Manfaat Makan Kencur Mentah Tiap Hari
Manfaat Makan Kencur Mentah Tiap Hari. Sumber: Google.com

Manfaat Makan Kencur Mentah Tiap Hari

Manfaat makan kencur mentah tiap hari apa saja. Khasiat kencur bagi kesehatan yang tidak boleh anda lewatkan: kegunaan, efek samping, dan interaksinya.

Kencur yang bernama latin Kaempferia galanga L ini masih satu famili dengan jahe atau Zingiberaceae. Maka tak heran jika banyak orang yang sering salah mengira kencur sebagai jahe dan lengkuas karena bentuknya yang hampir mirip. Padahal, kencur bisa membawa manfaat kesehatan yang berbeda dari jahe. Baca terus untuk mengetahui berbagai manfaat kencur bagi kesehatan tubuh, yuk!

Manfaat makan kencur mentah tiap hari

Kencur adalah sejenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas, menyegarkan dan kuat. Selain kita gunakan sebagai penambah rasa dalam masakan, manfaat kencur juga telah lama kita kenal sebagai obat alami.

Tanaman dari Asia ini termasuk dalam keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Zingiberaceae tidak hanya mencakup tanaman kencur, tetapi juga jahe, kunyit, dan lengkuas. Ya, dengan kata lain, kencur sebenarnya masih satu keluarga dekat jahe, lengkuas, dan kunyit.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bahan dasar masakan ini memiliki bentuk yang hampir sama, sehingga terkadang sulit untuk membedakannya. Tanaman kencur banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya di Asia, antara lain Indonesia, India, Bangladesh, Thailand dan Malaysia.

Tanaman kencur biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan atau dataran rendah. Struktur tanah yang paling baik untuk menanam kencur adalah tanah yang gembur atau tidak banyak mengandung air.

Namun, kencur juga tak kalah subur bila kita tanam di pot dengan kondisi tanah yang tidak terlalu basah. Meki yang paling sering saya pakai hanya sebagian dari umbi kencur, sebenarnya tanaman ini berbentuk utuh.

Sama seperti kebanyakan tanaman pada umumnya, tanaman kencur juga memiliki dengan dedaunan dan bunga. Hanya saja tampilan dan rasanya berbeda dari bumbu dapur lainnya.

Manfaat makan kencur mentah tiap hari dan kandungannya?

Selain rasanya yang khas dan bisa menambah kelezatan olahan masakan, manfaat Kencur tidak hanya sampai di situ. Berbagai kombinasi zat yang terkandung dalam kencur, yaitu:

Pati

Asam sinamat

Gom

Asam anisat

Sineol

Mineral

Etil ester

Alkaloid

Paraeumarin

Asam metil kanil dan penta dekaan

Borneol

Kamphene

Kandungan cineole, methylcanyl acid, pentadecane, cinnamic acid, dll termasuk dalam minyak atsiri. Tidak hanya itu, senyawa kimia lain dalam kencur adalah etil p-metoksisinamat, p-metoksistirena, karen, borneol dan parafin.

Diantara komponen kimia tersebut, etil p-metoksisinamat merupakan komponen utama dari kencur. Sedangkan untuk kandungan minyak atsirinya terdapat sekitar 2,4-2,9 persen kandungan minyak atsiri yang menyusun senyawa kencur.

Manfaat makan kencur mentah tiap hari untuk kesehatan?

Jika dimakan setiap hari, mungkin bisa menjadi berlebihan. Tetapi, jika konsumsinya cukup, banyak yang bisa kita peroleh.

Selain sebagai salah satu jenis bumbu masakan, kencur sebenarnya memiliki beragam manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Pengobatan batuk

Jamu tradisional kencur kita campur garam sudah lama kita kenal sebagai obat tradisional batuk berdahak.

Minum ramuan ini harapannya dapat mempermudah pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Selain sebagai obat batuk, ternyata ramuan herbal ini sering kita konsumsi para penyanyi sebelum tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan tampak lebih ringan, lho! Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat ini.

2. Menghilangkan stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Departemen Farmakologi di Jahangirnagar University di Bangladesh mampu menemukan manfaat kencur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ginkgo, baik rimpang/akar maupun daunnya memiliki sifat antidepresan pada sistem saraf pusat yang dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut juga memperkuat manfaat kencur bagi kesehatan sebagai efek sedatif yang penting. Untuk itulah, banyak orang menggunakan kencur sebagai obat yang kita gunakan untuk mengurangi efek stres, kecemasan, kecemasan, dan depresi.

Namun, penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas kencur bagi kesehatan tubuh manusia.

3. Pengobatan diare

Masih dari hasil penelitian sebelumnya yang dipublikasikan di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, saya menemukan hal yang menarik. Studi menunjukkan bahwa ekstrak kencur mengandung sejumlah besar zat sitotoksik dan bakteri.

Oleh karena itu, kencur banyak yang percaya sebagai pilihan pengobatan diare yang efektif. Hal ini sesuai bukti penelitian terhadap hewan coba yang terbagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok mendapat minyak jarak dengan cara meminumnya (melalui mulut) untuk menginduksi diare.

Ternyata, hewan coba yang mendapat ekstrak kencur menunjukkan tanda dan gejala khas diare yang lebih ringan bahkan berangsur-angsur hilang.

Sedangkan kelompok hewan coba lainnya yang tidak mendapat ekstrak kencur mengalami gejala diare yang menetap. Misalnya, tinja cenderung cair, sakit perut, dan sering buang air besar.

4. Bahan herbal

Di Indonesia, kencur merupakan bahan utama yang kita gunakan dalam pembuatan jamu, baik jamu tradisional maupun jamu modern buatan pabrik. Minuman herbal ini sering kita sebut nasi kencur dan terbuat dari campuran nasi, kencur, asam jawa, dan gula merah.

Manfaat kencur yang diolah menjadi minuman herbal bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak napas, masuk angin dan sakit kepala.

Namun sayang sekali lagi, penelitian tentang manfaat kencur masih sedikit.

5. Mencegah kerusakan gigi

Sifat antimikroba yang terdapat dalam kencur memiliki manfaat yang luar biasa. Kandungan ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh.

Pasalnya, jika bakteri ini kita biarkan semakin banyak dapat menyebabkan kerusakan gigi, seperti kerusakan gigi. Penyakit yang penderitanya anak-anak biasanya merusak gigi karena menyebabkan infeksi dan sakit gigi.

Apa manfaat kencur dalam memasak?

Umumnya, kencur kita gunakan sebagai bahan utama untuk menambah cita rasa pada olahan pecel, urap, karedok, atau bahkan seblak. Penambahan kuinquerille yang ditumbuk dengan banyak bumbu lainnya dimaksudkan agar masakan terasa lebih segar saat kita santap.

Bukan hanya ini. Kencur juga bisa kita campur dengan saus cabai sehingga mengeluarkan aroma yang harum saat kita santap. Tidak terbatas pada makanan, kencur juga bisa Anda gunakan pada minuman olahan yang akan memberikan rasa hangat di tenggorokan.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Termudah Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …