Facebook Ads Manager
Facebook Ads Manager. Sumber Gambar: Google.com

Facebook Ads Manager Adalah dan Cara Menggunakannya

Facebook Ads Manager adalah dan manfaatnya untuk kita. Jadi, Facebook Ads Manager adalah alat manajemen iklan untuk membuat, mengedit, dan juga menganalisis kampanye iklan berbayar di Facebook. Oh ya, sekarang, namanya adalah Meta Ads Manager.

Facebook Ads Manager adalah

Facebook Ads Manager - Iklan Facebook
Facebook Ads Manager – Iklan Facebook. Sumber Gambar: Google.com

Meta atau Facebook baru-baru ini menggabungkan Pengelola Iklan dan Power Editor ke dalam satu platform untuk mempermudah pembuatan dan pemantauan kampanye iklan di berbagai platform iklan milik Facebook, termasuk iklan Instagram.

Kunjungi:

FB Ads Manager

 

Cara menggunakan Facebook Ads Manager adalah

Quick dan Guided Creation
Quick dan Guided Creation. Sumber Gambar: Google.com

Ada dua cara menggunakan Pengelola Iklan Facebook untuk membuat kampanye baru: Guided Creation dan Quick Creation. Beralih di antara mereka dengan mengklik tombol “Switch to Guided Creation” or “Switch to Quick Creation.”

Jadi, fitur Pengelola Iklan Facebook meliputi: Pilih perangkat tempat Anda ingin menampilkan iklan (desktop, seluler, atau keduanya). Kemudian, memilih tempat beriklan di halaman (feed berita, kolom kanan). Bisa juga unduh daftar kontak untuk penargetan khusus.

Temukan orang yang mirip dengan audiens target Anda dan kemudian gunakan pengujian A/B untuk mengetahui iklan dan strategi yang paling efektif. Jika Anda belum tahu A/B Testing, maka bisa mencarinya di Google.

 

1. Quick Creation VS Guided Creation

Tips Iklan FB
Tips Iklan FB. Sumber Gambar: Google.com

Quick Creation memungkinkan Anda memilih pengaturan dan nama iklan Facebook untuk iklan, grup iklan, dan kampanye Anda dalam satu jendela. Guided Creation bertindak sebagai panduan langkah demi langkah bagi pemula untuk membuat kampanye iklan Facebook baru. Ikuti langkah ini:

A. Pilih tujuan pemasaran berdasarkan tujuan bisnis/pendapatan Anda

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan jumlah total pengguna yang melihat iklan Anda, pilih ‘Jangkauan’ di bawah judul ‘Kesadaran’. Masukkan nama kampanye. Spesifik seperlunya, terutama jika Anda menjalankan beberapa kampanye secara bersamaan.

B. Siapkan akun iklan Anda

Di jendela berikutnya, siapkan akun iklan Anda dengan memilih informasi termasuk negara, mata uang, dan zona waktu. Pilih mata uang dan zona waktu Anda dengan hati-hati karena Anda tidak akan dapat mengubah pengaturan ini lagi kecuali Anda membuat akun iklan baru. Facebook akan mencatat data untuk tujuan penagihan dan pelaporan berdasarkan mata uang dan informasi zona waktu Anda. Klik “Tampilkan opsi lanjutan” untuk memberi nama akun iklan Anda.

C. Klik ‘Buat satu grup iklan atau beberapa grup iklan’. (  One Ad Set atau Several Ad Sets )

Pilih dari tab “Buat grup iklan baru” atau “Buat beberapa grup iklan”. Grup Iklan memungkinkan Anda memilih grup iklan berbeda yang dapat bervariasi menurut pemirsa, lokasi, dan lainnya.

D. Pilih halaman Facebook grup iklan dari daftar drop-down.

Jika Anda tidak melihat halaman yang Anda inginkan, maka klik tombol “+” untuk membuat halaman baru. Setelah membuat halaman baru yang bersih, maka langkah berikutnya tinggal mengisinya.

E. Tentukan detail untuk audiens Anda, termasuk lokasi dan demografi

Buat audiens kustom untuk penargetan yang lebih baik dengan membuat daftar pengunjung, prospek, atau pelanggan. Tambahkan informasi audiens lainnya, termasuk lokasi, kelompok usia, jenis kelamin, dan bahasa.

Aktifkan penargetan terperinci untuk mencocokkan audiens Anda dengan demografi, minat, atau perilaku yang Anda inginkan. Di bagian Komunikasi, pilih jenis koneksi untuk menjangkau mereka yang telah mengambil tindakan tertentu, seperti menyukai halaman Anda, dan yang cocok dengan kriteria penargetan Anda.

F. Pilih tempat untuk menempatkan iklan Anda

Penempatan iklan meliputi Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger. Pilih untuk menyimpan beberapa penempatan menggunakan opsi Edit penempatan, atau pilih penempatan otomatis untuk mengoptimalkan penayangan iklan Anda secara otomatis.

G, Pilih opsi pengoptimalan dan pengiriman Anda

Ini termasuk mengoptimalkan “jangkauan” atau “tayangan”, seberapa sering iklan Anda akan Facebook tampilkan, strategi penawaran Anda, dan juga banyak hal yang lain lagi.

H. Tetapkan anggaran Anda dan tanggal mulai untuk beriklan

Pilih berapa banyak anggaran iklan yang ingin Anda alokasikan ke grup iklan, total anggaran, dan jadwal peluncuran tertentu. Tentu saja, anggaran lebih besar artinya lebih banyak jangkauan audience.

Kunjungi:

FB Ads Manager

 

Kelebihan Manajer Iklan Facebook

Facebook Ads Manager - Facebook Ads Logo
Facebook Ads Manager – Facebook Ads Logo. Sumber Gambar: Google.com

Kelebihan dari manajer Iklan Facebook meliputi. Bisa mengedit iklan atau kampanye secara massal (ajakan bertindak, tawaran, anggaran, pemirsa, dll.). kemampuan untuk mengelola kampanye Facebook, Instagram, dan Audience Network.

Anda bisa aktifkan opsi untuk audiens, lokasi, dan juga lainnya. Anda juga bisa menggunakan alat analitik bawaan yang disebut Laporan Iklan ( Ads Reporting ). Kemudian, Anda juga bisa menyesuaikan kampanye dan grup iklan Anda agar sesuai dengan anggaran Anda.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …