Kenapa Headset Mati Sebelah
Kenapa Headset Mati Sebelah. Sumber Gambar: Google.com.

Kenapa Headset Mati Sebelah

Kenapa headset mati sebelah dan bagaimana cara mengatasinya? Headset adalah salah satu hal yang paling penting. Apalagi buat kamu yang sering melakukan Zoom meeting atau sering mendengarkan lagu dalam perjalanan ke kantor.

Mendengarkan musik atau menonton video dengan headset memang sangat mengasyikkan. Alhasil, kita mendengar suaranya lebih jelas dan lebih mudah diapresiasi. Selain itu, kehadiran headset juga memudahkan kita untuk mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja.

Kenapa headset mati sebelah

Namun jika headset yang kita gunakan tiba-tiba rusak, pasti kita akan merasa tidak nyaman atau bahkan jika headset yang kita gunakan rusak sebelah. Ini juga akan mengganggu kita ketika kita sedang mendengarkan musik atau berbicara dengan seseorang di telepon.

Jadi bagaimana jika headset favorit Anda mati? Tenang. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli yang baru. Ini dia tips untuk mengetahui penyebab headphone satu sisi mati yang selalu mengganggu kenyamanan. : Sebenarnya sangat mudah untuk memperbaiki headphone yang mati satu sisi lho. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab headphone mati yang perlu Anda ketahui.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara memperbaikinya, silahkan membaca sampai akhir.

Cara mengatasi kenapa headset mati sebelah

Ada banyak faktor yang menyebabkan headset tidak berfungsi, baik dari sisi kanan maupun kiri. Salah satunya karena kerusakan pada kabel. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah bagian kabel terlihat atau terlepas?

Untuk memperbaiki headset yang rusak, Anda memerlukan gunting dan selotip. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek dulu letak kerusakan headset

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui lokasi kabel yang rusak. Coba sambungkan headset ke smartphone atau laptop dan terus putar musiknya. Sentuh atau tekuk kabel dari ujung steker earphone ke telinga.

Jika Anda mendengar suara bising di beberapa tempat saat Anda mendengarnya, kemungkinan kabelnya terputus. Ingatlah bahwa jika lokasi kabel yang rusak terlihat, Anda dapat merasakannya dan menemukannya kembali. Misalnya, kabel dicabut di ujung colokan headset.

2. Potong permukaan kabel headset

Jadi, Anda sudah memastikan alasan kenapa headset mati sebelah adalah karena kabelnya. Setelah menemukan lokasi kerusakan, potong permukaan luar headset. Potong sekitar 5 cm dari kawat yang putus. Ingat, jangan coba-coba mematahkan kabel dalam. Gunting dengan hati-hati.

Selanjutnya, ada tiga hingga empat jaringan kawat dengan warna berbeda akan muncul di dalam. Anda perlu mencari mencari kabel yang putus.

3. Sambungkan kabel dengan selotip

Cara memperbaiki headphone yang rusak akibat kabel selanjutnya adalah dengan menyambungkan kabel tersebut dengan selotip. Hubungkan kabel yang sama. Berhati-hatilah agar tidak mengenai kabel lain karena dapat merusak yang lain.

Sekarang, coba putar kembali musik. Apakah suara sudah kembali?

Cara memperbaiki headphone mati sebelah karena speaker rusak

Jika kabel headphone tidak rusak, mungkin ada masalah dengan speaker. Sekarang Anda perlu solder dan timah untuk memperbaikinya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Lepaskan kepala speaker terlebih dahulu

Untuk melepas kepala speaker, penutup plastik harus dilepas. Hati-hati saat membongkarnya, jangan sampai rusak karena nanti harus ditutup kembali. Setelah dibongkar, lihat bagian dalam speaker. Apakah ada ujung kabel yang putus atau rusak? Alasan kenapa headset mati sebelah mungkin karena satu sisi kabel ada yang rusak.

2. Solder bagian yang rusak

Langkah kedua adalah menyolder kabel yang putus dengan timah. Tujuannya agar bisa terkoneksi kembali. Saat menyolder Anda harus berhati-hati. Cobalah untuk tidak menyentuh tangan Anda atau bagian lain dari headset.

Tunggu sampai kering. Coba tes untuk mengetahui apakah cara memperbaiki earphone yang rusak sebelah ini berhasil. Apakah speaker ini berfungsi atau tidak.

Kenapa headset mati sebelah di PC

Perlu diketahui bahwa headset tidak selalu mati karena kerusakan pada headset itu sendiri. Ya, kerusakan juga bisa disebabkan oleh software di PC atau laptop Anda. Jika Anda menggunakan Windows 10, atur output audio Windows dari stereo ke mono. Begitulah cara melakukannya:

  • Buka Pengaturan dari menu Start.
  • Masuk ke Accesories
  • Pilih Ease of Access.
  • Pilih menu audio di sebelah kiri.
  • Pada bagian audio mono, geser tombol ke kanan sehingga stereo menjadi mono.

Langkah-langkah di atas akan membuat headset yang sebelumnya terdengar sebelah terdengar normal untuk Anda.

Itulah alasan kenapa headset mati sebelah. Juga cara memperbaiki Headset rusak karena Kabel, Speaker dan Masalah di PC Anda. Sangat mudah dan tidak ribet bukan? Kini Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membeli headset baru.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Termudah Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …