Kenapa Sim Card Tidak Terbaca

  • Bagikan
Kenapa Sim Card Tidak Terbaca
Kenapa Sim Card Tidak Terbaca. Sumber: Google.com

Kenapa Sim Card tidak terbaca dan solusinya. Sim Card tidak terbaca, simak cara mengatasinya! Ketika kita menggunakan ponsel dan menemukan bahwa SIM tidak terbaca, hal ini tentu saja menimbulkan masalah. Penyebabnya adalah kita tidak bisa menggunakan HP dengan baik.

Kenapa Sim Card tidak terbaca

Seperti yang kita ketahui HP memiliki fungsi sebagai jaringan seluler. Dengan fungsi ini, HP dapat mengakses Internet, melakukan panggilan telepon, menerima SMS, dan aktivitas HP lainnya.

Namun, apa yang terjadi jika kartu SIM tidak dapat terbaca di ponsel Anda? Anda sudah tahu bahwa efeknya akan sangat tidak menyenangkan.

Alasan kenapa Sim Card tidak terbaca

Oleh karena itu, fungsi jaringan seluler juga akan tidak aktif. Masalah dengan jenis SIM ini sangat mungkin terjadi. Bahkan, ada pengguna ponsel yang tidak mengalami gangguan ini hanya sekali.

SIM Card tidak bisa terbaca, Begini Cara Mengatasinya!

Pada dasarnya, SIM yang tidak terbaca ini tidak terjadi dengan sendirinya. Ada banyak hal yang bisa menjadi faktor pendorong.

Salah satunya adalah masa pakai kartu SIM yang sangat lama. Setiap item tentu memiliki masa pakai, begitu juga dengan kartu SIM.

Kartu SIM biasanya mengalami kerusakan plastik dan menguning setelah berumur lebih dari lima tahun. Jika kartu SIM Anda tiba-tiba tidak terbaca, ini bisa menjadi pemicu.

Tapi jangan khawatir, SIM yang tidak terbaca bisa kita atasi dengan cara yang mudah dan praktis. Berikut adalah cara untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca.

Solusi kenapa Sim Card tidak terbaca

1. Bersihkan kartu SIM

Cara yang bisa Anda gunakan untuk menyiasati SIM yang tidak terbaca adalah dengan membersihkannya. Sebagai langkah pertama, buka kartu SIM yang belum terbaca dan keluarkan dari slot kartu SIM ponsel Anda.

Setelah itu bersihkan dari debu halus jika menempel dan mengganggu kinerja SIM card. Secara umum, ini juga dapat kita lakukan dengan menggunakan penghapus dan menggosokkannya ke kartu SIM tembaga.

Kemudian Anda dapat mengaktifkan kembali ponsel Anda dan menunggu respons kartu SIM untuk terhubung ke jaringan seluler. Anda juga dapat menggunakannya kembali seperti sebelumnya.

2. Pengaturan ulang jaringan

Metode selanjutnya untuk mengatasi SIM yang tidak terbaca adalah reset jaringan. Hal ini karena masalah yang mungkin timbul bisa saja berasal dari operator seluler yang salah atau bermasalah.

Jadi ketika Anda menggunakan kartu SIM, itu tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk dapat memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengatur ulang jaringan di HP.

Jika Anda tidak dapat melakukan pengaturan secara otomatis, Anda dapat mengatur ulang secara manual. Caranya buka menu Setting, lalu Network & Internet, lalu Mobile Network, dan terakhir Access Point Names. Pada titik ini, Anda hanya perlu mengatur APN secara manual sesuai dengan jaringan dan operator seluler.

3. Hapus cache

Terkadang alasan kenapa SIM yang tidak terbaca bisa karena sebab hal-hal kecil yang tidak kita sadari. Salah satunya adalah file sampah yang menumpuk karena beberapa lama tidak kita bersihkan.

File yang tidak kita inginkan ini juga dapat mempengaruhi sistem. Jadi, tidak ada salahnya jika kita membersihkan file-file sampah di ponsel kita. Untuk membersihkan file sampah ini, kita bisa melalui pengaturan aplikasi.

Atau bisa juga dengan cara yang lebih praktis. Kita bisa membersihkannya menggunakan aplikasi cleaner. Aplikasi pembersih ini dapat membersihkan file sampah dalam waktu yang lebih cepat dan lebih singkat.

4. Setel ulang pabrik Android

Solusi kenapa SIM yang tidak terbaca dapat kita atasi dengan mengatur ulang Android ke pengaturan pabrik. Jika ketiga metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat melakukan reset pabrik Android.

Android factory reset memiliki fungsi untuk mengembalikan ponsel ke kondisi semula atau seperti baru. Namun, jika Anda ingin melakukan trik atau cara ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Setidaknya Anda harus lebih berhati-hati dan waspada. Karena semua pengaturan, termasuk akun dan aplikasi, juga akan terhapus saat Anda melakukan reset pabrik di Android.

Jangan lupa untuk backup data Anda yang sangat penting terlebih dahulu. Jadi, cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca supaya dapat beroperasi kembali secara optimal.

  • Bagikan