Tips  

Download Aplikasi Versi Lama

Download Aplikasi Versi Lama
Download Aplikasi Versi Lama. Sumber Gambar: Google.com

3 Situs Web untuk download aplikasi versi lama [Pembaruan 2022]. Kita semua mungkin bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika kita mengunduh versi aplikasi yang lebih lama daripada hanya mendapatkannya dari App Store. Apakah akan menguntungkan kami dengan menyediakan akses ke fitur yang telah pengembang hapus, atau akankah kami merasa tidak nyaman dengan banyaknya bug yang masih ada pada aplikasi sebelum pembaruan?

Download aplikasi versi lama

Bagi sebagian orang, jawabannya mungkin tidak jelas, tetapi bagi Anda, itu hanya masalah apakah Anda ingin mencobanya atau tidak. Itu karena hari ini, kita akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat mengunduh aplikasi versi lama. Karena prosesnya akan sedikit rumit, mari kita mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang topik tersebut.

Mengapa Anda harus download aplikasi versi lama?

Sebagai permulaan, apakah Anda tahu mengapa banyak orang suka mengunduh aplikasi versi lama? Lagi pula, mengapa repot-repot melakukan ini jika Anda hanya dapat mengunduh versi saat ini. Untuk memberi Anda ide yang lebih baik, lihat alasan-alasan itu:

1. Fitur yang dihapus

Terkadang, pengembang membuat kesalahan dengan menghapus fitur yang terbukti sangat berguna bagi pengguna. Ini sering terjadi ketika pengembang tidak mendapatkan umpan balik yang komprehensif dari pengguna.

2. Bug yang baru muncul

Meskipun poin utama pembaruan adalah untuk memperbaiki bug, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa pembaruan memperkenalkan bug yang lebih buruk daripada yang sebelumnya.

3. Desain antarmuka

Antarmuka pengguna mungkin akan berubah setelah pembaruan, tetapi itu tidak berarti selalu menjadi lebih baik. Bahkan, ada kalanya user interface menjadi lebih sulit kita gunakan setelah mengalami perubahan.

Seperti biasa dengan perangkat, sistem operasi mungkin tidak dapat mengakomodasi perubahan dalam aplikasi, terutama jika pembaruan mencakup peningkatan kinerja, yang juga menyebabkan peningkatan konsumsi sumber daya.

4. Dukungan pelanggan

Beberapa aplikasi memiliki dukungan pengguna yang lebih baik dengan versi yang lebih lama daripada versi terbaru, terutama karena fakta bahwa versi yang lebih lama memiliki lebih banyak masalah daripada yang terbaru.

Terakhir, pembaruan cenderung menghadirkan iklan yang tak terhitung jumlahnya kepada pengguna yang sebelumnya tidak ada tanpa alasan sama sekali.

Sekarang setelah Anda memiliki beberapa wawasan tentang pentingnya topik ini, seharusnya lebih dapat dimengerti mengapa banyak orang ingin mengunduh aplikasi versi lama. Sayangnya, pengembalian tidak dapat Anda lakukan jika Anda menggunakan Google Play atau Apple Store. Singkatnya, Anda harus menggunakan sumber pihak ketiga. Namun sebelum itu, Anda belum sepenuhnya memahami bagaimana mempersiapkan prosesnya.

Persiapan untuk download aplikasi versi lama

Sebelum Anda mencoba mengunduh aplikasi versi lama, penting untuk dipahami bahwa ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Berikut adalah melihat prasyarat tersebut:

  • Aktifkan sumber tidak dikenal
  • Nonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis
  • Menghapus instalasi

Ketiganya adalah syarat yang harus Anda penuhi sebelum mempelajari cara mengunduh aplikasi versi lama. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita cari tahu bagaimana menyelesaikannya.

BACA JUGA:   Nama Efek Instagram Yang Bagus

1. Aktifkan sumber tidak dikenal

Perhatikan bahwa perangkat Anda tidak mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal secara default. Sumber tidak dikenal tersebut termasuk browser, aplikasi, pengelola file, dan lainnya. Karena kita akan berbicara tentang situs web, Anda harus mengaktifkan fitur ini, dan Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Di ponsel Anda, buka Pengaturan
  • Dari Pengaturan, buka Keamanan.
  • Gulir ke bawah hingga Anda melihat opsi yang mengatakan “Sumber tidak dikenal”, yang kemudian harus Anda aktifkan.

2. Nonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis

Selain mengaktifkan penginstalan melalui sumber yang tidak dikenal, Anda juga harus memastikan bahwa setelah mengunduh versi aplikasi yang lebih lama, aplikasi tidak diperbarui secara otomatis, jika tidak, apa yang telah Anda lakukan akan sia-sia. Inilah cara Anda dapat melakukannya:

  • Di perangkat Anda, luncurkan Google Play Store.
  • Di panel kiri aplikasi, ketuk tiga garis horizontal atau ikon hamburger.
  • Pilih Pengaturan dari menu yang muncul.
  • Di bagian Umum, temukan opsi untuk “Perbarui aplikasi secara otomatis” lalu ketuk.
  • Dari menu yang muncul, pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.

Ini akan memungkinkan Anda mengunduh aplikasi versi lama sesuai keinginan tanpa harus khawatir tentang pembaruan aplikasi secara otomatis. Namun, Anda masih akan menerima pemberitahuan tentang apakah pembaruan untuk aplikasi tersebut tersedia, meskipun Anda dapat menolaknya.

3. Copot pemasangan aplikasi yang diperbarui

Hal terakhir yang harus Anda lakukan sebelum men download aplikasi versi lama adalah mencopot pemasangan aplikasi yang dimaksud. Ini jelas agar Anda dapat menginstal versi lama dengan benar tanpa konflik. Sayangnya, Anda akan kehilangan data aplikasi saat melakukannya. Di sisi lain, Anda memiliki opsi untuk menyimpan data tersebut dengan mengikuti prosedur tertentu.

Kami menyebut prosedur seperti itu “sinkronisasi”. Ini termasuk memastikan bahwa data dari aplikasi saat ini tersimpan dari cloud. Anda biasanya dapat melakukan ini dengan masuk ke Pengaturan Anda, buka Akun, lalu pilih Google. Dari sana, pastikan sinkronisasi data aplikasi Anda aktifkan.

Setelah melakukan ini, Anda akan dapat menghapus aplikasi tanpa khawatir tentang apa pun. Tentu saja sangat mudah. Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi lalu mengirimkannya ke tempat sampah. Di beberapa perangkat, Anda harus mengklik ikon X setelah menekan dan menahan layar.

Sekarang setelah Anda mengetahui tiga prasyarat untuk menurunkan versi aplikasi, yang perlu Anda pelajari hanyalah cara melakukannya. Metode kami melibatkan penggunaan situs web untuk mengunduh aplikasi.

Jika Anda ingin menggunakan situs web semacam itu, kami sarankan Anda memeriksa internet Anda terlebih dahulu. Ini karena mengunduh dari situs web lebih lambat daripada mengunduh dari Google Play. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dengan situs web pertama kami.

Cara download aplikasi versi lama dengan APK4Fun

APK4Fun adalah repositori yang cukup populer tempat Anda dapat mengunduh aplikasi versi lama. Biasanya, di situlah orang mendapatkan berbagai aplikasi dalam bentuk file APK. Ini mirip dengan Google Play Store dan Apple Store, kecuali fakta bahwa itu memungkinkan Anda untuk mengunduh versi aplikasi apa pun, termasuk versi terbaru dan bahkan versi yang lebih lama.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengunduh file APK tanpa banyak kesulitan. Anda juga memiliki opsi untuk memilih dari versi yang berbeda, dan itulah mengapa kami memilih situs web ini untuk mengunduh aplikasi versi lama.

Inilah cara Anda dapat mengakses repositori APK4Fun dan mengunduh versi aplikasi apa pun yang Anda pilih:

  • Buka situs web melalui tautan ini: https://www.apk4fun.com/.
  • Pada halaman, klik pada bilah pencarian yang seharusnya terletak di sudut kanan atas halaman.
  • Masukkan nama aplikasi yang ingin Anda unduh.
BACA JUGA:   Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan VLOOKUP

Gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar file APK dengan tanggal berbeda yang ditunjukkan. Ini adalah riwayat versi aplikasi. Pilih versi yang ingin Anda unduh. Harus ada detail tentang versi itu jika Anda ingin mengetahuinya secara detail..

Cukup itu saja yang perlu Anda ketahui tentang APK4Fun. Ini mungkin bukan yang terbaik, tetapi masih perlu kita pertimbangkan ketika mencoba mengunduh aplikasi versi lama.

Cara mengunduh aplikasi versi lama di APKMirror

APKMirror agak terlalu mirip dengan APK4Fun. Di sinilah Anda dapat menemukan aplikasi populer dan menemukan versi aplikasi lama melalui file APK. Klaim mereka adalah bahwa Anda bisa mendapatkan versi lama seperti yang rilis 2 tahun lalu, meskipun Anda mungkin tidak akan menemukan yang lebih lama dari itu.

Mungkin inilah perbedaan antara keduanya, karena aplikasi APK4Fun tidak terdapat peringkat dan sebagian besar versi penerbitnya adalah pakar anonim. Di sisi lain, keduanya berbagi proses yang sama untuk mengunduh aplikasi versi lama.

  • Pertama, Anda hanya perlu pergi ke situs web yang seharusnya memiliki tautan ini: https://www.apkmirror.com/.
  • Setelah Anda berada di sini, buka bilah pencarian lalu masukkan nama aplikasi.
  • Di halaman aplikasi, Anda akan melihat tombol LIHAT APK yang TERSEDIA, yang kemudian harus Anda klik.
  • Sekarang temukan versi yang Anda sukai dan unduh file itu.

Ini harus semudah mungkin untuk Anda karena Anda sudah memiliki gambaran tentang bagaimana prosesnya. Dengan itu, mari kita menuju entri terakhir untuk artikel ini.

Cara download aplikasi versi lama di uptodown

uptodown adalah repositori yang sangat populer untuk aplikasi yang tak terhitung jumlahnya dari platform yang berbeda. Itu bisa berasal dari platform seperti iOS, Mac, Android, dan bahkan platform yang kurang kita kenal seperti Ubuntu dan aplikasi web lainnya.

Sayangnya, sepopuler itu, itu hanya menampung aplikasi populer. Tetapi mencari aplikasi seharusnya tidak menjadi masalah. Inilah cara Anda dapat mengunduh aplikasi versi lama melalui platform populer, uptodown.

  • Masukkan tautan https://en.uptodown.com/android di bilah pencarian dan kemudian tekan enter untuk membuka situs web resmi uptodown.
  • Klik pada bilah pencarian di sudut kiri atas platform.
  • Di sini, ketikkan nama aplikasi yang Anda cari.
  • Pilih aplikasi untuk membuka halamannya.
  • Di halaman aplikasi, klik tombol Versi yang seharusnya ada di bagian bawah unduhan hijau besar
  • Pilih versi yang Anda inginkan. Ini akan membawa Anda ke halaman unduhan yang secara otomatis akan memulai proses pengunduhan.

jika kita bandingkan dengan dua opsi lainnya, maka opsi ini akan sedikit lebih mudah karena antarmukanya bersih dan intuitif. Dengan itu, kami memiliki tiga pilihan untuk mengunduh aplikasi versi lama menggunakan sumber atau situs web pihak ketiga.

Kata-kata terakhir

Jadi, memang tidak ada aplikasi yang hanya tersedia dalam satu versi. Semua aplikasi dan bahkan program memiliki versi yang berbeda, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri. Dalam beberapa kasus, versi terbaru telah mengalami perkembangan yang berlawanan dan malah menjadi terdegradasi.

Jika ini terjadi pada Anda, Anda mungkin ingin download aplikasi versi lama. Ini mungkin tidak umum, tetapi masih mungkin. Dan itu terutama berlaku untuk Anda sekarang setelah Anda mengetahui berbagai situs web tempat Anda dapat mengunduh file APK.