Cara Melihat Tipe HP Samsung

  • Bagikan
Cara Melihat Tipe HP Samsung
Cara Melihat Tipe HP Samsung. Sumber Gambar: Google.com

Cara melihat tipe HP Samsung dengan cepat dan mudah. Di era digital saat ini, setiap tahun selalu ada varian smartphone, terutama smartphone dengan sistem operasi Android. Melihat perkembangan smartphone dengan sistem operasi Android yang semakin cepat membuat sebagian orang bingung dengan jenis smartphone yang mereka gunakan atau mungkin orang lain.

Cara melihat tipe HP Samsung

Bahkan, kebanyakan orang ketika kita tanya tentang jenis smartphone akan menjawab nama merek atau mengingat bentuk logo di bagian belakang casing smartphone.

Misalnya, mengetahui jenis ponsel, Anda dapat membandingkannya dengan smartphone merek yang sama, tetapi jenisnya berbeda. Tidak hanya itu, jika suatu saat ingin menjual smartphone, Anda pasti perlu mengetahui jenis dan spesifikasi smartphone yang akan Anda jual.

Mengetahui jenis smartphone, Anda juga bisa mengukur performanya, melihat jajaran hardware yang terpasang dan berbagai fungsi yang ada di smartphone tersebut. Atau, Anda hanya ingin lebih mengenal smartphone yang Anda gunakan.

Namun, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui cara mengecek jenis smartphone yang mereka pegang.

Untuk melihat tipe smartphone Samsung bisa Anda lakukan dengan cepat dan bisa Anda lakukan secara mandiri. Lantas, bagaimana langkah-langkah untuk melihat tipe smartphone Samsung? Carisignal akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, tentu saja dengan cara yang mudah kita ikuti. Yuk, langsung saja simak uraiannya di bawah ini!

Cara melihat tipe HP Samsung dari Kardus

Setidaknya ada dua tipe orang di dunia ini, yaitu orang yang membuang casing ponsel setelah membelinya dan orang yang menyimpan casing ponsel setelah membelinya. Selamat bagi yang masih memiliki casing handphone, karena hal ini akan memudahkan anda jika ingin melihat jenis smartphone yang anda miliki. Biarkan seperti ini.

Cari casing smartphone (Samsung) yang Anda simpan.

Selanjutnya perhatikan setiap sisi kartu, mulai dari tulisan hingga stiker, karena penjual ponsel biasanya mencantumkan jenis ponsel di sana.

Misalnya seperti yang tertera pada kartu Samsung berikutnya.

Jika tulisan atau stiker pada karton memudar, Anda dapat membuka buku petunjuk atau kartu garansi untuk melihat tipe Samsung yang Anda miliki.

Bisa Anda bilang cara ini sangat mudah, jadi Anda harus menyimpan box Samsung Anda.

Cara melihat tipe HP Samsung dari menu pengaturan

Jika Anda sedang jauh dari rumah dan tidak dapat menjangkau casing smartphone, Anda bisa menggunakan cara ini untuk melihat atau mengecek tipe Samsung yang Anda gunakan. Caranya tidak memakan waktu lama dan mudah.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka menu setting atau pengaturan Gearbox.

Setelah Anda menemukan ikon dari menu Pengaturan, klik di atasnya dan buka menu.

Kemudian cari menu About Device atau Phone, biasanya di bagian bawah. Jika tidak menemukan menu, Anda dapat menggunakan kotak pencarian di atas menu pengaturan, lalu ketik Tentang perangkat atau Telepon.

1. Pengaturan menu

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan informasi tentang perangkat lunak atau perangkat lunak mulai dari status, informasi hukum, nama perangkat, nomor model, informasi perangkat lunak, dan informasi baterai.

Pada menu Status Anda akan melihat informasi mengenai IMEI, IP address, Bluetooth address, serial number, hingga status perangkat apakah itu resmi atau tidak.

Sedangkan di menu informasi software Anda bisa melihat versi Android, versi Baseband, versi kernel, nomor versi, SE for Android dan versi Knox.

Pada tutorial kali ini Carinyal menggunakan smartphone Samsung Galaxy J2 Prime dengan nomor model SM-G532G/DS dengan sistem operasi Android versi 6.0.1 atau Marshmallow.

2. Tentang perangkat

Setelah mendapatkan nomor model, Anda dapat menelusuri browser dengan kode / nomor model untuk mengetahui jenis ponsel Samsung yang Anda miliki.

Cara melihat tipe HP Samsung melalui Google

Tidak hanya itu, dengan menu pengaturan atau Settings Anda dapat menemukan informasi tentang baterai seperti ukuran atau kapasitas baterai, level baterai dan status baterai ponsel Samsung Anda.

Pengetahuan tentang Tipe Samsung melalui Kode Rahasia

Apakah Anda tahu? Bahwa setiap jenis smartphone besutan Samsung ternyata memiliki kode rahasia yang dapat mengakses berbagai fitur dan fungsi tersembunyi di dalamnya. Misalnya, Anda dapat mengetahui jenis Samsung yang Anda miliki.

Kode rahasia Samsung dapat Anda akses dengan cara yang mudah dan sederhana, yaitu melalui menu panggilan atau menu Telepon dari Samsung yang Anda gunakan. Untuk melihat tipe Samsung melalui Kode Rahasia, lihat cara berikut.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui Tipe Samsung Anda dengan kode Rahasia adalah dengan masuk ke menu Call atau menu Phone, yang biasanya ikon menu panggilan di kiri bawah layar.

Kemudian masukkan kode *#1234#, lalu klik tombol panggil. Anda tidak perlu khawatir kehilangan pulsa karena layanan ini dapat dinikmati secara gratis.

Anda kemudian akan otomatis melihat menu Version, yang berisi AP (Application Processor), CP (Basic Processor), dan CSC (Customer Software Customization).

Periksa kode rahasia Samsung

Portal Stack Exchange menjelaskan bahwa CSC (Customer Software Customization) adalah wilayah geografis dan nomor khusus operator, yang berisi paket perangkat lunak khusus wilayah, merek operator, dan pengaturan APN.

Setelah Anda mengetahui kode jenis Samsung, buka browser.

Silakan buka Google dan masukkan kode jenis Samsung yang Anda terima. Maka Anda akan melihat tipe Samsung Anda.

Melalui aplikasi CPU-Z

Menurut portal resmi, CPU-Z adalah alat gratis yang dapat mendeteksi dan menampilkan semua data pada perangkat keras dan prosesor komputer. Jadi, ada versi untuk Microsoft Windows dan Android. Kemampuannya dapat mendeteksi CPU, RAM, chip motherboard dan fitur perangkat keras lainnya.

Cara melihat tipe HP Samsung juga bisa kita lakukan lewat aplikasi ini.

Aplikasi CPU-Z dapat Anda instal pada smartphone Android seperti Samsung, sehingga Anda dapat melihat jenis Samsung yang Anda miliki. Langkah selanjutnya untuk melihat tipe Samsung dengan aplikasi CPU-Z

Pastikan Anda memiliki aplikasi CPU-Z yang Anda unduh dari Play Store. Jika belum, unduh terlebih dahulu. Ukuran aplikasi ini sangat kecil, tidak lebih dari 5 Mb.

Setelah mengunduh, Anda dapat mematikan data seluler karena aplikasi dapat Anda gunakan secara offline atau offline.

Buka aplikasi dan Anda akan diperlihatkan informasi lengkap tentang ponsel. Anda tidak perlu mengisi data apa pun, cukup klik pada aplikasi.

Aplikasi menu CPU-Z

Halaman aplikasi memiliki beberapa menu seperti SOC, Device, System, Battery, Thermal, Sensors dan About. Setiap menu memiliki informasi dan deskripsi yang berbeda.

Itu tadi beberapa cara cek tipe samsung, mudah kan? Buat Anda yang punya cara lain untuk mengecek tipe smartphone kamu khususnya Samsung bisa komen di kolom di bawah ini. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan