengapa saya membutuhkannya? Dalam upaya untuk menjadi lebih terlihat di Google, banyak perusahaan membuat Daftar Bisnis Google (secara resmi kita kenal sebagai Profil Bisnis).

Jika Anda salah satu dari pemilik bisnis ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa membuat profil bisnis tidak memberi Anda kendali atasnya, dan Anda memerlukan kemampuan manajemen dan pengeditan ini jika Anda ingin profil bisnis Anda berfungsi sebagai alat SEO yang efektif.

Google Bisnisku

Jadi bagaimana Anda mengelola Profil Bisnis Google Anda? Jawabannya selain membuat profil bisnis gratis, Anda juga harus membuat akun Google Bisnisku gratis secara terpisah untuk profil tersebut.

Anda memerlukan akun Google My Business terpisah untuk mengelola profil bisnis Anda. Akun Google My Business adalah satu-satunya cara untuk mengklaim kepemilikan profil bisnis Anda, mendapatkan hak untuk mengelolanya, dan membuka fitur tambahan gratis untuk meningkatkan visibilitas Anda di Google.

Dalam posting ini, saya akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Google My Business, Jadi, baca terus untuk menyertakan alat gratis dan ampuh ini dalam perangkat pemasaran Anda!

 

Apa itu Google Bisnisku?

GooGle My Business Logo Samping
GooGle My Business Logo Samping. Sumber Gambar: Google.com

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Google My Business adalah alat yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan meningkatkan profil bisnis Anda di Google. Jadi, untuk menjelaskan apa itu Google My Business dan cara kerjanya, pertama-tama pastikan kita memahami dengan jelas apa itu profil bisnis.

Profil Bisnis Anda adalah istilah Google untuk menggambarkan bisnis Anda di Google. Profil Bisnis muncul di Google Maps dan hasil penelusuran Google lokal.

 

Apa itu Profil Google Bisnisku di Maps

Lokasi Bisnis Maps
Lokasi Bisnis Maps. Sumber Gambar: Google.com

Membuat profil bisnis seperti menambahkan tempat ke Google Maps – siapa saja (termasuk orang asing acak atau pembuat daftar otomatis) dapat melakukannya. Yang Google minta hanyalah nama, lokasi, dan kategori perusahaan.

Setelah Google mengonfirmasi bahwa itu bukan duplikat, mereka akan membuat profil bisnis untuk situs tersebut. Profil bisnis kemudian mereka buka bagi konsumen untuk memberikan komentar, menambahkan foto, bertanya, bahkan menjawab pertanyaan.

Profil kerja juga dapat Anda isi dengan informasi yang Google ambil dari Internet. Artinya, Profil Bisnis dapat berdiri sendiri, dan terpisah dari akun Google Bisnisku milik Anda. Namun, apakah Anda membuat profil bisnis Anda sendiri atau tidak, Anda tidak memiliki kendali atas informasi yang tampil atau komentar yang ada.

Di sinilah Google My Business datang untuk menyelamatkan. Dengan membuat akun Google Bisnisku, Anda dapat mengakses, menyesuaikan, mengelola, dan meningkatkan profil bisnis Anda di Google, semuanya masih gratis, seperti yang akan kita bicarakan nanti.

 

Cara menggunakan Google Bisnisku untuk pemasaran lokal

Jadi, kami telah menetapkan bahwa Google My Business bukanlah profil bisnis Anda, melainkan alat yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan profil bisnis Anda untuk meningkatkan visibilitas dan kinerjanya.

Jadi, mari kita lihat empat cara utama Anda dapat menggunakan Google Bisnisku untuk menjadikan profil cantuman Google Anda sebagai alat pemasaran lokal terbaik.

 

1. Berinteraksi dengan konsumen

Peta Usaha
Peta Usaha. Sumber Gambar: Google.com

Ada banyak cara konsumen dapat berinteraksi dengan profil bisnis Anda, dan Anda dapat menggunakan akun Google Bisnisku untuk berinteraksi dengan mereka. Anda dapat menanggapi ulasan, menjawab pertanyaan, mengaktifkan pesan langsung, dan juga menyetel peringatan yang sesuai.

Anda juga dapat menggunakan Google My Business untuk memposting ke profil bisnis Anda, seperti yang Anda lakukan ke Facebook dan jejaring sosial lainnya. Di Dasbor Google Bisnisku, Anda dapat menanggapi ulasan, memposting pesan, dan menjawab pertanyaan di profil bisnis Anda.

 

2. Jadikan bisnis Anda menonjol

CleverGet
CleverGet

Profil bisnis hanya berisi informasi terbatas tentang bisnis Anda. Tetapi melalui dasbor akun Google Bisnisku, Anda dapat menentukan jam buka, tautan ke situs web Anda, produk dan harga, atribut, dan detail lain yang membuat bisnis Anda unik.

Anda juga akan menggunakan Google My Business untuk membuat perubahan dan pembaruan sesuai kebutuhan. Profil bisnis lengkap memberikan gambaran lengkap tentang bisnis Anda, termasuk fitur terbaiknya, langsung di SERP.

 

3. Dapatkan ide

Google Bisnisku - Gambar
Google Bisnisku – Gambar. Sumber Gambar: Google.com

Anda dapat menggunakan Dasbor Google Bisnisku untuk mendapatkan wawasan dasar tentang audiens dan kinerja penelusuran lokal Anda. Pada tab Analisis Platform, Anda dapat melihat kueri yang pelanggan gunakan untuk menemukan profil bisnis Anda.

Apakah mereka menemukan Anda di Google Maps atau penelusuran Google. Perincian tindakan yang mereka lakukan dalam cantuman Anda. Dan, juga bagaimana kinerja foto Anda jika Anda bandingkan dengan profil lain dalam kategori Anda.

Kemudian, ada juga hal penting lainnya. Jadi, perhatikan juga bahwa ada cara untuk melacak klik dari profil bisnis menggunakan parameter UTM dan Google Analytics.

 

4. Lakukan seo lokal

Google Bisnisku Bisnis Maps
Google Bisnisku Bisnis Maps. Sumber Gambar: Google.com

Sama seperti Google memiliki algoritma untuk menentukan peringkat iklan dan situs webnya, Google juga memiliki algoritme untuk menentukan peringkat profil bisnis. Dengan Dasbor Google My Business, maka Anda dapat menyertakan kata kunci di profil bisnis Anda.

Jadi, hal ini bisa membuat peningkatan lain untuk membantunya mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil lokal, yang akan kita bicarakan selanjutnya. Google Bisnisku juga dapat membantu Anda meningkatkan profil bisnis Anda agar muncul di tripleks yang Anda inginkan.

Profil Bisnis Google bersifat dinamis. Bentuknya tidak hanya berubah tergantung pada platform. Tetapi Google juga akan memprioritaskan bagian profil Anda sesuai dengan istilah pencarian serta jenis informasi yang paling relevan dengan konsumen dalam kategori Anda.

Selanjutnya, Google akan menyorot kata kunci dalam konten profil Anda yang mereka anggap relevan. Tetapi pertama-tama, profil Anda harus berisi informasi dan kata kunci untuk Google prioritaskan.

Jadi, sama seperti Anda (atau agensi Anda) menggunakan sistem manajemen konten seperti WordPress untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin telusur. Google My Business pengguna gunakan untuk meningkatkan profil Anda dan memperluas jangkauan Anda.

 

Cara SEO Google Bisnisku

Tetapi, bagaimana cara menggunakan Google My Business untuk SEO lokal? Karena Optimize for Google pada dasarnya kita optimalkan untuk pencari. Jadi, semuanya bermuara pada tiga hal yang sama: penargetan, kualitas informasi, dan kepercayaan.

1. Targetkan kata kunci Anda

Google Maps
Google Maps. Sumber Gambar: Google.com

Untuk menggunakan Google Bisnisku untuk SEO, maka pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan di profil bisnis Anda. Sehingga, Anda dapat memberi tahu Google apa yang ingin Anda rangking.

Gunakan kata kunci dalam deskripsi Dari Bisnis Anda. Masukkan dalam tanggapan ulasan, dalam pertanyaan dan jawaban, dan dalam postingan yang Anda buat. Pastikan juga untuk memasukkannya secara alami, seperti yang Anda lakukan pada strategi SEO lainnya.

 

2. Menjaga kualitas informasi

GooGle My Business Logo Samping
GooGle My Business Logo Samping. Sumber Gambar: Google.com

Kelengkapan dan keakuratan profil bisnis Anda memengaruhi peringkatnya, jadi pastikan untuk memberikan informasi yang diperlukan di setiap bagian dasbor Google My Business. Informasi kontak Anda, jam buka khusus, dan atribut sangat penting di sini.

 

3. Kepercayaan adalah keuntungan

Maps Peta Bisnis
Maps Peta Bisnis. Sumber Gambar: Google.com

Cara terakhir untuk menggunakan Google My Business untuk SEO bergantung pada komponen kepercayaan dari algoritme Google. Jaga agar informasi tetap terkini dan akurat seiring dengan perkembangan bisnis Anda.

Pertahankan aliran umpan balik yang konstan dan tanggapi itu. Juga, beri tahu Google bahwa Anda aktif dengan mengunggah foto secara teratur. Dan, juga mempostingnya ke profil bisnis Anda melalui Google Bisnisku.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …