Apa Itu Aplikasi

Apa Itu Aplikasi
Apa Itu Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Apa Itu aplikasi dan apa saja jenisnya. Perangkat lunak adalah bagian penting dari dunia teknologi tempat kita hidup dan dapat meningkatkan kehidupan, kesenangan, dan produktivitas seseorang. Perangkat lunak ini juga sering digunakan oleh perusahaan baik besar maupun kecil untuk meningkatkan produksi dan mempermudah pekerjaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu perangkat lunak, berbagai jenis perangkat lunak, dan contoh perangkat lunak yang umum digunakan saat ini.

Apa Itu Aplikasi

Apa Itu Aplikasi Google Play
Apa Itu Aplikasi Google Play

Aplikasi, kependekan dari “perangkat lunak”, adalah jenis perangkat lunak yang dapat kita instal dan kita jalankan di komputer, tablet, smartphone, atau perangkat elektronik lainnya. Perangkat lunak juga sering kita pahami sebagai perangkat lunak seluler atau bagian dari program yang terinstal dan komputer gunakan. Sebagian besar perangkat lunak memiliki fungsi yang spesifik dan sempit.

Misalnya, perangkat lunak pengiriman makanan mungkin hanya berguna untuk mengirim makanan dari restoran lokal dan tidak bisa kita gunakan untuk hal lain. Jadi, seperti belanja bahan makanan atau reservasi restoran. Saat ini, ada jutaan perangkat lunak yang tersedia dalam berbagai kategori seperti bisnis, produktivitas, belanja, dan juga perencanaan.

Perangkat lunak dapat menjadi sangat penting bagi pemilik bisnis dan bisnis karena sejumlah alasan, termasuk:

Ini dapat membantu pemilik bisnis menyebarkan perangkat lunak dengan cepat yang akan membantu perusahaan berjalan lebih efisien.

Lebih hemat biaya daripada bentuk perangkat lunak lainnya

Skala bisnis dapat kita perluas

BACA JUGA:   Menaikan Resolusi Foto Online

Dapat meningkatkan produktivitas perusahaan

Memungkinkan karyawan untuk melakukan tugas kerja di luar kantor

Menyediakan berbagai layanan kepada perusahaan termasuk akuntansi, manajemen inventaris, dan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan.

Link Google Play:

Google Play

Jenis Aplikasi

Ada beberapa jenis perangkat lunak yang tersedia untuk diunduh baik untuk bisnis maupun individu. Berikut adalah perangkat lunak paling populer yang digunakan saat ini:

1. Perangkat lunak website

DropBox
DropBox

Perangkat lunak web adalah perangkat lunak yang membutuhkan akses ke Internet untuk dapat menggunakannya sepenuhnya. Jenis perangkat lunak ini penulisannya dalam JavaScript, HTML5, atau CSS. Perangkat lunak web biasanya membutuhkan lebih sedikit memori pada perangkat pengguna karena database tersimpan di server Internet. Contoh perangkat lunak web termasuk Netflix, Google Documents, dan Dropbox.

Link DropBox:

Dropbox

2. Aplikasi Native

Apa Itu Aplikasi kalkulator iOS
Apa Itu Aplikasi kalkulator iOS

Perangkat lunakyang pengembang rancang untuk platform seluler disebut perangkat lunak Native. Misalnya, perangkat lunak yang pabrik buat untuk Apple iPhone hanya dapat Anda gunakan di perangkat Apple dan tidak akan berfungsi di ponsel jenis lain seperti Android. Jenis perangkat lunak ini terutama kita gunakan untuk memastikan kinerja maksimum dari sistem operasi seluler tertentu. Contoh perangkat lunak Native adalah perangkat lunak kalkulator di iPhone.

Link Kalkulator iPhone:

Kalkulator iPhone

3. Perangkat lunak Hybrid

Contoh Apps Hibrid Twitter
Contoh Apps Hibrid Twitter

Perangkat lunak hybrid adalah apk yang pengembang rancang untuk mendukung teknologi asli dan web. Dan juga merupakan campuran dari perangkat lunak web dan apps native. Perangkat lunak ini lebih mudah dan lebih cepat untuk pengembang bangun dan hanya menggunakan satu basis kode yang dapat kita integrasikan di berbagai platform. Namun, penting untuk kita catat bahwa perangkat lunak hybrid sering kali berkinerja lebih lambat daripada perangkat lunak asli atau perangkat lunak web.

BACA JUGA:   Cara Mencari Titik Koordinat yang Akurat

Link contoh Apps Hybrid Twitter:

Twitter

Cara Mendapatkan Aplikasi

Microsoft Store
Microsoft Store

Ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan perangkat lunak tergantung dari mana Anda ingin mengunduhnya. Untuk smartphone, maka pengguna dapat mengunduh perangkat lunak langsung dari app store yang sesuai dengan jenis perangkat seluler yang mereka miliki. Misalnya, jika Anda memiliki Apple iPhone, maka Anda dapat mengunduh perangkat lunak langsung dari App Store ke ponsel Anda. Untuk perangkat Android, pengguna juga dapat mengunduh perangkat lunak seluler dari Google Play Store dan Amazon Appstore.

Berikut adalah tempat tambahan tempat Anda dapat membeli dan mengunduh perangkat lunak seluler:

Microsoft Store

BlackBerry World

Windows Phone Store

Opera Mobile Store

Samsung Apps

Link Microsoft Store:

Microsoft Store

Kesimpulan

Untuk mengunduh software di komputer desktop, maka pengguna dapat mengakses software baik dalam sumber resmi maupun tidak resmi. Misalnya, pengguna desktop dapat mengunduh perangkat lunak dari sumber tidak resmi seperti FileHippo.com atau Softpedia. software desktop biasanya lebih banyak tersedia daripada sumber tidak resmi. Namun, ada banyak sumber resmi yang bergantung pada jenis desktop seseorang. Misalnya, pemilik Apple Mac dapat mengunduh software desktop dari Mac App Store.

Selain itu, software web juga dapat kita gunakan baik di perangkat seluler maupun komputer desktop. Anda biasanya tidak perlu mengunduh jenis apps ini. Namun, beberapa mesin telusur memiliki toko perangkat lunak sendiri, seperti software ekstensi yang hanya berfungsi di Google Chrome.

Jadi, itulah tentang apa Itu aplikasi, semoga bermanfaat.