Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum
Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum. Sumber Gambar: Google.com

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G Atau Belum

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum tercepat 2022. Penting banget untuk kita tahu apakah kartu Telkomsel yang kita pakai sudah support jaringan 4G atau belum. Hal ini karena mengingat jaringan 4G memiliki kecepatan akses internet yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan 3G.

Meski saat ini kartu Telkomsel sudah mendukung jaringan 4G, bukan berarti semuanya kan. Karena kemungkinan ada pengguna lama yang masih menggunakan kartu Telkomsel pada tahun 2010 atau sebelum adanya layanan 4G.

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum

Oleh karena itu, disini saya akan membagikan review cara cek kartu telkomsel anda sudah 4G atau masih 3G. Jika Anda tertarik, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Memeriksa apakah kartu Telkomsel Anda 4G atau tidak dapat Anda lakukan dengan tiga cara sederhana. Mulai dari pengecekan fisik kartu Telkomsel, menggunakan kode Dial khusus dan melalui aplikasi resmi.

Silakan pilih metode mana yang ingin Anda gunakan.

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum termudah

  1. Melalui kartu Telkomsel fisik

Cara termudah pertama ketika Anda ingin memastikan kartu Telkomsel Anda 4G atau tidak adalah dengan memeriksa fisik kartu secara langsung. Karena umumnya semua kartu Telkomsel yang sudah mendukung jaringan 4G akan memiliki label di bagian fisik kartu.

Mohon dapat Anda cabut kartu Telkomsel dari ponsel agar dapat melihat label 4G. Nah, jika ternyata label 4G tidak tertera pada kartu Telkomsel yang Anda gunakan, berarti kartu tersebut tidak mendukung jaringan 4G.

Sedikit tambahan, biasanya jika sudah menggunakan Telkomsel Nano SIM berarti kartu tersebut sudah mendukung 4G.

Solusinya tentunya dengan mengupgrade kartu SIM ke 4G agar bisa menikmati layanan internet lebih cepat. Untuk caranya akan saya jelaskan di akhir pembahasan ya?

  1. Menggunakan kode panggilan

Jika Anda ingin memastikan bahwa kartu Telkomsel yang Anda gunakan mendukung 4G atau tidak, mungkin Anda dapat mencoba menggunakan awalan berikut.

Namun, awalan yang akan kita gunakan di sini bukan yang berasal dari direktori Telkomsel TM, kan? Namun khusus untuk mengecek informasi status kartu sudah 4G atau 3G lagi.

Caranya juga tidak sulit kok:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon.
  • Selanjutnya masukkan kode *888*47#.
  • Kemudian pilih Call with Telkomsel SIM.
  • Pilih Verifikasi kartu dengan memasukkan nomor Telkomsel Anda.
  • Kemudian pilih nomor 1 untuk Verifikasi 4G.

Selesai.

Setelah itu, Telkomsel akan mengirimkan notifikasi mengenai status kartu yang mendukung 4G atau masih 3G.

  1. Melalui aplikasi MyTelkomsel

Selain bisa menukarkan poin Telkomsel, melalui aplikasi resmi kita juga bisa mengetahui status kartu yang Anda gunakan. Tapi pastikan dulu Anda sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel dan juga login menggunakan nomor Telkomsel Anda.

Namun jika belum, Anda bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Playstore di ponsel Anda. Jangan lupa juga buat akun menggunakan nomor Telkomsel yang akan Anda cek statusnya.

Jika sudah, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Setelah Anda buka, maka Anda akan mendapat berbagai informasi.
  • Untuk memverifikasi bahwa kartu Anda mendukung 4G, lihat simbol “4G Ready” pada halaman utama di atas.

Jika simbol 4G Ready ada di halaman utama, berarti kartu Telkomsel Anda mendukung jaringan 4G.

Namun jika tidak ada, kemungkinan kartu tersebut tidak mendukung jaringan 4G Telkomsel.

Selesai.

Solusinya tentunya harus mengupdate kartu Telkomsel terlebih dahulu agar bisa memanfaatkan layanan 4G.

Cara upgrade kartu 3G Telkomsel ke 4G

Bisakah kita mengubah kartu Telkomsel 3G menjadi 4G? Tentu saja bisa, sekarang kita bisa mengupgrade kartu 3G kita ke 4G tanpa harus mengganti nomor yang lama.

Untuk caranya, Anda hanya perlu datang langsung ke Outlet Telkomsel yang tersedia di dekat tempat tinggalmu masing-masing. Selanjutnya, Anda hanya perlu melampirkan informasi identitas yang Anda gunakan saat pertama kali mendaftar di kartu Telkomsel.

Nah, jika menurut Anda sulit atau Galeri Telkomsel terlalu jauh dari tempat tinggal Anda, maka masih ada cara yang bisa Anda coba lakukan. Artinya, dengan membeli kartu Telkomsel kosong, biasanya ada di toko online. Setelah itu, kartu kosong hanya perlu Anda daftarkan menggunakan nomor kartu Telkomsel yang lama.

Kesimpulan cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum

Itulah beberapa cara mengecek kartu Telkomsel apakah 4G atau 3G yang bisa saya rangkum hari ini. Silahkan Anda bisa memilih cara cek kartu Telkomsel yang paling mudah.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …