Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil
Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil. Sumber Gambar: Google.com

Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil – Jaringan 4G dari berbagai provider jaringan di Indonesia kini telah menyebar ke berbagai kota, tidak terkecuali tingkat kelurahan, kecamatan dan kelurahan. Tak hanya itu, kini fiturnya juga banyak, baik smartphone maupun perangkat lain yang sudah mendukung jaringan 4G. Namun tidak jarang jaringan ini sering hilang atau tidak stabil.

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil

Di daerah pedesaan atau kota kecil, terkadang sinyal 4G hilang seketika. Dan itu terjadi tidak hanya di satu operator seluler, tetapi juga di hampir semua operator seluler, baik itu Telkomsel, XL, Axis, Indosat, Tri atau Smartfren.

Saat ini operator seluler sering juga memberikan tambahan kuota internet yang hanya bisa digunakan di sinyal 4G, akibatnya ketika sinyal 4G terputus kita tidak bisa lagi terkoneksi internet karena tidak memiliki kuota internet untuk 2G atau 3G sinyal.

Sebagai pengguna, kita tidak bisa berbuat banyak ketika sinyal yang kita miliki tidak stabil. Bahkan melapor ke operator yang bersangkutan terkadang akan sia-sia karena terkadang mereka tidak memberikan solusi, mereka hanya mendengarkan keluhan kita.

Tips cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil yang mudah

Kami akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan sinyal 4G yang stabil. Itulah tips sederhana yang bisa kita lakukan. Namun perlu diingat bahwa panduan ini tidak akan mempengaruhi sinyal operator secara signifikan, ini hanya akan sedikit meningkatkan perolehan sinyal pada perangkat atau gadget kita. Jadi, jika pada dasarnya sinyal operator hilang, tidak ada sinyal atau bahkan ada gangguan, maka seluruh cara ini akan sia-sia. Dan berikut adalah tipsnya.

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil di Android atau iOS:

  1. Pergi ke luar ruangan

Sinyal sebenarnya bisa masuk ke dalam ruangan tetapi dalam situasi khusus seperti pada bangunan yang memiliki bahan baja, seng dan logam lainnya sinyalnya akan kurang bagus karena sulitnya menembus bahan logam tersebut. Untuk mencari jaringan yang lebih normal, maka bisa mencoba menvari sinyal ke luar ruangan.

  1. Mulai ulang perangkat

Selanjutnya, cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil dengan restart. Internet lambat mungkin bukan karena jaringan tetapi juga karena perangkat yang kita gunakan lambat atau lemot. Ternyata, salah satu alasan mengapa fitur smartphone lambat adalah karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan terlalu banyak cache aplikasi. Maka, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan me-restart smartphone.

  1. Perbarui

    jaringan dengan mode pesawat

Hampir semua smartphone kini memiliki fitur mode pesawat. Dengan mengaktifkan pesawat bentuk ini, semua jaringan akan dinonaktifkan, termasuk jaringan seluler. Aktifkan mode pesawat di smartphone Anda, tunggu beberapa saat, lalu matikan kembali mode pesawat. Ini akan memperbarui jaringan sehingga rata-rata jaringan internet juga lebih normal.

  1. Manfaatkan pengaturan khusus 4G

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil dengan memanfaatkan pengaturan di perangkat. Jadi, di beberapa smartphone ada pengaturan untuk memungkinkan kita menggunakan jaringan 4G saja. Dengan begitu smartphone atau fitur yang kita gunakan akan selalu menggunakan jaringan 4G agar jaringan lebih normal, karena tidak turun ke 3G atau HSDPA. Namun yang jelas, saat kita berada di area yang tidak terjangkau jaringan 4G, fitur yang kita gunakan akan hilang.

  1. Manfaatkan aplikasi penguatan sinyal

Orang awam tidak boleh menggunakan penguat sinyal atau amplifier. Namun larangan ini hanya berlaku untuk penguat sinyal yang berupa perangkat keras tetapi tidak untuk aplikasi atau aplikasi. Karena penggunaan penguat sinyal dalam bentuk aplikasi hanya berdampak kecil, biasanya berfungsi untuk memperbarui jaringan secara otomatis. Anda bisa mendownload aplikasi penguat sinyal di google playstore (android) atau appstore (ios). Jadi, ada banyak jenis aplikasi semacam ini, Anda bisa mencobanya satu per satu.

Kesimpulan cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil

Jadi, demikian pembahasan cara mengatasi jaringan 4G yang tidak stabil yang kami rangkum. Semoga tips sederhana ini bisa Anda gunakan agar sinyal 4G smartphone atau perangkat Anda lebih stabil.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …