TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara

  • Bagikan
TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara
TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara. Foto: Wikipedia.com

TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara. TV Polytron Tidak ada gambar atau suara, ini alasannya

Contoh kerusakan umum pada TV Polytron atau TV dari produk lain adalah tidak ada gambar atau suara. Kerusakan seperti ini sering disebut TV mati total. Kerusakan TV mati total tanpa gejala gambar atau suara dapat terjadi pada semua jenis TV, baik TV LED maupun TV tabung.

TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara

Gejala kerusakan ini berupa layar gelap tanpa terlihat tanda-tanda cahaya/gambar apapun dari layar TV. Selain itu, tidak ada suara gemerisik atau suara bising dari speaker TV. Saat tombol power kita tekan, namun TV tidak merespon / menyala.

Tanda-tanda kerusakan mati total seperti ini biasanya penyebabnya oleh masalah pada regulator tegangan. Regulator tegangan adalah rangkaian utama dari pembangkit tegangan untuk blok rangkaian televisi, baik itu TV tabung maupun TV LED. Oleh karena itu, jika bagian ini tidak berfungsi, dapat mengakibatkan TV tidak menyala.

Solusi TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara

Walaupun biasanya penyebab TV mati total adalah karena controllernya yang bermasalah, namun bukan berarti setiap kerusakan pada TV yang tidak menampilkan gambar dan suara karena sebab kerusakan yang sama. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada blok sirkuit atau komponen lain dari tabung TV. Untuk memastikan jika kita perlu membuka TV dan memeriksa beberapa bagian blok rangkaian yang ada di dalamnya.

Perbaiki TV Slim tanpa gambar atau suara

Salah satu jenis TV polytron adalah jenis TV tabung tipis. TV slim jenis ini merupakan keluaran terbaru dari Polytron dengan model TV tabung yang sudah menggunakan tabung tipis sebagai layarnya. Tabung tipis berukuran lebih tipis dibandingkan dengan jenis tabung biasa.

Untuk mendeteksi kerusakan pada TV polytron tabung tipis, kita bisa mengeceknya dari lampu indikator. Jika lampu indikator masih menyala tetapi TV tidak menerima gambar atau suara saat menyala, kemungkinan ada kesalahan pada sirkuit horizontal.

Sedangkan jika lampu indikator tidak menyala/mati sama sekali, maka dapat kita simpulkan bahwa regulator TV slim polytron rusak atau tidak berfungsi. Namun untuk lebih yakinnya kita perlu mengecek terlebih dahulu blok rangkaiannya.

1. Kerusakan rangkaian horizontal

Rusaknya rangkaian horizontal TV Polytron ditunjukkan dengan gejala TV tidak ada respon sama sekali saat tombol remote power Anda tekan/on. Hal ini adalah karena rangkaian horizontal yang bertugas mensuplai tegangan ke pipa CRT tidak bekerja. Sehingga TV tidak mau gambarnya keluar.

Langkah-langkah pemeriksaan dan perbaikan dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  • Buka saluran tegangan B + 115 volt yang terhubung ke trafo pembalik.
  • Coba nyalakan TV dan ukur arus keluaran tegangan B+ di depan TV standby.
  • Jika tegangan terukur normal, berarti regulator tidak bermasalah.
  • Matikan transistor horizontal final dan periksa dengan multimeter.

Biasanya kerusakan horizontal disebabkan oleh transistor Konslet / hubung singkat. Jika transistor terakhir mati, ganti dengan yang baru dan cocok.

Sebelum memasang transistor/kaki pengganti, cek dulu komponen lainnya, mungkin ada yang agak short. Ukur kapasitor resonansi yang ada di kolektor transistor akhir. Jika kapasitansinya kering, komponen ini sering membuat transistor final putus.

Sambungkan kembali jalur B+, lalu coba nyalakan kembali TV sambil mengukur titik dasar transistor akhir PCB. Jika tegangan AC yang keluar kecil, berarti rangkaian horizontal driver sudah dapat beroperasi.

Pasang kembali transistor final baru/fet. Kemudian coba nyalakan kembali TV Polytron.

2. Kerusakan pengatur tegangan

Kerusakan pada panel kontrol TV Polytron slim terlihat dengan lampu indikator di bagian depan TV yang tidak menyala sama sekali. Pengecekan awal adalah memastikan arus AC terlebih dahulu mengalir ke elco besar 100uf / 450V. Karena Elco ini akan mensuplai tegangan ke rangkaian regulator.

Jika tidak ada tegangan pada Elco besar, coba periksa beberapa komponen dan saluran listrik sebelum mencapai Elco besar. Periksa komponen seperti kabel AC, sakelar listrik, jembatan dioda, dan beberapa komponen pasif lainnya seperti kapasitor dan resistor.

Jika sudah ada tegangan terukur pada chip besar sekitar 300 volt, pengujian dapat Anda lanjutkan ke tahap berikutnya.

Putuskan saluran B + 115 V dalam arah horizontal untuk mencegah kerusakan horizontal jika terjadi lonjakan tegangan.

Periksa semua filter elco yang terletak pada bagian tegangan keluaran bagian sekunder trafo regulator. Ganti Elco yang terlihat cembung atau berkurang kapasitasnya.

Matikan transistor dengan regulator terakhir. Biasanya kaki ini menjadi penyebab rusaknya rangkaian regulator yang berdampak pada TV yang tidak menampilkan gambar dan suara atau mati total.

Nyalakan TV sambil mengukur titik input komputer. Pastikan ada sinyal AC kecil yang terukur menggunakan multimeter. Jika terjadi sinyal AC kecil, berarti driver controller bekerja dengan baik. Jika tidak ada sinyal AC, mungkin ada masalah dengan driver regulator Polytron. Periksa komponen pada driver dan komponen pengontrol tegangan satu per satu, seperti transistor dan dioda.

Pasang regulator kaki baru jika kaki sebelumnya Anda ketahui Konslet atau patah.

Coba mulai ulang TV. Tegangan harus sudah bisa keluar dari regulator sekunder trafo. Periksa apakah tegangan 5 volt untuk ic program normal atau tidak.

3. Kerusakan program IC

Meskipun ini jarang terjadi, IC program TV tabung slim Polytron dapat rusak. Karena ic program merupakan komponen dari head/system controller di blok TV, kerusakan pada ic ini bisa menyebabkan TV mati total.

Untuk mengecek kondisi IC program pada Tube dapat Anda lakukan dengan mengukur tegangan 5 volt yang berasal dari IC program. Periksa apakah tegangan VCC untuk ic program ini turun atau tidak. Jika ada penurunan tegangan, maka IC mungkin short di dalam.

Jika tegangan VCC 5 volt tidak turun, tetapi TV tetap tidak merespon juga saat Anda hidupkan melalui tombol power pada remote control, maka kita perlu memeriksa pin catu daya dari program IC.

Maka, cari pin power supply pada ic program, kemudian matikan terlebih dahulu saluran listrik yang menuju ke rangkaian standby.

Ukur daya pin menggunakan multimeter DC saat TV menyala.

Tekan tombol daya pada remote control. Dalam kondisi normal, IC akan mengukur 0 volt atau 5 volt saat tombol power Anda tekan.

Jika tidak ada perubahan tegangan catu daya, rangkaian awal program ic mungkin tidak berfungsi. Anda perlu mengganti program ic.

TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara untuk TV LED Polytron

Untuk jenis TV LED polytron yang tidak ada gambar atau suara saat tombol di remote control Anda tekan, kemungkinan controller atau software dari TV polytron tersebut rusak. Langkah pertama untuk memeriksanya mungkin untuk melihat apakah lampu indikator TV menyala atau tidak.

Jika lampu indikator menyala, mungkin ada malfungsi perangkat lunak atau beberapa tegangan regulator mungkin tidak keluar. Jika indikator tidak menyala sama sekali, Anda dapat memastikan bahwa regulator tidak berfungsi.

  • Periksa semua komponen pada rangkaian regulator terutama kaki dan filter Elco. Perhatikan bentuk fisiknya, apakah gosong atau cembung/retak.
  • Ganti komponen regulator yang mati / short. Kemudian coba nyalakan lagi.
  • Ukur semua tegangan keluaran regulator. Pastikan tidak ada tegangan yang jatuh.
  • Jika ada regulator tegangan jatuh, cari komponen di sepanjang jalur tegangan yang short on/off.
  • Jika semua voltase yang Anda ukur normal tetapi TV LED polytron masih tidak merespons saat dihidupkan, coba flash ulang perangkat lunak.

Demikian tips cara memperbaiki TV Polytron yang rusak tanpa gambar dan suara berdasarkan pengalaman saya. Penyebab kerusakan mungkin tidak sama pada setiap TV, meskipun gejala kerusakannya sama. Pengalaman nantinya akan mengajarkan Anda bagaimana menjadi lebih terampil dalam memperbaiki Polytron atau kerusakan TV lainnya.

  • Bagikan