Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam

  • Bagikan
Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam
Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam. Sumber Gambar: Google.com

Bagaiamana cara agar TV jernih dengan antena dalam saja? Banyak yang bertanya bagaimana cara menggunakan antena dalam TV tetapi gambar tetap jernih.

Hal ini bisa dilakukan. Dengan perbaikan dan langkah-langkah untuk menyesuaikan dan meningkatkan kualitas antena, gambar di TV akan menjadi jelas dan jernih secara bersamaan.

Antena TV itu sendiri adalah perangkat yang mampu menerima sinyal dari menara siaran dan mengubahnya menjadi gambar televisi digital.

Cara agar TV jernih dengan antena dalam

Mungkin ada TV di area tertentu yang tidak menggunakan antena eksternal atau hanya mengandalkan antena internal, tetapi kualitas gambarnya bagus.

Namun, kebanyakan TV harus mengandalkan antena luar untuk mendapatkan gambar yang jernih dan tajam.

Bahkan terkadang antena tambahan sudah terpasang, tapi gambar TV masih rusak atau penuh semut.

Bagaimana cara agar TV jernih dengan antena dalam

Ada banyak penyebab gambar TV buram atau tidak bagus. Mulai dari pemilihan antena TV yang salah hingga pemasangan kabel berkualitas buruk hingga area tertentu yang sulit mendapatkan sinyal dari TV.

Berikut langkah-langkah memperbaiki antena TV untuk mendapatkan kualitas gambar TV yang jernih.

Cari tahu cara memperbaiki antena tv agar jelas

1. Beli antena TV berkualitas baik

Pastikan antena TV yang Anda beli berkualitas baik dan diutamakan yang mampu menangkap siaran digital.

Asal tahu saja, program siaran digital sangat tajam dan jernih karena gambarnya berkualitas HD (High Definition).

Hindari membeli antena TV murah tapi berkualitas buruk.

Selain itu, antena TV murah pun biasanya cepat rusak.

2. Pastikan posisi antena sudah benar

Faktanya, antena TV tidak mungkin menampilkan siaran yang jelas untuk semua saluran TV.

Namun, dengan posisi yang tepat, pilihan saluran TV dengan kualitas gambar yang baik akan lebih banyak.

3. Bersihkan antena TV secara teratur

Cara lain untuk memperbaiki antena TV adalah dengan membersihkan bagian antena TV. Antena TV yang kotor mengganggu perolehan sinyal.

Untuk melakukan ini, bersihkan bagian aluminium antena.

Ingatlah bahwa bagian aluminium antena TV dapat menjadi berjamur dan berkarat seiring waktu. Apalagi jika kita menempatkan antena di luar ruangan yang sering terkena hujan, angin, debu dan lain-lain.

4. Pengaturan tuner TV digital

Cara agar TV jernih dengan antena dalam yang lain dengan mengatur tuner TV digital. Tuner digital mengubah sinyal input ke format digital di TV Anda.

Namun, sebagian besar stasiun televisi memodifikasi sinyal yang mereka siarkan, sehingga sulit bagi tuner digital untuk menangkap sinyal tersebut.

Tidak ada salahnya jika gambar di TV Anda masih jelek. Disarankan untuk mengatur ulang pengaturan tuner digital. Ini membuat Anda tetap up to date dengan data terbaru dan memberi Anda informasi saluran dan gambar terbaik.

5. Posisi antena tertinggi

Jika kita berada di daerah pegunungan atau lembah dan di daerah dengan sinyal TV yang buruk, usahakan untuk menaikkan posisi antena.

Semakin tinggi antena TV, semakin baik peluang kualitas gambar yang jernih. Sinyal dari menara siaran mungkin tidak dapat menjangkau antena TV karena terlalu lemah.

6. Pilih kabel coaxial berkualitas baik

Cara agar TV jernih dengan antena dalam yang bisa dicoba adalah dengan memilih kabel coaxial yang berkualitas baik. Kabel coaxial berfungsi sebagai penghubung dari antena TV ke televisi.

Untuk mengurangi hilangnya sinyal dari antena ke TV yang menyebabkan gambar buram, Anda dapat menggunakan kabel coaxial yang bagus. Kabel ini dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam karena dapat mentransfer sinyal menara siaran dengan benar menjadi gambar digital di TV.

Selain itu, kabel ini juga lebih tahan terhadap panas dan dingin sehingga cocok digunakan pada antena eksternal.

7. Gunakan parabola

Ini adalah upaya terakhir jika gambar yang dihasilkan masih kurang optimal atau buruk. Cobalah untuk membeli parabola, karena bahkan di daerah pegunungan antena ini dapat menangkap sinyal yang sulit ditangkap dengan antena TV biasa.

Meskipun demikian, harga parabola cukup mahal.

Semoga tips cara agar TV jernih dengan antena dalam bisa membantu. Menonton Televisi memang keasyikan tersendiri. Terutama setelah selesai bekerja dan sebelum tidur. Kita bisa melihat hiburan atau mendapatkan informasi terbaru. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan