Cara Melihat Nomor STNK Motor

  • Bagikan
Cara Melihat Nomor STNK Motor
Cara Melihat Nomor STNK Motor. Foto: Google.com

Cara melihat nomor STNK motor pada lembaran STNK dan mengecek keasliannya. Plat nomor berfungsi sebagai identitas kendaraan berupa rangkaian huruf dan angka. Inisial pada plat nomor menunjukkan kode area.

Sedangkan nomor sendiri merupakan kode dari nomor seri kendaraan. Nomor seri kendaraan biasanya terdiri dari 4 digit.

Cara melihat nomor STNK motor

Sekarang, saat melihat nomor STNK, kita bisa mengecek beberapa hal berikut.

1. Nomor seri kendaraan

Mengenai nomor seri kendaraan, jumlahnya terkadang tidak berurutan, tetapi acak. Bahkan, di setiap batch nomor seri kendaraan ini menunjukkan klasifikasi kendaraan. Mulai dari sepeda motor, mobil penumpang, bus, hingga kendaraan lainnya. Berikut nomor seri kendaraan berdasarkan jenis kendaraan:

  • Nomor seri 1-2999 / 8000-8999 (kendaraan tipe penumpang, seperti mobil).
  • Nomor 3000-6999 (kendaraan menurut jenis sepeda motor).
  • Angka seri 7000-7999 (kendaraan menurut jenis bus).
  • Nomor seri 9000-9999 (jenis kendaraan berat seperti peti kemas, dll)

2. Lokasi nomor seri STNK kendaraan bermotor

Setiap kendaraan harus memiliki dokumen resmi yaitu STNK. STNK ini berisi identitas lengkap kendaraan dan pemiliknya. Dokumen tersebut berupa surat dari selembar kertas yang cukup panjang.

Informasi ini berguna untuk mengetahui identitas kendaraan bermotor dan pemiliknya. Kami kutip dari laman Auto2000, sebenarnya Anda bisa dengan mudah menemukan nomor seri STNK.

Letaknya berada di salah satu sisi lembaran STNK dengan posisinya selalu di atas. Di sana, juga Anda bisa melihat nomor seri mesin dan berbagai informasi lainnya di bawah ini.

Cara melihat nomor STNK motor online

Tahukah Anda bahwa kini Anda dapat mengetahui informasi STNK melalui SMS dan SMS? Jangan salah, ternyata pemerintah Indonesia telah memberlakukan regulasi yang memudahkan proses verifikasi dokumen penting, termasuk STNK.

Pelayanan masyarakat yang dapat kita akses melalui Sistem Administrasi Satu Pintu atau terkenal juga sebagai SAMSAT, antara lain Dinas Pendapatan Daerah (Dispanda), Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dan Jasa Raharja.

Seperti Anda ketahui, Samsat berwenang menerbitkan STNK. Dengan layanan online ini, Anda bisa mengetahui informasi mengenai spesifikasi kendaraan, tanggal jatuh tempo, besaran denda yang harus Anda bayar dan besaran biaya yang harus Anda bayar hanya melalui smartphone.

Sayangnya, hanya beberapa daerah yang menyediakan layanan cek nomor polisi online ini, seperti Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Aceh.

Mau tahu cara cek STNK online? Simak ulasan langsungnya di bawah ini!

Lihat STNK Online

Untuk saat ini belum semua masyarakat di Indonesia dapat menikmati kemudahan pengecekan STNK secara online. Jadi buat kamu yang kurang beruntung bisa cek melalui Samsat terdekat dari rumah kamu.

Nah, berikut ini adalah link website untuk cek STNK dan SMS online sesuai wilayah tempat tinggal anda.

Cek STNK Jakarta online melalui PKB Online

Bagi Anda warga Jakarta yang sibuk, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan PKB kendaraan Anda melalui SMS dan online. Untuk online bisa ke website Dinas Perpajakan Pemprov DKI Jakarta, begini caranya.

  • Klik link berikut http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ lalu masukkan nomor kendaraan Anda di kolom Nomor Kendaraan.
  • Informasi akan muncul setelah Anda mengklik Cari.

Namun situs ini sering bermasalah, sehingga SMS merupakan alternatif lain untuk pengecekan PKB (khususnya plat B untuk wilayah Depok dan Bekasi ke Polda Jawa Barat, bukan Prov DKI Jakarta). Kirim SMS dengan format nomor polisi METRO (spasi) lalu kirim ke 1717. Anda akan terkena biaya SMS sebesar Rp 1000.

Cek STNK online Jabar

Khusus driver Meja B wilayah Depok dan Bekasi milik Polda Jabar jika ingin cek PKB dan SMS secara online. Anda dapat memeriksanya di halaman ini: https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar.

Namun jika website Polda Jabar error, maka anda bisa mencoba menggunakan SMS. Berikut caranya:

Untuk mengetahui detail kendaraan, kirimkan SMS ke 08112119211 dengan format SMS info (spasi) nomor polis (spasi) warna kendaraan, misalnya info D1223GG silver.

Cek STNK online Jawa Tengah

Berikut untuk warga Jawa Tengah yang ingin mengetahui apakah nomor kendaraannya turun secara online:

  • Buka website Badan Pendapatan Daerah, lalu pilih menu Cepat, lalu pilih Pajak Kendaraan.
  • Atau bisa menggunakan link berikut http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
  • Setelah Anda masuk ke website, masukkan nomor STNK Anda pada kolom yang tersedia.
  • Klik Kirim.

Informasi kendaraan Anda akan segera ditampilkan. Namun, total pajak kendaraan di situs adalah harga normal tanpa pajak progresif dan denda atas keterlambatan pembayaran.

Atau bisa juga mengecek nomor polisi dengan mengirimkan SMS ke JATENG (spasi) lalu kirim ke 9600, contoh: JATENG H1234AB.

Cara melihat nomor STNK motor online Jawa Timur

Khusus untuk warga Jawa Timur, berikut cara cek pajak kendaraan melalui website:

Anda bisa mengakses website Dinas Pendapatan Daerah Jawa Timur, kemudian di sisi kanan halaman Anda bisa menemukan Quick Info.

  • Pilih menu Info Pajak Kendaraan.
  • Masukkan plat nomor mesin atau mobil anda pada kolom yang tersedia dan juga isi Captcha, klik Search.
  • Atau bisa langsung ke link ini www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.
  • Anda juga dapat melihat Samsat terdekat dengan mengklik menu Samsat Terdekat untuk mengetahui informasi lebih lanjut.
  • Selain itu cek PKB melalui SMS dengan SMS format JATIM 7070 (spasi) Nomor Polisi misalnya JATIM L4514NY.

Cek STNK Banten online

Warga Banten juga bisa mengetahui berapa pajak kendaraan bermotor dan berapa lama jatuh temponya. Anda bisa mengecek STNK Anda melalui Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Banten.

  • Kunjungi website Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Banten.
  • Masukkan PKB di kotak pencarian yang Anda lihat di bagian atas situs web.
  • Masukkan nomor kendaraan bermotor Anda di kolom nomor polisi dan klik Cari.
  • Atau bisa langsung ke link berikut : http://dppkd.bantenprov.go.id/read/info-pkb

Cek STNK online di Yogyakarta

  • Ada dua cara praktis yang bisa Anda coba cek STNK di Yogyakarta, yaitu melalui SMS atau di website http://infonjkbdiy.com/.
  • Isi plat nomor kendaraan dengan nomor kendaraan Anda, lalu klik Submit dan informasi pajak kendaraan Anda akan tampil di layar handphone.

Namun, jika sistem tidak tersedia di situs web, Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa plat nomor 9600 DIY (beri spasi) melalui SMS, misalnya DIY AB2345CR.

Cara melihat nomor STNK motor Aceh online

Anda yang berasal dari Aceh dapat dengan mudah memeriksa nomor polisi Anda dengan masuk ke http://www.esamsataceh.com/ dan memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor Anda, lalu klik Cari. Anda dapat dengan mudah membayar tagihan pajak kendaraan Anda secara langsung melalui loket / e-banking Bank Aceh Syariah.

Berkat kemudahan ini, Anda akan lebih mudah untuk memeriksa nomor kendaraan dan status pembayaran pajak kendaraan Anda.

  • Bagikan