Mengatasi Laptop Yang Lemot
Mengatasi Laptop Yang Lemot

Coba Cara Ini Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

11. Sesuaikan atau nonaktifkan grafik dan animasi

Versi Windows yang lebih baru hadir dengan banyak grafik, termasuk animasi seperti efek fade dan flyout. Ini membantu membuat aplikasi lebih elegan dan halus serta berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. Di sisi lain, mereka juga dapat memperlambat komputer Anda.
Ini sangatlah mudah untuk melakukan pengaturan sederhana ini dan mudah-mudahan ini bisa menghemat daya pemrosesan. Buka Panel Kontrol> Sistem dan Keamanan> Sistem> Pengaturan Sistem Lanjutan. Kemudian, di bagian Kinerja, tekan Pengaturan dan Anda akan memiliki daftar lengkap opsi.

Anda dapat memilih Sesuaikan untuk kinerja terbaik (ini akan menghapus semua efek visual) atau memilih untuk menghapus beberapa satu per satu. Ini masalah preferensi, tetapi fitur fade dan shadow adalah beberapa yang mungkin bisa Anda lakukan tanpanya.
Windows 7: Cari alat dan informasi kinerja, pilih Sesuaikan Efek Visual, dan gunakan tab Efek Visual.

12. Periksa malware

Malware (perangkat lunak berbahaya) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan program berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada komputer Anda. Ini bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk tautan email, unduhan perangkat lunak, dan bahkan iklan (malvertisements). Selain menyebabkan potensi kerusakan permanen pada sistem Anda, beberapa bentuk malware dapat memperlambat komputer Anda.
Menginstal perangkat lunak antivirus yang baik dapat membantu melindungi Anda dari malware dan ancaman lainnya. Ada beberapa opsi gratis solid yang tersedia, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.
Kami sangat merekomendasikan alat gratis Avira, yang memindai dan menghapus malware dan menyertakan alat pengoptimalan. Ini berarti itu akan melindungi data Anda dan mempercepat PC Anda pada saat yang bersamaan.
Jika Anda bersedia membayar biaya untuk perangkat lunak antivirus Anda, kami merekomendasikan Norton, TotalAV, atau McAfee.
Jika Anda mencurigai bahwa malware telah memengaruhi komputer Anda, Anda dapat memeriksanya menggunakan pemindai seperti Zemana AntiMalware. Anda kemudian bisa segera menghapus dengan menggunakan alat/software penghapus misalnya Malwarebytes Anti-Rootkit. Kami menguji kedua produk ini dan sangat senang dengan hasilnya. Demikian langkah ke 12 untuk mengatasi laptop yang lemot.

13. Nonaktifkan Cortana

Meskipun asisten digital Windows 10, Cortana, adalah fitur yang berguna, ia menggunakan banyak sumber daya dan juga mengancam privasi. Cortana mudah dilepas, tetapi dalam versi yang diperbarui itu sedikit lebih rumit. Namun, jika Anda ingin mengubah registri, Anda bisa.

14. Perbarui perangkat keras Anda

Jika Anda sudah mencoba semua trik di atas, mungkin inilah saatnya berinvestasi pada perangkat keras baru. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk menginvestasikan uang:
• Tambahkan SSD: Meskipun HDD menawarkan lebih banyak ruang dengan harga lebih rendah, menambahkan SSD dapat membuat komputer Anda jauh lebih cepat.
• Tambahkan lebih banyak RAM: Jika Anda memiliki sistem yang lebih lama, mungkin memori rendah untuk menjalankan aplikasi modern secara efisien. Selain itu, jika Anda menggunakan banyak program pada saat yang sama, Anda mungkin tidak memiliki cukup memori akses acak (RAM) untuk melanjutkan. Dengan memasang kartu RAM yang baru dapat memberi Anda tambahan kinerja seperti yang Anda butuhkan. Ini langkah terakhir untuk mengatasi laptop yang lemot.

Beberapa tips lagi

Tentu saja, bukan hanya sistem operasi Anda yang bisa memperlambat segalanya. Beberapa kebiasaan komputer serta aplikasi dan sistem lain dapat menyebabkan pengalaman keseluruhan yang lambat. Berikut beberapa tip lain untuk memberi tahu Anda:

  • Jaga kebersihan komputer: Ini mungkin terlihat jelas, tetapi penumpukan debu dan kotoran sebenarnya dapat memperlambat komputer Anda. Membersihkan komputer secara rutin dapat mempercepatnya dan mencegah panas berlebih.
  • Hapus ekstensi browser yang tidak digunakan – ini dapat memperlambat pengalaman browsing Anda, jadi sebaiknya lakukan pembersihan rutin di sana.
  • Gunakan ekstensi penghemat memori: Berbicara tentang ekstensi, ada beberapa opsi populer, termasuk Pembuangan Tab Otomatis dan Penangguhan Tab Baru yang akan mengurangi jejak memori dari tab yang terbuka.
  • Reboot Reguler: Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah reboot baru. Memulai ulang komputer Anda dapat memungkinkan pembaruan diterapkan dan menutup program yang diblokir. Saat Anda beristirahat, mungkin ini saat yang tepat untuk memulai kembali saat Anda pergi dan membuat secangkir teh untuk diri sendiri.
  • Jalankan lebih sedikit program secara bersamaan: Sama seperti multitasking yang dapat merusak produktivitas kita, menjalankan banyak program secara bersamaan dapat mengurangi kecepatan komputer Anda. Biasakan menutup program daripada meminimalkannya dan Anda akan melihat beberapa peningkatan.
  • Instal ulang sistem operasi Anda: Jika Anda telah mencoba semuanya dan terus mengalami masalah, upaya terakhir Anda mungkin menggunakan penginstalan baru Windows.

Jaga agar semuanya berjalan lancar
Setelah membersihkan komputer Anda dengan menerapkan beberapa tip di atas untuk cara mengatasi laptop yang lemot, Anda pasti ingin terus menjalankannya dengan kecepatan tinggi. Untuk menghindari frustrasi dengan kinerja yang buruk, ada baiknya Anda menjadwalkan pembersihan bulanan. Gunakan daftar saran di atas sebagai daftar periksa praktis dan Anda siap melakukannya.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Termudah Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …