Berita  

Aplikasi Membuat Akta Kelahiran Online yang Mudah dan Resmi

Aplikasi Membuat Akta Kelahiran Online
Aplikasi Membuat Akta Kelahiran Online. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi membuat akta kelahiran online. Hingga saat ini masih cukup banyak orang yang menganggap bahwa membuat akta kelahiran anaknya rumit. Padahal pada saat ini ini sudah ada cara baru untuk membuat akta kelahiran secara online.

Yang perlu kita catat adalah bahwa setiap administrasi anak pada akhirnya akan memerlukan akta kelahiran. Jadi daripada repot karena terlambat maka sebaiknya akta kelahiran ini segera kita urus sejak sekarang. Jika kita urus cepat, maka lebih mudah.

Aplikasi membuat akta kelahiran online

Akta Jadi
Akta Jadi. Sumber Gambar: Google.com

Apalagi untuk masa ini ini aturan baru bahwa angka kelahiran paling lambat pengurusannya adalah 60 hari semenjak kelahiran. Jika terlambat maka proses pengurusan nya akan semakin rumit dan bahkan juga akan terkena denda.

Namun pada saat ini untuk membuat akta kelahiran sudah semakin mudah. Apalagi Karena sekarang juga bisa kita lakukan melalui online. Jadi kita tidak perlu datang ke kantor dukcapil untuk melakukan semua prosesnya. Namun kita bisa melakukannya dari rumah saja.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri nomor 9 tahun 2016. Yaitu peraturan tentang Percepatan Peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran. Peraturan ini memberi kepastian hukum yang sama pada pencatatan kelahiran baik secara online maupun secara offline manual.

Untuk tata cara mengurus akta kelahiran online sesuai dengan peraturan Mendagri nomor 9 tahun 2016. Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Langkah – Langkah daftar aplikasi membuat akta kelahiran online

1. Masuk website

SIAK Online
SIAK Online. Sumber Gambar: Google.com

Pertama adalah registrasi situs dukcapil dengan menggunakan Nik. Kemudian mengunjungi Alamat website   https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/web/. Website Ini bisa memberikan kita hak akses Sebagai pengguna aplikasi pencatatan kelahiran. Jadi, kita akses terlebih dahulu.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud Sumber Energi Alternatif

2. Mengisi formulir dan persyaratan

Aplikasi membuat akta kelahiran online SIAK Login
Aplikasi membuat akta kelahiran online SIAK Login. Sumber Gambar: Google.com

Yang kedua adalah mengisi formulir dan melengkapi semua dokumen persyaratan. Apabila kita sudah mendapatkan hak akses maka kita dapat mengisi formulir pada aplikasi pencatatan kelahiran. Silahkan mengisi dengan teliti supaya datanya benar.

Selanjutnya kita bisa meng-upload semua dokumen persyaratan. Syarat untuk dokumen – dokumen ini kami sertakan pada bagian bawah artikel. Anda bisa menelitinya sekarang di bawah atau annti setelah membaca yang lainnya terlebih dahulu.

Yang ke-3 adalah mendapatkan tanda bukti permohonan. Jika anda sudah mengisi semua formulir dan mengambil dokumen persyaratan sesuai ketentuan maka anda akan mendapatkan tanda bukti permohonan.

3, Verifikasi dan mencetak mandiri

Aplikasi membuat akta kelahiran online - Akta Lahir Cetak
Aplikasi membuat akta kelahiran online – Akta Lahir Cetak. Sumber Gambar: Google.com

Menunggu verifikasi. Sata-data yang anda upload akan tersimpan dalam sistem informasi administrasi kependudukan atau SIAK. Kemudian data-data ini akan petugas verifikasi dan validasi dengan data yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

Penerbitan register akta kelahiran. Jika semua sudah selesai maka petugas akan menerbitkan register akta kelahiran. Kemudian petugas juga akan mengirimkan pemberitahuan melalui email yang anda daftarkan. Selanjutnya, Anda bisa mencetak secara mandiri akta kelahiran.

Pejabat pencatatan sipil akan menandatangani akta kelahiran. Kemudian Anda bisa menandatangani kutipan akta kelahiran tersebut. Kemudian sesuai dengan peraturan terbaru yang berlaku sejak 1 Juli 2020, maka akta lahir bisa kita cetak dengan kartu HVS A4 80 gram.

Jadi tidak perlu lagi menunggu pencetakan dengan kertas jenis security printing. Hal yang sama juga berlaku bagi Kartu Keluarga. Jadi, ini adalah menghemat waktu kita untuk mendapatkan KK. Bahkan, tidak perlu datang ke Kecamatan.

BACA JUGA:   Cara Mengobati Penciuman Hidung Yang Hilang

Dokumen dan syarat membuat akta kelahiran online

Syarat Membuat Akta Kelahiran
Syarat Membuat Akta Kelahiran. Sumber Gambar: Google.com

Untuk dokumen-dokumen yang menjadi syarat untuk pembuatan akta kelahiran online adalah sebagai berikut. Yang pertama adalah surat keterangan lahir dari dokter atau bidan atau penolong kelahiran.

Yang kedua adalah Akta Nikah atau kutipan akta perkawinan. Selanjutnya adalah kartu keluarga yang mana penduduk baru ini akan didaftarkan sebagai anggota keluarga. Kemudian, E-KTP orang tua atau wali atau pelapor.

Untuk warga negara Indonesia bukan penduduk dan juga orang asing bisa menggunakan paspor. SPTJM atas surat pernyataan tanggungjawab mutlak kebenaran data kelahiran berlaku bagi mereka yang tidak memiliki surat keterangan kelahiran dari dokter atau bidan atau penolong.

SPTJM kebenaran sebagai pasangan suami istri bagi yang tidak memiliki akta perkawinan. Sudah berstatus kawin di dalam kartu keluarga dan sudah terstruktur suami-istri anak di dalam kartu keluarga. Jadi itulah langkah-langkah yang mudah untuk membuat akta kelahiran anak secara online.

Langkah-langkah untuk mengurus kartu kelahiran secara online ini termasuk mudah untuk kita lakukan. Jadi, sebaiknya segera membuat akta kelahiran anak selagi waktunya masih dalam 60 hari. Jika tidak, selain terkena denda, maka prosedurnya juga menjadi lebih sulit.

Kesimpulan aplikasi membuat akta kelahiran online

Aplikasi membuat akta kelahiran online Cara Membuat Akta Kelahiran
Aplikasi membuat akta kelahiran online Cara Membuat Akta Kelahiran. Sumber Gambar: Google.com

Memiliki akta kelahiran bagi anak-anak sangat penting karena memastikan mereka bisa mengakses berbagai fasilitas yang tersedia dari pemerintah. Misalnya saja layanan Puskesmas yang murah atau gratis dan juga layanan untuk masuk sekolah.

Ditjen kependudukan dan pencatatan sipil Sudan Arif fakrulloh menyebutkan bahwa anak yang tidak punya akta kelahiran kurang terlindungi keberadaannya, masa depannya dan dan sulit mengakses pelayanan publik. Anak juga rentan tindakan kriminal diantaranya perdagangan orang dan perkawinan dibawah umur.