Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan

  • Bagikan
Penyebeb Tenaga Motor Seperti Tertahan
Penyebeb Tenaga Motor Seperti Tertahan. Sumber Gambar: Google.com

Apa penyebab tenaga motor seperti tertahan. Sepeda motor menjadi alat transportasi yang semakin banyak penggemarnya karena memudahkan aktivitas bagi penggunanya. Namun, selain berkendara, pemilik kendaraan bermotor tersebut tidak boleh melewatkan perawatan rutin. Tujuannya agar kondisi sepeda motor tetap stabil dan tidak mengalami kerusakan. Selain itu, jika kondisi mesin sudah menua, maka perawatan perlu Anda lakukan lebih rajin agar tidak terjadi kerusakan seperti tenaga mesin tertahan saat kita gas.

Penyebab tenaga motor seperti tertahan

Perawatan sepeda motor yang buruk dapat memicu beberapa masalah yang dapat membuat pengendara tidak nyaman. Salah satu kondisi yang dapat terjadi jika mesin tidak kita servis secara teratur adalah tenaga mesin tampak mati saat digas. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi pengguna karena sepeda motor karena bisa berhenti di tengah jalan. Dan, sulit untuk mundur karena sudah full throttle. Berikut beberapa penyebab tenaga mesin tertahan.

  • Sabuk atau rantai rusak

Sabuk atau rantai merupakan salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang. Tenaga mesin akan melalui persneling agar roda dapat berputar dan membuat kendaraan bergerak. Jika terjadi masalah atau kerusakan pada sabuk atau rantai, seperti rantai kendor atau putus, maka kecepatan kendaraan akan terganggu sehingga tenaga mesin terhambat dan sulit gas. Sabuk atau rantai yang belum pernah kita ganti tentunya menjadi salah satu penyebab tertahannya tenaga mesin. Vanbelt atau rantai ini memiliki jangka waktu tersendiri yang perlu penggantian secara berkala. Terutama jika sudah mulai rusak, seperti sulit kita gas atau tenaga mesin melemah, agar nantinya kerusakan tidak semakin parah.

  • Kelistrikan

AKI merupakan komponen atau bagian penting dari motor listrik yang mempengaruhi daya motor. Jika tenaga mesin terasa terhambat dan tidak bertenaga, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kelistrikan pada AKI sepeda motor rusak. Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi kelistrikan AKI. Alasannya adalah bahwa komponen AKI sangat penting bagi sepeda motor yang sangat mengandalkan komponen kelistrikan tersebut. Jika kondisi AKI diperiksa secara berkala dan tidak ada kerusakan, maka mesin bisa berjalan seperti semula sehingga tenaga tidak lagi tertahan dan tidak ada kesulitan saat Anda gas.

  • Filter udara kotor

Saringan udara atau air filter pada sepeda motor bekerja seperti saringan udara yang khusus menyaring debu dan kotoran yang akan masuk ke mesin. Udara atau oksigen sangat mesin perlukan untuk melakukan proses pembakaran. Namun jika debu terus menumpuk pada filter udara dan tidak kita bersihkan secara teratur, maka debu dan kotoran dapat masuk dan menyumbat. Bahkan, proses pembakaran mesin di dalam sehingga dapat merusak mesin. Akibatnya adalah, seperti tenaga mesin yang melemah atau ada sesuatu yang serupa tertahan. Untuk mengatasinya, maka sebaiknya Anda membersihkan filter udara pada sepeda motor Anda agar sistem performa mesin dan komponennya dapat bekerja secara maksimal.

Solusi penyebab tenaga motor seperti tertahan

Setelah mengetahui penyebabnya, kini Anda tahu cara mengatasi kondisi tenaga mesin tinggi seperti macet, di antaranya:

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengganti rantai atau sabuk van yang sudah rusak dan sudah tidak bisa kita kencangkan lagi. Jadi, tidak perlu menunggu putus. Karena kondisi ini bisa terjadi karena usia rantai sepeda motor Anda.

Jadi, throttle bisa diputar secara maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke mesin. Untuk menghindari masalah dengan kompresi mesin, maka perlu perawatan rutin.

Cara terakhir yaitu dengan menjalankan service rutin setiap bulannya. Jadi, tidak hanya untuk mengatasi penyebab tenaga mesin seperti tertahan. Kerusakan juga dapat kita cegah dengan deteksi dini masalah mesin.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab tenaga motor seperti tertahan. Jadi, perawatan mesin secara berkala perlu Anda lakukan agar tidak terjadi kerusakan seperti tenaga mesin menjadi lambat dan kesulitan saat kita gas. Sebelum melakukan servis sepeda motor sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas bengkel. Atau, bisa juga dengan mengunjungi website bengkel untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia otomotif. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan