Translate Menggunakan Foto

  • Bagikan
Translate Menggunakan Foto
Translate Menggunakan Foto. Sumber Gambar: Blog.Google.com

Translate menggunakan foto dengan Google Terjemahan. Di dunia digital ini, semuanya dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah – tidak terkecuali penerjemahan. Google Translate sudah ada sejak tahun 2004, ketika alat terjemahan online masih belum terlalu populer, dan hasil terjemahan Google Translate masih relatif kaku bahkan tidak akurat.

Translate menggunakan foto

Saat ini, Google Terjemahan telah membuat langkah signifikan dalam menghadirkan teknologi pembelajaran mesin. Hal ini membuat kualitas terjemahan mendekati terjemahan manusia, karena alat terjemahan online ini menggunakan sukarelawan manusia untuk mengembangkan tingkat akurasi hasil terjemahan.

Nah, kecanggihan tidak hanya sampai di situ – Google Translate juga mampu menerjemahkan tidak hanya dokumen tetapi juga gambar yang berisi teks. Wah, bagaimana? Kali ini Kami akan membahas tentang cara menerjemahkan gambar dengan Google Translate untuk mempermudah bisnis Anda. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Translate menggunakan foto menggunakan Android

Jadi Google Translate masih menyediakan fitur terjemahan gambar ini untuk perangkat Android dan iPhone. Bagi Anda yang menggunakan perangkat Android, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan fitur terjemahan lanjutan ini.

  1. Instal Google Terjemahan di Google Play Store

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah mendownload aplikasi Google Translate jika belum terpasang di perangkat Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi terjemahan yang dibuat oleh perusahaan pencari raksasa ini melalui Google Play Store atau melalui tautan ini.

Tunggu hingga instalasi selesai dan buka aplikasinya. Anda harus memasukkan bahasa utama yang paling sering Anda gunakan, misalnya bahasa Indonesia. Kemudian, ada beberapa izin yang perlu Anda berikan, terutama kamera.

  1. Pilih menu Kamera

Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat menekan tombol kamera untuk mulai menerjemahkan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan seperti Instant, Scan dan Import. Jika Anda memilih Instan, Anda dapat menerjemahkan teks apa pun yang terdeteksi oleh kamera secara real time, langsung di layar.

Sedangkan jika Scan dipilih, aplikasi akan memindai dokumen untuk mendeteksi tulisan. Anda kemudian dapat memilih sebagian atau seluruh teks yang akan Anda terjemahkan. Bedanya dengan opsi Instan, Anda bisa memilih hasil terjemahan untuk nanti di copy-paste atau diedit.

  1. Pilih menu impor

Nah, opsi terakhir ini yang bisa membuat Anda menerjemahkan gambar, yakni Import. Impor akan menyertakan gambar atau foto yang disimpan di galeri yang akan Anda pindai menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition).

Jadi, pilih menu Impor untuk memilih gambar yang teksnya ingin Anda terjemahkan. Bidang kecil akan muncul di sekitar teks. Anda dapat menandai bagian mana pun dari teks yang ingin Anda terjemahkan dengan sentuhan jari.

  1. Ketuk panah terjemahan

Setelah Anda selesai menandai posting, silakan ketuk panah yang terlihat di atas. Anda akan masuk ke halaman antarmuka Google Translate dengan teks awal di bagian atas dan hasil terjemahan di bagian bawah.

Terkadang, hasil deteksi Google Terjemahan mungkin tidak akurat. Misalnya, kata “makan” dapat terbaca sebagai “momakan”. Hal ini ada pengaruh sudut pengambilan foto, resolusi gambar, dan jenis font yang terdapat dalam gambar.

Jika kesalahan ini hanya kecil, Anda dapat mengedit posting asli dan memperbaikinya satu per satu. Jika ada banyak, Anda mungkin perlu memotret dari sudut lain.

Nah, pada tahap ini, Anda sudah berhasil menerjemahkan gambar. Anda dapat mengedit, menyalin, atau membagikan terjemahan sesuai keinginan. Tidak sulit, bukan?

Tips translate menggunakan foto menggunakan Google Terjemahan

Teknologi yang terdapat pada aplikasi Google Translate memungkinkan kita untuk menerjemahkan gambar dengan mudah. Namun, ada kalanya proses ini terganggu karena kata-kata yang aplikasi temukan ternyata salah.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar proses penerjemahan gambar menjadi optimal.

  1. Perhatikan sudut saat memotret

Sudut pemotretan akan mempengaruhi keterbacaan teks. Jika Anda memotret pada sudut atau jarak yang tidak maksimal, ukuran karakter dalam gambar akan tidak konsisten.

Ini menyulitkan aplikasi untuk mendeteksi pengetikan. Usahakan mengambil posisi lurus saat memotret.

  1. Pastikan keterangan gambar terbaca dengan jelas

Selain sudut, ada beberapa hal lain yang menyebabkan tulisan gambar tidak terbaca dengan jelas. Misalnya, ada sedikit guncangan saat Anda mencoba mengambil foto yang menyebabkan tulisan menjadi buram.

Karena ada beberapa karakter yang mirip (seperti huruf “q” dan “g”), tingkat kejelasan yang memadai kita perlukan untuk mendeteksinya dengan benar. Jadi coba tunggu sebentar agar kamera fokus, lalu ambil gambar.

  1. Buat kontras yang lebih besar dari warna latar belakang dan teks

Nah, ada hal lain yang membuat sulit mendeteksi tulisan gambar dengan benar. Jika warna teks dan latar belakang hampir sama dan difoto dalam kondisi minim cahaya, aplikasi akan kesulitan mengenali teks.

Anda dapat mengedit foto agar teks dan warna latar belakang lebih kontras atau membuatnya menjadi hitam putih agar lebih terlihat.

  1. Lebih baik dipindai daripada difoto

Membaca gambar yang merupakan hasil fotografi lebih mungkin sulit untuk terdeteksi karena hal-hal yang kami jelaskan sebelumnya – sudut foto, pencahayaan, dan sebagainya.

Solusi yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan scanner / pemindai perangkat keras dari dokumen yang ingin Anda terjemahkan. Meski tidak sepraktis fotografi yang tidak membutuhkan alat khusus, namun penggunaan scanner dijamin akan menghasilkan gambar dengan tulisan yang jelas dan terbaca.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemindai di ponsel Anda untuk menyesuaikan sudut secara otomatis, tetapi ini masih belum seefektif menggunakan pemindai asli.

Kesimpulan translate menggunakan foto

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerjemahkan gambar menggunakan Google Translate. Sayangnya, cara ini hanya bisa Anda lakukan di perangkat Android dan iOS.

Kami berharap di masa mendatang Google Translate akan menghadirkan fitur ini ke PC Anda, baik itu di situs webnya atau dengan menerbitkan aplikasi khusus. Nah, bagi kamu yang sudah mencobanya, kamu bisa berbagi pengalamanmu di kolom komentar. Bagi yang belum punya, selamat mencoba!

  • Bagikan