Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi Penghemat Baterai
Aplikasi Penghemat Baterai. Sumber Gambar: Google.com.

Aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android. Penghematan baterai faktanya adalah solusi setengah hati. Sangat sulit untuk menemukan aplikasi yang menghemat masa pakai baterai karena sebagian besar tindakan penghematan baterai kita lakukan secara manual. Termasuk, menurunkan kecerahan layar, memperlambat sinkronisasi aplikasi, dan juga metode lain yang telah terbukti.

Aplikasi penghemat baterai

Dalam kebanyakan kasus, maka Anda akan melihat lebih banyak peningkatan jika Anda memahami apa yang menyebabkan baterai Anda terkuras. Dan, kemudian mengidentifikasi dan memperbaiki akar penyebabnya. Namun, jika Anda ingin mencoba beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda, berikut adalah aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android.

Aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android

1. Battery Guru

Aplikasi Penghemat Baterai Battery Guru Battery Health
Aplikasi Penghemat Baterai Battery Guru Battery Health

Battery Guru adalah aplikasi penghemat baterai yang hebat. Ini tidak berfungsi seperti aplikasi penguat atau penghapusan. Sebaliknya, ini membantu menjaga kinerja baterai pada tingkat setinggi mungkin. Aplikasi ini memiliki pemberitahuan untuk batas suhu baterai dan batas pengisian daya sehingga baterai Anda tidak cepat habis.

Selain itu, ada beberapa mode hemat baterai yang dapat membantu mengurangi pengurasan baterai untuk mengurangi masa pakai baterai. Ini memiliki pengatur Doze Mode sehingga Anda dapat membuatnya lebih agresif jika diperlukan. Namun, fitur terakhir ini memerlukan akses root atau mengetik beberapa jenis perintah ADB untuk memberikan izin aplikasi untuk melakukan tindakan ini. Ini bagus untuk pengguna profesional.

Link Unduh:

Battery Guru Android

2. Greenify (root atau tanpa root)

Greenify
Greenify

Harga: Gratis / $2,99

Greenify aplikasi penghemat baterai terbaik untuk android

Aplikasi Greenify adalah salah satu aplikasi penghemat baterai paling populer. Menentukan aplikasi mana yang sering membangunkan telepon. Ini juga dapat membantu mereka untuk tidak melakukannya terlalu sering. Aplikasi ini juga memiliki fitur modern untuk Android Nougat dan yang lebih baru dengan mode Doze dan Doze Agresif.

Aplikasi ini berguna untuk perangkat yang di-rooting dan yang tidak di-rooting. Namun, Anda akan mendapatkan lebih banyak fungsionalitas dan kekuatan dengan root. Semua fitur gratis. Ada versi donasi opsional yang berharga $2,99 jika Anda ingin mendukung pengembangan.

Link Unduh:

Greenify

 

3. GSam Battery Monitor ( root dan tidak root )

Aplikasi Penghemat Baterai GSam Battery Monitor
Aplikasi Penghemat Baterai GSam Battery Monitor

Harga: Gratis / $2,49

GSam Battery Monitor adalah aplikasi penghemat baterai populer lainnya. Dengan sendirinya, itu tidak akan melakukan apa pun untuk menghemat daya baterai. Namun, ini dapat memberi Anda informasi tentang aplikasi mana yang menghabiskan baterai Anda. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Apliaksi ini juga dapat menampilkan informasi terperinci tentang waktu awake, dan bahkan data CPU dan sensor. Saya mengalami beberapa kesulitan dengan versi android terbaru. Namun, Anda dapat menggunakan perintah ADB untuk memberikan akses GSam ke statistik penggunaan aplikasi dan kontrol lainnya yang lebih akurat. Ada juga opsi root tambahan jika Anda menggunakan ponsel yang di-rooting, tetapi opsi ADB seharusnya berfungsi untuk kebanyakan orang, baik mereka di-root atau tidak.

BACA JUGA:   Save Mp3 dari Youtube

Link Unduh:

GSam Battery Monitor

 

4. Naptime

Aplikasi Penghemat Baterai Naptime - the real battery saver
Aplikasi Penghemat Baterai Naptime – the real battery saver

Harga: Gratis / hingga $13,99

Naptime adalah aplikasi penghemat baterai dari Francisco Franco, pengembang Servicely, yang sebelumnya ada dalam daftar ini. Naptime membantu menghemat masa pakai baterai dengan membuat mode Doze asli Android lebih agresif, serta menonaktifkan sinkronisasi dan aktivitas lainnya saat ponsel dalam mode Doze.

Ini sedikit lebih ringan dan menggunakan sistem built-in yang benar-benar menghemat masa pakai baterai. Ini terutama untuk perangkat yang di-rooting. Namun, pengembang memiliki panduan singkat tentang cara membuatnya berfungsi pada perangkat Android yang tidak di-rooting. Ini jelas merupakan aplikasi pengguna yang kuat, tetapi tidak terlalu sulit untuk dibuat.

Link Unduh:

Naptime

 

5. Mode tidur dan mode siaga untuk aplikasi ( Sleep dan Standby )

Aplikasi Penghemat Baterai Mode Tidur
Aplikasi Penghemat Baterai Mode Tidur

Gratis

Menu baterai adaptif tersedia di Android Pie.

Kemampuan asli Android jauh melebihi apa yang dapat Anda temukan di aplikasi contoh. Mode Istirahatkan membuat seluruh perangkat Anda tertidur. Aplikasi hanya dapat Anda sinkronkan sesekali dan dalam batch, seperti syarat dari sistem operasi sendiri. Dengan demikian, sangat menghemat daya baterai.

Mode Siaga aplikasi membatasi penggunaan data untuk aplikasi yang tidak sering Anda gunakan untuk penghematan tambahan. Di versi Android terbaru, ini diaktifkan secara default dan Anda tidak memiliki kendali atasnya. Namun, dengan tidak menggunakan aplikasi dan membiarkan ponsel menjadi dingin untuk sementara waktu, mode mengaktifkan dan mengurangi konsumsi baterai untuk seluruh grup.

Alternatif aplikasi penghemat baterai

Google perlahan-lahan menutup pintu ke Android ketika datang ke hal-hal seperti aksesibilitas, alat pengembang, dan sejenisnya. Oleh karena itu, aplikasi penghemat baterai yang sangat bagus hanya untuk pengguna root. Untungnya, ada beberapa trik kecil yang meningkatkan masa pakai baterai, apa pun perangkat yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa trik cepat dan mudah yang benar-benar berhasil:

1. Aplikasi dan pengaturan

Pengaturan
Pengaturan

Copot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan sehingga tidak berjalan di latar belakang dan menguras baterai Anda. Ini juga meningkatkan penyimpanan Anda.

Kurangi kecerahan layar. Ini terkadang tidak dapat dihindari dalam situasi tertentu, seperti di bawah sinar matahari langsung. Namun, semakin rendah kecerahan layar, semakin sedikit daya yang akan dikonsumsi layar. Monitor Anda biasanya merupakan sumber terbesar pengurasan baterai. Ini juga satu-satunya cara untuk menghemat masa pakai baterai yang berfungsi pada layar LCD.

Gunakan tema hitam, wallpaper, dll. pada layar OLED – Samsung, Google (dengan Pixel 2 XL dan Pixel 3 XL), LG (dengan V40 dan G8), dan beberapa menggunakan semacam layar OLED, POLED, atau AMOLED. Tampilan OLED tampak hitam, mengaburkan piksel individual di layar. Dengan demikian, penggunaan tema gelap, wallpaper, dan elemen lainnya memungkinkan bagian layar tetap terhalang sepanjang waktu. Secara keseluruhan, ini tidak menghemat banyak masa pakai baterai, tetapi setiap hal kecil membantu.

BACA JUGA:   Keluar dari Aplikasi Youtube

Gunakan mode hemat baterai di ponsel Anda. Sebagian besar produsen menyertakan mode hemat baterai yang tidak dapat direproduksi oleh aplikasi. Mereka cenderung kehilangan fungsionalitas dan kinerja, tetapi sangat meningkatkan masa pakai baterai. Sinkronisasi biasanya dinonaktifkan, menurunkan kecerahan dan resolusi layar, dan beberapa perangkat memiliki mode baterai yang menurunkan kecepatan jam CPU untuk penghematan baterai yang lebih baik.

Ubah pengaturan Android lainnya. Ada banyak pengaturan Android lain yang dapat Anda ubah selanjutnya.

2. Hindari penggunaan aplikasi dan alat tertentu

Getaran Smartphone
Getaran Smartphone

Jangan menggunakan game. Game seluler terkenal karena kemampuan menghabiskan baterainya. Mereka yang perlu memperpanjang masa pakai baterai dapat menunggu bermain game sampai mendapatkan pengisi daya atau sampai di rumah.

Gunakan Wi-Fi bila memungkinkan – koneksi seluler biasanya akan menguras baterai Anda lebih cepat daripada Wi-Fi. Semakin sedikit Anda menggunakan jaringan seluler, semakin baik. Ini memiliki manfaat tambahan menggunakan lebih sedikit data, yang merupakan keuntungan bagi mereka yang memiliki tarif terbatas.

Matikan koneksi yang tidak Anda gunakan – kita berbicara tentang hal-hal seperti Bluetooth, Wi-Fi, dll. Ini tidak sepenting dulu, tetapi ponsel Anda masih dapat mencari koneksi bahkan ketika Anda tidak ada. dengan salah satunya sehingga Anda dapat menghemat uang.

Jangan gunakan getaran – hal ini memerlukan motor getaran kecil untuk beroperasi dan menyebabkan getaran. Motor menguras baterai sepanjang hari. Matikan jika Anda bisa hidup tanpanya, atau setidaknya gunakan secukupnya. Kedengarannya tidak banyak, tetapi jika Anda mengaktifkan umpan balik haptic pada keyboard Anda dan kemudian memposting tweet penuh 260 karakter, itu artinya 260 kali motor getaran akan ponsel aktifkan.

Jangan gunakan aplikasi yang dipercepat – mereka bekerja dengan mencoba mematikan proses yang dapat menguras baterai Anda. Namun, karena cara kerja Android, proses ini dibuka kembali segera setelah ditutup. Seperti mobil, aplikasi menggunakan lebih banyak sumber daya sistem saat berjalan daripada saat berjalan di latar belakang. Dalam beberapa kasus, yang terbaik adalah membiarkannya sendiri.

Matikan 5G jika Anda bisa – 5G adalah teknologi data seluler terbaru. Teknologinya belum seefisien sejauh ini, dan sebagian besar waktu pasti menguras baterai Anda lebih cepat daripada 4G LTE. Opsi ini bukan untuk semua orang, tetapi mematikan 5G jika memungkinkan pasti dapat menghemat masa pakai baterai Anda. Bagaimanapun, di banyak bidang teknologi 5G tidak lebih cepat dari 4G.

Kesimpulan aplikasi penghemat baterai

Jika kami melewatkan salah satu aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android, beri tahu kami di komentar. Anda juga dapat mengklik di sini untuk daftar aplikasi dan game Android terbaru. Terima kasih sudah membaca.