Cek Kartu KIS dari Pemerintah

  • Bagikan
Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cek Kartu KIS dari Pemerintah. Foto: Google.com

Cara cek kartu KIS dari Pemerintah yang resmi tahun 2022. Cara cek KIS dari Pemerintah aktif atau tidak, ketahui juga bedanya dengan BPJS Kesehatan.

Kartu Indonesia Sehat atau singkatannya KIS merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu. Sesuai dengan namanya, KIS dapat Anda gunakan oleh pemegang kartu untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui KIS dari pemerintah.

Cek kartu KIS dari Pemerintah

Pemerintah hanya memberikan KIS kepada mereka yang tergolong kurang mampu secara finansial. Artinya tidak semua orang bisa memiliki kartu Indonesia Sehat atau KIS. Bahkan, pemegang kartu KIS pun tidak bisa sembarangan menggunakan kartu tersebut. Sebelum menggunakannya, pemegang kartu harus terlebih dahulu mengecek metode KIS dari pemerintah apakah statusnya aktif atau tidak.

Sayangnya masih banyak orang yang bingung. Padahal, cara cek KIS dari pemerintah bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Kami rangkum dari berbagai sumber, simak saja informasi penting seputar Indonesia Sehat atau kartu KIS dan cara ceknya di bawah ini.

Tips cek kartu KIS dari Pemerintah

Sebelum mengetahui cara cek KIS dari pemerintah, penting untuk mengetahui perbedaan antara kartu Indonesia Sehat dan BPJS.

  1. Perbedaan KIS dan BPJS

Pasalnya, selama ini banyak pihak yang menganggap keduanya sama, karena sama-sama terbiasa mengakses fasilitas kesehatan. Padahal, KIS dan BPJS adalah dua hal yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan antara KIS dan BPJS.

  1. Dari segi persyaratan peserta, KIS lebih khusus untuk penyandang masalah perlindungan sosial (PMKS), yaitu orang yang tergolong kurang mampu secara ekonomi. Sedangkan BPJS merupakan program yang dapat diikuti oleh siapa saja yang memiliki sistem pendaftaran dan pembayaran biaya.
  2. Karena khusus untuk kelompok PMKS, penggunaan KIS tidak ada pungutan biaya atau gratis. Karena pembayaran biayanya oleh pemerintah. Sedangkan iuran BPJS menjadi tanggungan peserta. Setiap peserta BPJS wajib membayar sejumlah biaya tertentu sesuai kelas yang mereka pilih.
  3. Dalam hal prosedur pelayanan, KIS dapat Anda gunakan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, Puskesmas, Dokter Umum dan Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Bagi pasien yang memerlukan pengobatan tambahan, peserta KIS dapat memperoleh rujukan dari fasilitas kesehatan pertama sehingga dapat berobat secara gratis di fasilitas kesehatan lanjutan.

Sementara itu, kartu BPJS Kesehatan lebih berlaku di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama berupa rumah pelayanan kesehatan terdaftar. Selebihnya, jika pemegang kartu BPJS kesehatan membutuhkan pengobatan tambahan, akan mendapatkan surat rujukan untuk berobat ke rumah sakit.

  1. Cek KIS melalui Call Center

Setelah mengetahui perbedaan Indonesia Sehat atau KIS dengan kartu BPJS, pemegang kartu KIS harus mengetahui beberapa hal lainnya, terutama dalam hal pengecekan status aktivitas. Ada beberapa cara agar KIS bisa Anda cek, salah satunya bisa dengan menghubungi call center. Cara ini cukup mudah dan praktis karena bisa Anda lakukan kapan saja dan dari mana saja.

Bagi Anda yang ingin cek status KIS dari pemerintah bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan di 1500400. Namun perlu kita fahami bahwa layanan cek telepon ini tidak gratis. Artinya, sebelum Anda menelepon call center, pastikan saldo pulsa Anda cukup.

  1. Melalui faskes / fasilitas kesehatan

Jika Anda tidak puas dengan cara pemeriksaan SIK oleh pemerintah melalui call center, Anda bisa mengurusnya langsung dengan datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (faske), dalam hal ini puskems. Namun, pastikan fasilitas kesehatan yang Anda kunjungi adalah fasilitas kesehatan yang sesuai dengan yang terdaftar di KIS.

Anda bisa langsung ke fasilitas kesehatan tingkat pertama dengan KIS Anda. Tunjukkan kartu Indonesia Sehat atau KIS kepada petugas dan Anda bisa meminta bantuan untuk mengecek status aktif. Petugas akan langsung mengecek status aktif kartu melalui sistem yang terdaftar. Anda tinggal menunggu jawaban dan petunjuk dari pihak petugas.

  1. Langsung ke BPJS kesehatan atau dinas sosial

Jika tempat tinggal Anda lebih dekat dengan kantor BPJS atau dinas sosial (Dinsos), Anda juga bisa mengecek status Kartu Indonesia Sehat atau KIS di kedua kantor pemerintah tersebut. Cara cek KIS dari pemerintah di BPJS atau bakti sosial juga tidak sulit.

Yang harus Anda lakukan adalah datang dan mengambil garis. Tunggu giliran Anda sampai petugas memanggil Anda. Saat petugas memanggil Anda, maka Anda bisa langsung menunjukkan KIS kepada petugas jaga. Seperti di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama, BPJS dan petugas dinas sosial akan langsung mengecek status KIS Anda.

Itulah beberapa penjelasan penting tentang Kartu Indonesia Sehat atau yang sering kita singkat sebagai KIS. Dari uraian di atas, kini Anda bisa mengetahui perbedaan kartu Indonesia Sehat atau KIS dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, jika Anda pemegang KIS, Anda juga bisa mencoba beberapa cara cek kartu KIS dari Pemerintah di atas. Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan