Body Protector Adalah
Body Protector Adalah. Sumber Gambar: google.com

Body Protector Adalah

Body protector adalah pelindung badan dari benturan. Biasanya sering kita gunakan pengendara sepeda motor atau atlet beladiri seperti pencak silat atau karate.

Untuk pengendara, memang saat berkendara sebaiknya tidak hanya memakai helm, tapi juga memperhatikan jaket riding. Jadi, untuk amannya, pilihlah riding jacket dengan tambahan Body Protector.

Body Protector Adalah

Saat ini, banyakyang menjual pelindung tubuh dari berbagai bahan.

Untuk anda yang sedang mencari pelindung tubuh, gunakan saja bahan ini dan tentu tidak akan melukai tubuh dan membuat sakit pinggang.

“Saat ini Body protector banyak terbuat dari plastik ABS dengan lapisan bahan yang lembut,” kata spesialis helm dan apparel DeRide Ewan Bachrum.

Ewan yang juga terkenal dengan nama Dr DeRide (Dr.DR) ini.

Material yang bagus untuk Body Protector adalah

Salah satunya adalah pelindung bodi dan punggung buatan Alpinestars.

BodyProtector dan pelindung punggung Alpinestars umumnya terbuat dari bahan polyurethane (PU) yang biasa kita sebut Nucleon, jelas Ewan saat bertemu di Jalan Radio Dalam Raya No. 17A, Gandaria Utara, Jakarta Selatan.

Saat kita genggam dan kita sentuh, permukaan Nucleon pada Body Protector dan back Protector halus dan fleksibel.

“Misalnya pada spatbor belakang,  Protector punggung Alpinestars berbahan polyurethane, mengikuti langsung bentuk tulang punggungnya,” jelas Ewan.

Berbeda dengan BodyProtector ABS yang biasanya desainnya solid sejak awal, tambahnya.

Keuntungan menggunakan pelindung bodi dan punggung polyurethane atau poliuretan adalah saat terjadi kecelakaan atau benturan.

“Kalau Body Protector ABS solid dari awal, kalau kena goncangan kuat bisa pecah, sedangkan polyurethane Protector tidak,” jelas Ewan.

“Menakutkan jika serpihan BodyProtector itu mengenai pengendara sepeda motor sendiri,” katanya.

Penggunaan lain

Selain pengendara sepeda motor, pelindung tubuh juga banyak kita gunakan dalam pencak silat.

Ada banyak jenis seni bela diri yang berkembang di Indonesia, dan selain memiliki aturan main yang berbeda, perlindungan diri yang kita gunakan antar jenis bela diri juga berbeda. Jika pencak silat memiliki BodyProtector dominan hitam, berbeda dengan BodyProtector karate putih dan BodyProtector taekwondo biru atau merah (Saputra, 2018).

Olahraga pencak silat merupakan ciri khas budaya asli Indonesia, dan merupakan salah satu jenis pencak silat asli yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional. Dapat kita katakan bahwa perkembangan olahraga pencak silat di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya turnamen atau event yang diadakan di tingkat cabang, tingkat daerah, dan tingkat nasional. Melalui turnamen-turnamen tersebut akhirnya benih-benih atlet pencak silat tingkat anak dan dewasa layak untuk ikut serta dan selanjutnya dapat ikut serta untuk berlaga di turnamen-turnamen di tingkat regional, nasional dan internasional (Indriyono, 2017).

Olahraga pencak silat sekarang memiliki aturan yang jelas bahwa tidak boleh menyerang kepala dan alat kelamin, sehingga cedera saat bertanding dapat kita hindari. Meski demikian, alat pelindung diri tetap dibutuhkan agar kecelakaan saat bertanding dapat kita hindari. Menggunakan pelindung tubuh, berlatih atau bertanding dalam pencak silat juga melindungi dari serangan lawan, sehingga memiliki tenaga dan keberanian untuk melancarkan serangan (Saputra, 2018).

Selain itu, pencak silat tidak hanya untuk orang dewasa saja. Sekarang ini banyak anak-anak yang mulai berlatih pencak silat, bahkan banyak berlangsung pencak silat anak-anak (Saputra, 2018).

Kesimpulan

Selain sebagai pelindung untuk berkendara sepeda motor, body Protector kita gunakan juga untuk melindungi diri dari serangan lawan. Pelindung tubuh biasanya kita gunakan untuk melindungi bagian depan tubuh, untuk melindungi alat kelamin, dan untuk melindungi gerakan. Body Protector ini merupakan perangkat wajib saat berlatih atau bertanding dalam pencak silat. Body Protector ini pembuatannya khusus untuk melindungi dada dan perut saat terjadi serangan. Bahan pelindung tubuh ini biasanya terbuat dari bahan oscar. Di dalamnya terdapat spon yang berfungsi untuk menahan serangan agar tidak langsung mengenai dada, perut dan alat kelamin pesilat yang bisa berakibat fatal. Bagian dalam Body Protector juga memiliki perlengkapan berupa selang fleksibel yang memudahkan pergerakan dan melancarkan serangan. Pelindung tubuh ini dapat kita gunakan untuk orang dewasa profesional maupun pemula. BodyProtector pencak silat tidak hanya untuk orang dewasa, ada juga Body Protector khusus untuk anak-anak.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …