Cara Melacak HP Samsung yang Hilang
Cara Melacak HP Samsung yang Hilang. Sumber Gambar: blog-nouvelles-technologies.fr

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Cara melacak HP Samsung yang hilang (Update) 3 metode. Bagaimana cara melacak ponsel Samsung yang hilang? Samsung adalah salah satu penyedia ponsel dan elektronik paling populer. Memiliki smartphone mahal menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang.

Cara melacak HP Samsung yang hilang

Oleh karena itu, handphone merupakan suatu benda yang berharga sekaligus diperlukan bagi setiap orang. Apalagi jika kita kehilangan HP, jelas membuat kita gugup mencarinya. Belum lagi kami menyimpan banyak data penting baik untuk urusan pekerjaan maupun pribadi.

Mengingat begitu pentingnya peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita para pengguna harus bijak dalam memberikan perlindungan terhadap smartphone kita.

Yang paling penting adalah membuat cadangan ponsel Anda. Kita bisa melakukan backup dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan aplikasi Google Photos sebagai pendukung backup video dan foto ke perangkat smartphone.

Bagaimana cara melacak HP Samsung yang hilang?

Apapun jenis merek smartphone yang kita gunakan, baik berbasis iOS, Android atau bahkan Windows Mobile, masing-masing menawarkan fitur untuk memantau ponsel.

Ada banyak cara untuk melacak ponsel atau smartphone yang hilang, biasanya tergantung pada fitur yang disediakan oleh masing-masing pabrikan HP itu sendiri, termasuk sistem operasi atau sistem operasi yang dibangun di dalamnya.

Samsung sendiri merupakan penyedia ponsel yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan kini Samsung sendiri bersaing ketat dengan iPhone untuk menggaet pengguna ponsel.

Tak hanya itu, Samsung yang terintegrasi dengan sistem operasi Google Android kini menjadi raja ponsel di dunia yang juga menyandang predikat HP sejuta umat hingga saat ini.

Seperti yang kita ketahui, kehilangan ponsel sama dengan kehilangan gaya hidup, kehilangan teman bahkan data pribadi.

Berbeda dengan era Blackberry atau Nokia yang berkuasa saat itu, semua produk ponsel berbasis Android, Windows dan iOS dilengkapi dengan fungsionalitas untuk melacak ponsel, jika terjadi pencurian atau kehilangan ponsel. Tidak ada pengecualian untuk pemasok Samsung.

Samsung menawarkan cara untuk melacak ponsel Samsung yang hilang dengan menawarkan fitur Find My Mobile. Agar lebih mudah dalam penggunaannya, berikut kita simak penjelasannya berikut ini.

Cara melacak HP Samsung yang hilang tanpa dan dengan Aplikasi

Cara melacak HP Samsung yang hilang sebenarnya sangat sederhana. Berbagai cara juga telah kami rangkum menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau aplikasi bebas yang bisa Anda coba sesuka hati. Metode dan langkah sederhana untuk melacak lokasi ponsel Samsung yang hilang meliputi:

1. Menggunakan Find My Mobile

Metode pertama yang dianggap efektif jika ponsel Samsung kita hilang adalah dengan menggunakan situs web Samsung Find My Mobile. Situs web ini dirancang khusus untuk melacak ponsel Samsung yang hilang.

Cara Penggunaan :

Pada tahap awal, Anda bisa menyiapkan smartphone lain, baik itu smartphone pinjaman maupun milik Anda sendiri. Jika Anda memiliki laptop / komputer di rumah, Anda juga dapat menggunakannya.

  • Cukup buka situs web https://findmymobile.samsung.com
  • Masuk menggunakan akun Samsung di ponsel Anda yang hilang.
  • Biarkan situs web melakukan tugasnya untuk melacak lokasi ponsel Samsung Anda.
  • Kemudian, setelah beberapa saat, web akan segera menampilkan di mana ponsel Samsung Anda berada.

Tampilannya sendiri berupa Maps atau Maps, jadi Anda perlu memahami cara membaca peta lokasi untuk menemukan ponsel Samsung Anda.

2. Menggunakan Android Device Manager

Cara kedua untuk melacak ponsel Samsung yang hilang adalah dengan menggunakan Android Device Manager / Pengelola Perangkat Android. Sama seperti sebelumnya, untuk mengetahui dimana letak HP Samsung yang hilang, kita diharuskan mengunjungi sebuah website, langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pinjam smartphone Android teman / keluarga Anda. Atau bisa menggunakan laptop/komputer jika ada di rumah.
  • Untuk memulai langkah-langkahnya, buka browser di perangkat yang Anda gunakan saat ini. Disarankan agar Anda membuka Google Chrome.
  • Kemudian, kunjungi situs web Pengelola Perangkat Android dengan tautan URL www.google.com/android/devicemanager
  • Masuk menggunakan Akun Google yang tertanam di ponsel Samsung yang hilang.
  • Setelah itu, website akan langsung menampilkan lokasi HP Samsung Anda yang hilang secara detail dengan peta dan titik lokasi.
  • Klik pada titik lokasi yang tampil, maka Google Maps akan mengarahkan Anda untuk mengarahkan Anda ke lokasi ponsel Anda.

Jika titik lokasi masih ada di rumah Anda, kemungkinan itu tersembunyi. Sekarang Anda dapat mengklik MAINKAN SUARA di situs web Pengelola Perangkat Android untuk membuat ponsel Anda berdering. Perangkat Anda akan terus berdering selama 5 menit meskipun mati.

Jika Anda khawatir, web Pengelola Perangkat Android juga menyediakan fitur kunci telepon. Klik saja SAFE DEVICE agar perangkat yang hilang otomatis terblokir dan log out dari semua akun Google Anda,

3. Menggunakan Google Find My Device

Ada cara sederhana lain untuk membantu Anda melacak HP Samsung yang hilang, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Google Find My Device. Kerugian dari metode ini adalah kita harus memiliki setidaknya 2 ponsel Android. Karena kita harus mendownload dan menginstall aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Lihat panduan langkah demi langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Google Find My Device di perangkat Android Anda yang lain (yang sedang Anda gunakan).
  • Setelah terinstal, Anda dapat langsung membuka dan menjalankan aplikasi tersebut.
  • Masuk menggunakan akun Google di ponsel Samsung yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi melakukan tugasnya.
  • Setelah itu, aplikasi Find My Device Google akan langsung menunjukkan lokasi HP Samsung Anda yang hilang.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengecek dan mengetahui lokasi HP Samsung Anda.

Mungkin begitu, sekarang apa? Sudahkah Anda menemukan ponsel Samsung Anda menggunakan metode di atas? Jika sudah menemukannya, share/bagikan artikel ini ke teman-teman yang membutuhkan ya gan.

Demikian ulasan lengkap tentang cara melacak hp samsung yang hilang dengan berbagai cara yang sangat sederhana.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …