Spek HP Samsung A20
Spek HP Samsung A20. Foto: mysmartprice.com

Spek HP Samsung A20

Spek HP Samsung A20, kelebihan dan kekurangannya. Samsung telah mengumumkan banyak smartphone di tahun 2019 lalu, salah satunya adalah Galaxy A20.

Spek HP Samsung A20

Melalui lini seri Galaxy A dan M, Samsung tampaknya akan mencoba memperkenalkan berbagai model smartphone yang menyasar segmen berbeda. Begitu pula dengan Galaxy A20 yang menjadi daya tarik utama bagi smartphone kelas menengah ke bawah yang penguasanya masih vendor seperti Xiaomi hingga pendatang baru di dunia nyata.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A20 merupakan smartphone handal yang bisa Anda gunakan sehari-hari, meski sebenarnya tidak memiliki keunggulan atau inovasi yang mencolok.

Spek HP Samsung A20 terkini

Keunggulan

  • Performa tangguh untuk setiap hari
  • Layar tajam berkat Super AMOLED
  • Kamera yang layak
  • Baterai tahan lama dengan fungsi pengisian cepat

Kekurangan

  • Badan HP gampang kotor
  • Samsung Galaxy A20 hadir dengan desain layar penuh dengan poni Infinity-V berbentuk tetesan air, sehingga bingkai layar menjadi lebih tipis meski bagian dagu masih cukup tebal.

Layar menghasilkan gambar yang tajam dan memiliki warna yang akurat berkat penggunaan panel super AMOLED terkemuka Samsung. Resolusinya masih HD+ 1560 x 720 piksel, tapi itu sudah cukup untuk menampilkan detail gambar.

Akses konten multimedia seperti streaming YouTube di Galaxy A20 lebih memuaskan. Tidak perlu kita ragukan lagi kemampuan layar Super AMOLED dalam memberikan gambar yang lebih baik, sehingga akan meningkatkan pengalaman mengkonsumsi konten multimedia khususnya video.

Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri karena masih banyak smartphone di kisaran harga ini yang menggunakan layar IPS, yang meski menunjukkan kualitas, menurut saya tidak setara dengan Super AMOLED.

Smartphone ini sudah menawarkan port USB Type-C untuk menghubungkan ke pengisi daya atau perangkat lain. Samsung juga menyediakan dua slot SIM card dan satu slot microSD bagi yang membutuhkan.

Review bodi belakang Samsung Galaxy A20

Beralih ke bagian belakang, Samsung Galaxy A20 hadir dengan desain kaca yang membuat bodi plastik terlihat seperti terbuat dari kaca agar terlihat lebih premium. Sayangnya, hal ini membuat sidik jari lebih mudah meninggalkan bekas di bagian belakang.

Smartphone ini memiliki sensor sidik jari yang terletak di atas logo Samsung. Posisinya pas sekali dengan jari telunjuk saya, yang memudahkan proses unlocking screen dan autentikasi lainnya tanpa harus memasukkan password secara manual.

Di sisi kiri sensor sidik jari, terdapat dua kamera dengan konfigurasi lensa utama 13 MP dan lensa ultra wide 5 MP yang terpasang secara vertikal bersama dengan lampu kilat LED. Lensa ultra wide memiliki sudut pandang hingga 123°.

Review kamera belakang dan spek HP Samsung A20

Pengguna dapat menangkap banyak objek dalam satu bingkai tanpa harus menggunakan mode panorama yang lebih bermasalah. Selain itu, terdapat fitur live focus yang dapat membuat latar belakang kabur atau bokeh, membuat subjek terlihat lebih fokus.

Kamera belakang Galaxy A20 mampu mengambil foto yang jernih dan terang dalam kondisi cukup terang. Detail objek dapat tertangkap dengan baik dan terlihat jelas, bahkan setelah di-zoom.

Namun dalam kondisi minim cahaya, foto yang HP ini hasilkan sepertinya memiliki banyak noise yang tidak bisa kita abaikan. Namun demikian, foto-fotonya masih sangat jernih dan cahayanya terisolasi dengan baik.

Untuk selfie, Samsung mempercayakan kamera beresolusi 8 MP yang tertanam di dalam notch. Kemampuan kamera ini terbilang lumayan di kelasnya. Memang tidak bisa menyaingi OPPO atau Vivo, tapi sangat mumpuni untuk posting di media sosial.

Setelah mengetahui seperti apa kemampuan kamera pada smartphone ini, kemudian, bagaimana cara kerjanya?

Berjalan di atas chipset Exynos 7884 Octa-Core 1.6 GHz, maka bisa kami bilang Galaxy A20 bisa menjalankan berbagai macam aplikasi sehari-hari dengan lancar. Perpindahan aplikasi juga terasa lancar tanpa masalah.

Kombinasi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB pasti akan memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini. Ada juga dukungan slot microSD hingga 512 GB bagi mereka yang merasa membutuhkan lebih banyak ruang.

Kombinasi ini membuat Samsung Galaxy A20 mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya secara umum. Hal ini tercermin dari hasil benchmark test yang ada.

Dalam aplikasi AnTuTu, smartphone ini berhasil meraih skor 94.273 poin, mengalahkan 26% HP lainnya. Sedangkan pada aplikasi Geekbench, smartphone ini memiliki 1.211 hasil pada pengujian Single-Core dan 3.712 pada pengujian Multi-Core.

Samsung Galaxy A20 Ulasan Skor AnTuTu Geekbench

Pencapaian angka tersebut jauh melampaui Samsung Galaxy M10 jika melihat pengujian pada review sebelumnya. Tentunya ini juga berarti Samsung Galaxy A20 bisa Anda gunakan untuk gaming yang nyaman.

Ketika saya mencoba memainkan dua game MOBA populer saat ini, Mobile Legends dan Arena of Valor, Galaxy A20 dapat berjalan pada pengaturan grafis yang tinggi. Sayangnya fitur High Frame Rate hanya bisa kita aktifkan di Arena of Valor sedangkan di Mobile Legends fitur ini tidak muncul.

Review Samsung Galaxy A20 Mobile Legends

Kedua game berjalan cukup lancar hingga game selesai. Namun, terkadang saya merasa gagap setelah bermain dalam waktu yang lama.

Selanjutnya saya mencoba memainkan game yang lebih keras yaitu PUBG Mobile dan Free Fire Battlegrounds. Saya dapat memainkan kedua game ini dengan grafis berkualitas tinggi dan kecepatan gambar tinggi yang membuat tampilan grafis dan animasi karakter lebih halus.

Review Samsung Galaxy A20 PUBG Mobile

Bermain game yang membutuhkan reaksi tinggi terasa nyaman berkat performa yang tersedia dan layar yang menghasilkan gambar tajam.

Performa cepat ini juga dimungkinkan berkat hadirnya sistem operasi terbaru dari Samsung bernama OneUI yang berbasis Android 9 Pie. Jika kita bandingkan dengan pendahulunya, sistem operasi ini memang terasa lebih ringan dan cepat saat bernavigasi dengan smartphone.

OneUI juga memiliki berbagai fitur berguna seperti Dual Messenger, Game Launcher dan One Hand Mode yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Face unlock juga dapat Anda aktifkan sebagai alternatif untuk membuka kunci layar.

Review Samsung Galaxy A20 Android Pie

Tak hanya mumpuni performa, Samsung Galaxy A20 juga menggunakan baterai 4.000 mAh sebagai sumber tenaga. Dengan baterai sebesar itu, smartphone ini bisa bertahan lama.

Melalui tes PCMark untuk Android yang mensimulasikan beban kinerja biasa, Galaxy A20 dapat bertahan hingga 10 jam 15 menit pada kecerahan 50%. Jumlah ini hampir setara dengan Galaxy A70.

Hal ini menunjukkan bahwa smartphone ini dapat Anda gunakan sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan baterai di siang hari. Endurance pasti akan berkurang jika Anda gunakan untuk gaming terus menerus. Bagi pengguna yang lebih fokus pada komunikasi atau media sosial, daya tahan smartphone ini cukup mumpuni.

Spek HP Samsung A20 – baterai

Untuk menyempurnakannya, Samsung juga memasukkan teknologi pengisian cepat. Saat saya mencobanya, teknologi ini mampu mengisi daya dari 18% hingga 64% hanya dalam waktu 42 menit. Sedangkan hingga 100% membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 2 jam 30 menit.

Tetapi beberapa kali saya mengalami masalah dengan pengisian cepat ini. Saat mengisi daya, fitur Quick Charge tidak aktif, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya. Untungnya, saya baru saja mencabut dan memasang kembali pengisi daya ke ponsel cerdas saya.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A20 merupakan smartphone yang handal Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak ada keunggulan atau inovasi yang mencolok dari smartphone ini jika kita bandingkan dengan seri teratas dari keluarga seri A.

Meski demikian, saya cukup senang dengan apa yang Galaxy A20 tawarkan. Mulai dari kamera, performa, dan daya tahan baterai. Selain itu, smartphone ini sudah menggunakan layar panel Super AMOLED yang akan membuat konsumsi konten multimedia menjadi lebih menyenangkan.

Bagi yang mencari smartphone besutan Samsung di kisaran harga Rp 2 jutaan, Galaxy A20 saya rekomendasikan karena sangat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …