Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air
Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air. Sumber Gambar: Google.com

Cara memperbaiki speaker HP yang terkena air secara efektif. Memperbaiki speaker HP yang terkena air: apa jadinya jika speaker HP biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti mendengarkan musik, menerima atau menelepon, menonton film, drama, tiba-tiba rusak karena kemasukan air. Apakah Anda yakin itu menyebalkan?

Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air

Secara umum, pengalaman ini cukup sering terjadi dan hampir 50% pengguna smartphone pernah mengalaminya. Misalnya, jika Anda jatuh ke sungai atau terkena hujan saat bepergian, Anda tidak sengaja mencucinya di saku celana.

Tentu saja, kejadian ini dapat berdampak negatif pada speaker ponsel Android kita. Pada umumnya ketika speaker HP terkena air akan terjadi error, seperti:

  • Suara dari speaker lebih kecil
  • Suara juga tidak terlalu jernih
  • Suaranya kadang mati
  • Terdengar melengking
  • Atau biasanya tidak ada suara yang keluar dari speaker

Air yang masuk ke speaker jelas dapat merusak kualitas suara yang speaker hasilkan. Alasannya karena merupakan komponen yang relatif sensitif pada smartphone. Jadi, jangan berharap speaker ponsel Anda terdengar bagus jika air sudah masuk.

Bagaimana Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air

Apakah bisa kita perbaiki jika speaker HP terkena air? Tentu bisa, karena speaker ponsel Android merupakan komponen yang bisa Anda ganti jika rusak. Jadi tidak perlu beli hp baru saat speaker kena air, karena bisa Anda ganti terpisah.

Namun jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru.

Coba lakukan hal-hal berikut untuk memperbaiki speaker HP Anda yang mengandung air. Siapa tahu akan kembali normal seperti semula.

Untuk memperbaiki speaker HP yang terkena air, Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

1. Periksa pengaturan volume HP

  • Gunakan kode rahasia untuk menguji pembicara
  • Coba Bersihkan Speaker
  • Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan HP
  • Gunakan kipas untuk mengeringkan HP
  • Pengeringan HP di bawah sinar matahari
  • Bawa ke layanan service center

Cara ini bisa kamu gunakan untuk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Lenovo, Evercoss dan merk HP Android lainnya.

Untuk lebih memahaminya, Anda juga bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Cara mudah pertama adalah dengan mengecek status speaker terlebih dahulu. Suara dari speaker masih normal atau tidak. Proses pengecekan dapat Anda lakukan dengan meningkatkan pengaturan volume hingga maksimal.

  • Bisa melalui Setting.
  • Kemudian pilih menu Suara.
  • Kemudian Anda mengatur volume di sana.
  • Selanjutnya, Anda juga dapat mengontrol dengan memutar musik menggunakan pemutar, seperti MXPlayer misalnya.
  • Saat memeriksa, coba perhatikan juga suara yang keluar. Apakah itu benar-benar tidak jelas? Atau mungkin terdengan bising?

Karena terkadang masalah yang muncul bukan karena faktor rembesan air, tapi normal karena setting volume HP itu sendiri.

2. Gunakan kode rahasia untuk menguji speaker

Jika dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu ternyata suara speaker tidak mau keluar, anda bisa mengujinya dengan menggunakan kode cek. Kode ini juga lebih sering kita sebut kode informasi perangkat keras.

Tentunya dengan menggunakan kode ini, proses verifikasi akan lebih akurat dalam mengetahui status speaker. Apakah benar-benar rusak atau tidak.

Prosesnya juga sangat berbeda dengan cara yang pertama, karena menggunakan cara ini akan memaksa speaker HP menyala.

Namun untuk caranya, karena kode pada setiap ponsel berbeda, Anda dapat mengubahnya dengan daftar kode kontrol speaker di bawah ini:

  • Kode hp samsung *#0*#
  • Kode HP Oppo *#800#
  • hp realme *#*#4636#*#*
  • HP Vivo *#558#
  • Kode HP Asus *#*#2664#*#*
  • Kode HP Xiaomi *#*#64663#*#*

Untuk pengguna HP Android lainnya bisa googling dengan memasukkan kata kunci “Oppo Secret Code” misalnya.

Setelah mendapatkan kode, segera uji speaker menggunakan kode rahasia.

3. Coba bersihkan speaker

Saat ponsel terkena air, umumnya masih ada sisa embun atau debu yang menempel di speaker. Nah, itu tidak baik dan perlu kita bersihkan terlebih dahulu.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan jarum atau sejenisnya. Hanya bersihkan bagian luar speaker. Ini biasanya dapat membantu Anda sedikit menghilangkan suara speaker yang berderak.

Namun Anda juga perlu mengetahui hal ini, karena letak speaker untuk setiap handphone berbeda-beda, sehingga Anda perlu memastikannya sendiri. Di mana speaker dan bagaimana posisinya?

Bagi yang memiliki hp dengan speaker yang terletak di bagian belakang maka lepas casing hp terlebih dahulu, hal ini agar lebih mudah dalam membersihkannya.

4. Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan HP

Pengering rambut dapat mengeluarkan angin panas yang dapat Anda gunakan untuk membantu proses pengeringan kelembaban di speaker. Proses ini biasanya lebih cepat dalam menguras sisa air yang masih ada di speaker.

Caranya jelas sangat sederhana. Anda bisa mengambil hair dryer dan menyalakannya, lalu arahkan langsung ke speaker HP yang berisi air. Untuk amannya, istirahat sejenak, misalnya 15 detik untuk mengeringkan dan 10 detik untuk mendinginkannya kembali.

Anda juga perlu mengatur suhu pengering rambut ke mode pemanasan yang lebih rendah. Dengan cara ini suhu ponsel Anda tidak terlalu tinggi selama proses pengeringan air di speaker.

Selanjutnya, cara ini juga cukup kami rekomendasikan. Jika ponsel Anda menggunakan baterai jenis yang dapat dilepas, harap lepaskan casing ponsel dan baterai terlebih dahulu. Tujuannya untuk memaksimalkan proses pengeringan air di speaker.

5. Gunakan kipas untuk mengeringkan ponsel

Memperbaiki speaker HP yang terkena air dengan kipas

Tentu tidak semua orang memiliki pengering rambut, karena itu adalah benda yang biasa ada dalam kehidupan wanita. Jadi bagaimana? Solusinya, Anda bisa menggunakan alat alternatif lain, yaitu menggunakan kipas angin.

Di sini tentunya sudah bisa Anda bayangkan bagaimana cara mengeluarkan air dari speaker HP bukan? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pengeringan air di speaker menggunakan hair dryer, kok.

Anda hanya perlu menyalakan kipas dan mengarahkannya langsung ke handphone yang terkena air. Tapi arahkan angin dari kipas ke speaker HP Anda.

Prosesnya agak lama, karena harus menunggu 3 sampai 5 jam. Setelah itu Anda bisa menguji kembali speaker tersebut. Jika tidak, coba cari lagi terlebih dahulu.

6. Jemur ponsel di bawah sinar matahari

Jika butuh waktu lama untuk mengeringkan ponsel yang terkena air dengan rice holder, Anda bisa mencoba cara ini. Coba jemur ponsel Anda di bawah sinar matahari, karena suhu panas matahari dapat mengeringkan sisa air di ponsel Anda.

Jika memungkinkan, coba lepas casing belakang dan baterai dari ponsel Anda. Kemudian jemur di bawah sinar matahari dengan layar ponsel menghadap ke bawah.

Durasi proses dapat bervariasi dari 1 hingga 2 jam, tergantung pada tingkat embun di speaker HP. Namun usahakan tidak memakan waktu lebih dari 2 jam untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada komponen HP.

7. Bawa ke layanan Service Center

Cara memperbaiki speaker handphone yang terkena air dengan membawanya ke tempat servis

Bagaimana jika semua cara di atas sudah saya terapkan, ternyata speaker masih belum bisa berfungsi dengan baik? Misalnya suara masih kurang jernih atau belum keluar.

Jika sudah begini, jelas satu-satunya cara adalah dengan mengganti komponen speaker itu sendiri.

Karena tidak semua orang dapat mengganti speaker HP mereka di rumah, pilihan terbaik Anda adalah menggantinya langsung di pusat layanan.

Harga service speaker HP rusak sebenarnya bervariasi. Mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah dan ini juga tergantung dari tipe HP kamu masing-masing.

Jika masih ada garansi bisa langsung Anda bawa ke Service Center. Umumnya gratis, tetapi ini biasanya tergantung pada kebijakan pusat layanan itu sendiri. Waktu pemrosesan bisa mencapai 2 hingga 3 hari kerja.

Kesimpulan Cara memperbaiki speaker HP yang terkena air

Memperbaiki speaker HP yang terkena air bisa menjadi masalah yang cukup rumit. Solusinya bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang sudah dijelaskan di atas. Meskipun tidak tertutup kemungkinan komponen speaker perlu diganti dengan yang baru.

Karena masalahnya ada di komponen dan kita sering juga kesulitan untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih normal atau tidak. Jadi cara diatas sebenarnya hanya sekedar saran untuk membantu memberikan solusi mengatasi masalah ini.

Admin sendiri juga menerapkan beberapa cara sederhana di atas untuk membantu mengeringkan air di speaker HP. Nah, jika masalah yang Anda alami sedikit berbeda, jangan ragu untuk bertanya. Anda dapat mengirim email atau menulis masalah di kolom komentar.

Sebisa mungkin dan secepatnya admin akan membantu mencarikan solusi dari permasalahan yang sedang anda hadapi. Ini bisa berguna.

  • Bagikan