Bisnis  

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi dana tidak bisa dibuka apa penyebab dan solusinya. Dana merupakan salah satu dompet digital terbesar atau terbanyak orang Indonesia pergunakan. Meskipun demikian ada sejumlah pengguna yang mengeluh bahwa aplikasi mereka sulit untuk mereka buka.

Aplikasi dana tidak bisa dibuka

Tampilan Dana
Tampilan Dana. Sumber Gambar: Google.com

Jika aplikasi sulit untuk mereka buka maka tentu saja kegiatan akan banyak terganggu. Apalagi jika memang mengandalkan aplikasi ini untuk berbagai keperluan.

Jika anda termasuk salah satu pengguna aplikasi dana yang ternyata tidak bisa anda buka maka kami akan membahas penyebab dan juga cara untuk mengatasinya.  Sebelum mencoba mengatasi masalahnya maka kita perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Alasan aplikasi dana tidak bisa terbuka

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Airtime dan Voucher
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Airtime dan Voucher. Sumber Gambar: Google.com

Beberapa alasan mengapa aplikasi DANA tidak mau terbuka adalah sebagai berikut: Pertama, koneksi internet yang lambat atau tidak stabil. Kemudian aplikasi yang belum update ke versi terbaru. Cache aplikasi yang menumpuk, atau, bisa juga perangkat Anda kehabisan memori.

Memang ada beberapa Biang Kerok Mengapa aplikasi dana tidak bisa kita buka. Atau beberapa hal selain di atas. Jadi tips untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut.Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Mengapa aplikasi dana kita sulit kita buka.

Solusi aplikasi dana tidak bisa dibuka

1. Memastikan koneksi internet stabil

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Cek Sambungan Internet
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Cek Sambungan Internet. Sumber Gambar: Google.com

Jadi tentu saja Ini adalah solusi pertama dari masalah pertama. Aplikasi DANA tentu saja adalah aplikasi yang berbasis online, maka akan menggunakan koneksi internet supaya bisa beroperasi.

BACA JUGA:   Cara Mengetahui Merk dan Tipe Laptop Sesuai Kebutuhan

Jadi, jika koneksi internet tidak stabil atau paket data sudah habis maka aplikasi dana yang berbasis online tidak bisa kita jalankan karena tidak bisa terhubung ke server mereka secara langsung.

Jadi di pertama kali kita harus mengecek bahwa koneksi internet kita stabil dan juga aktif. Untuk mengetahuinya yang paling mudah adalah tentu saja dengan Mencoba membuka 1 video YouTube. Apakah terasa Normal seperti biasanya atau tidak.

Tidak perlu lama membukanya mungkin hanya beberapa detik saja jika cukup stabil, maka kita juga bisa menyatakan bahwa koneksi internet kita juga stabil. Jika untuk video stabil, maka bisa stabil juga untuk lainnya.

Sebenarnya Anda juga bisa memastikannya dengan menggunakan aplikasi untuk mengecek sambungan internet atau dengan website online. Tetapi cara kedua ini secara pengalaman pribadi adalah sama saja dengan cara mengecek dengan mencoba membuka YouTube.

2. Restart perangkat

Restart HP
Restart HP. Sumber Gambar: Google.com

Merestart perangkat ini penting karena biasanya, entah kenapa beberapa error bisa hilang. Jadi cara restart perangkat ini adalah cara paling praktis untuk memperbaiki banyak jenis error dan kesalahan di Hp atau komputer. Cara ini  juga bisa memperbaiki aplikasi lain yang mungkin juga error.

 

3. Menghapus cache

Hapus Cache
Hapus Cache. Sumber Gambar: Google.com

File sampah atau cache yang menumpuk akan menjadi sumber error aplikasi. Cache ini pengembang buat untuk mempercepat aplikasi berjalan dengan menyimpan beberapa data penting. Namun jika terlalu banyak akan menyebabkan aplikasi ribet dan terkadang error.

Cara untuk menghapus cache ini adalah masuk ke menu manajer aplikasi. Kemudian silahkan memilih aplikasi dana. Selanjutnya silakan memilih untuk bersihkan data atau clear cache.

BACA JUGA:   Aplikasi Microsoft Word

 

4. Memperbarui aplikasi

Update Aplikasi
Update Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Update aplikasi adalah salah satu cara untuk menghilangkan error. Jika aplikasi sudah kadaluarsa maka biasanya tidak bisa kita buka. Karena itulah mau tidak mau harus kita update.

Terkadang aplikasi yang memiliki bug juga susah kita buka. Jadi meskipun belum kadaluarsa aplikasi ini bisa jadi akan sulit kita buka. Untuk menghilangkan bug tersebut maka kita bisa Perbaharui aplikasinya atau update.

Link Update:

DANA Android DANA iOS

 

5. Mengosongkan memori

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka kosongkan memori
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka kosongkan memori. Sumber Gambar: Google.com

Untuk menjalankan sebuah aplikasi maka sistem Android akan memerlukan ruangan memori yang cukup. Jika memori Kita penuh maka aplikasi akan susah untuk kita jalankan atau kita buka. Risiko lainnya bahkan HP menjadi terlalu lemot atau lambat.

Mengosongkan memori bisa kita lakukan dengan menghapus cache di hp secara menyeluruh. Kemudian bisa juga dengan menghapus dokumen atau file-file yang tidak kita perlukan lagi

Selain itu bisa menghapus juga aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak pernah akan kita gunakan lagi. Untuk file yang biasanya ukuran besar adalah file video. Video ini bisa jadi berasal dari grup WhatsApp atau kiriman dari media sosial.

File semacam ini akan memakan tempat yang banyak di Smartphone kita. Jadi sekali-sekali kita harus membersihkan file-file seperti ini yang tidak kita perlukan lagi.

Kesimpulan aplikasi dana tidak bisa dibuka

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Transfer Bank
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka Transfer Bank. Sumber Gambar: Google.com

Jadi itulah cara untuk mengatasi Mengapa aplikasi dana tidak bisa kita buka. Aplikasi DANA ini biasa kita pergunakan untuk berbagai macam hal. Alat pembayaran online ini sangat berguna untuk berbagai macam keperluan kita. Jadi jika bermasalah maka akan merepotkan.