Cek Pajak Motor Jawa Tengah

  • Bagikan
Cek Pajak Motor Jawa Tengah
Cek Pajak Motor Jawa Tengah. Sumber Gambar: RideApart.com

Bagaimana cara cek pajak motor Jawa Tengah yang resmi. Pajak kendaraan merupakan iuran wajib yang harus seseorang lakukan karena kepemilikannya terhadap suatu kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Cek pajak motor Jawa Tengah

Sebelum masuk ke inti pembahasan, Anda harus tahu lebih banyak tentang pajak kendaraan, selain pemahaman umum tentang pajak kendaraan yang kami sebutkan di atas. Pajak kendaraan termasuk pajak objektif yang harus orang bayarkan tanpa memandang pendapatan bulanan pemiliknya, pajak kendaraan juga merupakan jenis pajak yang pengelolanya adalah provinsi tempat kendaraan terdaftar.

Meskipun pajak kendaraan merupakan iuran wajib, nyatanya masih ada saja masyarakat yang sengaja atau tidak sengaja lalai membayar pajak kendaraan ini. Hal ini sebabnya karena beberapa faktor seperti; Jarak yang harus  mereka tempuh untuk membayar pajak, pemilik kendaraan ke luar kota atau takut dengan jumlah nominal yang harus  mereka keluarkan jika tidak mereka cek terlebih dahulu.

Cara mudah cek pajak motor Jawa Tengah

Untuk memudahkan pengguna kendaraan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, berikut beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk cek pajak kendaraan yang bisa Pemda pungut di mana saja, kapan saja. Ada banyak cara untuk cek pajak kendaraan salah satunya dengan menggunakan website Chekpajak, berikut cara cek pajak kendaraan menggunakan website.

Buka link https://cekpajak.co.id

Isi formulir di halaman (ubin, nomor, seri, nomor urut dan provinsi)

Klik Periksa Sekarang

Kemudian akan muncul informasi dan jumlah nominal yang harus Anda bayarkan. Halaman ini akan menampilkan informasi kendaraan seperti; Merk, model, tahun, warna, no. bingkai dan tidak. mesin. Informasi lengkap pajak kendaraan dan PNBP; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan jumlah yang harus Anda bayar beserta dengan tanggal pajak dan tanggal STNK, serta keterangan lainnya.

Selain melalui website untuk mendapatkan kode pembayaran, Anda juga bisa menggunakan aplikasi SMS Gateway milik Samsat. Pemeriksaan pajak melalui SMS Gateway saat ini hanya tersedia untuk kendaraan dengan plat nomor B, D, E, F, T dan Z.

  • Kirim pesan dalam format info (spasi) kode plat kendaraan / nomor polisi / kode seri plat nomor kendaraan (spasi) warna plat nomor kendaraan.
  • Contoh: Info B / 6777 / XF Hitam
  • Kirim ke 0811 2119 211
  • Tunggu balasan SMS yang berisi kode pembayaran, informasi kendaraan dan nominal yang harus Anda bayar.
  • Bayar pajak dengan mentransfer akun dengan memasukkan kode pembayaran
  • Setelah pembayaran Anda lakukan, Anda akan menerima SMS balasan lagi dengan konfirmasi bahwa kendaraan Anda telah membayar pajak.

Terakhir, jika Anda membayar pajak transfer, itu berarti Anda harus pergi ke kantor Samsat untuk mendapatkan persetujuan dan mengganti akun Anda dengan SKKP.

Selain cara di atas, saat ini Samsat memiliki website di beberapa daerah untuk mengecek tagihan pajak kendaraannya. Berikut cara cek tagihan pajak kendaraan melalui website.

Cara cek pajak motor Jawa Tengah

Cara cek pajak kendaraan di Jawa Tengah antara lain sebagai berikut.

  • Buka link https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  • Isi nomor polisi kendaraan yang Anda miliki
  • Lalu serahkan
  • Informasi dan jumlah yang harus Anda bayar akan muncul
  • Klik pendaftaran online
  • Masukkan nomor KTP dan data lain yang diperlukan di halaman form
  • Tunggu sampai kode pembayaran muncul
  • Anda dapat mulai membayar melalui transfer bank

Secara umum cara pemeriksaan pajak kendaraan untuk setiap daerah yang memberikan pelayanan tersebut di atas adalah sama. Namun hanya website atau aplikasi yang mereka gunakan saja yang berbeda.

Berikut beberapa cara cek pajak kendaraan dengan memperhatikan bahwa jika Anda membayar pajak transfer, maka Anda masih harus pergi ke kantor Samsat untuk mendapatkan persetujuan pembayaran. Meskipun, tidak pada hari yang sama.

Pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan setahun sekali atau lebih kita kenal dengan perpanjangan STNK (Surat Nomor Kendaraan).

Wajib pajak akan terkena sejumlah biaya perpanjangan pajak kendaraan di kantor Samsat. Saat ini Kalau baru perpanjang tanpa ganti plat, prosesnya cepat.

Saat anda memiliki kendaraan di Jawa Tengah (Jawa Tengah) ingin membayar pajak tentunya harus menyiapkan dana, terkadang anda ragu apakah cukup atau tidak.

Cek lewat aplikasi

Menurut Kapolsek Grobogan Ipda Sandi, solusinya cek pajak kendaraan Anda melalui aplikasi Sakpole Baru. Aplikasi yang Anda unduh melalui Playstore ini merupakan pengganti dari aplikasi sebelumnya yaitu Sakpole.

  • Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang pajak kendaraan.
  • Jika Anda ingin mengecek pajak kendaraan melalui aplikasi New Sakpole, klik informasi pajak lalu isi tiga kolom yang kosong, misalnya ATM B 2345.
  • Kemudian klik Proses maka akan muncul data pajak kendaraan anda mulai dari NPWP, NIK, Jenis Kendaraan, Merk Kendaraan, Tahun Perakitan, Warna, BBM, Samsat Terdaftar.

Info ini termasuk akhir masa pajak dan akhir masa STNK, jumlah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), SWDKLLK, PNBP dan jumlah yang harus Anda bayar.

Selain itu, ada biaya transfer, tunggakan, status pajak, status kendaraan. Sedangkan di sebelahnya berisi perkiraan pembayaran pajak kendaraan.

Sebaiknya, Anda tidak hanya cek pajak di aplikasi Sakpole Baru. Alasannya adalah bahwa dalam aplikasi yang Bapenda Jawa Tengah kembangkan ini, Anda juga bisa membayar pajak.

Anda bahkan dapat mengklik ikon pencarian. Yang ini berisi informasi tentang pembayaran pajak, status pendaftaran, kode pembayaran, kode pembayaran yang terlupakan dan juga perubahan metode pembayaran.

Kemudian informasi status pembayaran, download e-TBPKP, aplikasi e-ratifikasi, status e-ratifikasi. Dan juga download e-ratifikasi, info kendaraan bermotor, informasi ojek dan juga informasi lokasi.

Jadi, itulah cara cek pajak motor Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan