Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa
Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa. Sumber Gambar: Alamy.com

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Bagaimana cara belajar naik motor agar cepat bisa dan aman?. Mampu mengendarai sepeda motor tentunya akan memudahkan Anda untuk bepergian kemana saja. Anda tidak perlu lagi bergantung pada transportasi umum. Juga, pengeluaran Anda jauh lebih rendah daripada yang Anda harus naik transportasi umum setiap hari.

Cara belajar naik motor agar cepat bisa

Tambahan lagi, kendaraan roda dua yang lebih kecil ini dapat dengan mudah meluncur di tengah kemacetan sehingga Anda bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Namun, belajar mengendarai sepeda motor bukanlah hal yang mudah, apalagi jika sebelumnya Anda belum pernah bisa mengendarai sepeda.

Ini trik cara belajar naik motor agar cepat bisa

Banyak pengendara sepeda motor belajar dengan cepat karena pada awalnya mereka sudah bisa mengendarai sepeda. Hal utama yang perlu untuk mengendarai motor adalah keseimbangan. Karena jumlah rodanya yang sama, apakah Anda juga ragu bisa mengendarai sepeda motor tanpa harus menggunakan sepeda? Kabar baiknya Anda masih bisa belajar naik motor, lho! Berikut trik belajar mengendarai sepeda motor jika Anda tidak bisa mengendarai sepeda.

1. Latihan keseimbangan

  1. Minta bantuan orang lain

Anda bisa mencari bantuan dari keluarga atau teman yang mengerti dan mampu mengajar sepeda motor. Mereka juga dapat membantu Anda ketika Anda mulai belajar. Tentu saja, mampu menyeimbangkan diri di atas sepeda motor dengan latar belakang tidak bisa mengendarai sepeda adalah tantangan tersendiri saat Anda terpacu untuk seimbang.

  1. Cara memegang stang kanan sepeda motor

Anda dapat memegang stang sepeda motor menggunakan empat jari sementara ibu jari berada di bawah. Hindari meletakkan tangan Anda di ujung setang karena pegangan Anda mudah terlepas jika Anda mengalami syok atau serangan panik.

Coba gerakkan setang ke kiri dan ke kanan untuk mengenalnya. Kemudian coba dorong motor ke depan menggunakan kedua kaki. Kemudian tarik tuas rem. Lakukan ini sesering mungkin sambil memutar gas. Anda juga dapat mempelajari cara membalikkan motor dengan memutar roda kemudi saat Anda menggerakkan motornya ke depan dan ke belakang. Jadi, latihan ini berguna untuk melatih keseimbangan.

  1. Angkat satu kaki secara bergantian

Sudah terbiasa dengan langkah sebelumnya? Artinya Anda bisa mencoba latihan selanjutnya yaitu mengangkat satu kaki secara bergantian ke kaki motor. Kaki mengambang bertindak sebagai tindakan pencegahan jika keseimbangan Anda terputus-putus. Saat Anda memutar gas dan menekan tuas rem, Anda dapat bergantian mengangkat kaki. Setelah keseimbangan Anda stabil, coba angkat kedua kaki di pijakan kaki motor.

2. Mengenal sepeda motor

  1. Pelajari fitur dan seluk beluk sepeda motor

Cara belajar naik motor agar cepat bisa kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui karakteristik, karakteristik dan juga tenaga dari motor yang akan Anda gunakan. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah duduk tenang di atas sepeda motor tanpa harus menyalakan mesin dan kemudian meraih stang sepeda motor.

Sebaiknya menggunakan sepeda motor dengan kapasitas mesin yang kecil terlebih dahulu, seperti Honda Beat, Scoopy atau Supra. Karena kapasitas mesin yang lebih besar juga akan membuat bobotnya bertambah. Sebagai tambahan, perlu juga untuk menggunakan sepeda motor jenis bebek atau matic terlebih dahulu agar Anda tidak perlu pusing memikirkan aturan kopling yang membuat pikiran Anda bercabang saat mengendarainya.

  1. Gunakan gas dan rem dengan bijak

Langkah selanjutnya adalah membiasakan diri dengan fungsi gas dan rem. Anda perlu melatih teknik gas dan rem dengan memanfaatkan intuisi Anda saat memutar gas dan menarik tuas rem. Coba, jangan gunakan kecepatan tinggi dulu. Putar rem pada roda kemudi secara perlahan.

Coba lakukan latihan ini. Pertama, hidupkan mesin dengan menekan tombol start. Kemudian masukkan gigi satu jika mesin Anda manual. Selanjutnya, nyalakan gas secara perlahan hingga mesin hidup. Kemudian tarik tuas rem secara perlahan. Anda tidak perlu menekan tuas rem dengan keras, ini akan membuat gerakan menjadi kasar.

  1. Gunakan rem depan dan belakang

Yang penting, aplikasikan kedua rem secara bersamaan agar kualitas pengereman sesuai harapan. Gunakan insting Anda untuk menarik tuas agar pengereman tidak terlalu spontan.

  1. Kenali terus motornya

Yang terpenting adalah Anda harus selalu berlatih dengan motor yang Anda miliki. Setiap kendaraan berbeda, meskipun merek dan modelnya sama. Kenali motor Anda, ketahui semua karakteristiknya, dan keselamatan berkendara akan selalu dalam bayangan Anda.

Akhir Kata

Ini cara belajar naik motor agar cepat bisa kalau belum bisa naik sepeda. Pilih lokasi yang sepi, seperti jalan di kompleks apartemen yang tidak banyak lalu lalang  kendaraan agar aman saat latihan. Tenang saja, dengan latihan rutin pasti bisa naik motor tanpa khawatir lagi.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …