Bisnis  

Kuota Internet Lokal Adalah

Kuota Internet Lokal Adalah
Kuota Internet Lokal Adalah. Sumber gambar: Google.com

Pengertian kuota internet lokal adalah dan bagaimana cara menggunakannya. Sebagai pengguna paket perdana Telkomsel yang ingin membeli paket data kuota internet, saya sempat bingung dengan pembagian kuota dari berbagai paket yang ditawarkan.

Soalnya, ada istilah Kuota Internet Lokal.

Apa maksudnya Internet Lokal Telkomsel?

Nah setelah melakukan pencarian Google akhirnya saya menemukan jawaban yang menjelaskan kuota internet lokal Telkomsel dengan bahasa yang cukup singkat dan mudah dipahami.

Kuota internet lokal adalah

Ternyata, kuota jenis ini adalah data jaringan internet yang hanya bisa digunakan di wilayah atau zona tertentu. Biasanya daerah tempat kartu tersebut ditujukan untuk dipergunakan. Misalnya untuk area 1.

Jadi, kartu ini aktif di area 1 saja.

Seperti apa area 1 itu, kita tidak terlalu tahu. Karena ini adalah urusan Telkomsel. Area ini bisa berubah tergantung kemudahan operasional mereka. Jadi, tidak ada jaminan.

Jika ingin tahu, maka bisa telepon call center secara langsung untuk bertanya area tertentu.

Masalahnya, terkadang ada agen yang mencampur kartu tersebut. Misalnya kartu dari area 1 yang dimasukkan ke area 2. Kemudian dibeli oleh konter HP di area 2.

Setelah diaktifkan, kartu ini tidak bisa jalan. Meskipun diaktifkan di area 2 dan digunakan di area 2 juga.

Alasannya jelas, kartu ini awalnya dibuat untuk aktif hanya di area 1 saja.

Padahal kuota internet lokal adalah kuota yang hanya aktif di area tertentu saja. Jadi, kuota lokalnya tidak sesuai.

BACA JUGA:   Top Up Gopay dari BCA

Meskipun begitu, paket internet lokal ini ada kelebihannya.

Kuota Internet lokal dalam paket Internet Telkomsel mendukung sinyal jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Jumlah kuotanya juga lebih besar dari kuota Internet utama.

Jadi, kuota internet lokal adalah kuota internet yang hanya dapat digunakan di wilayah atau kota tempat kartu ini dibuat. Berbeda dengan kuota internet utama atau reguler yang berlaku secara nasional di seluruh Indonesia.

Selain Telkomsel saya juga perhatikan ada ISP lain yang memiliki kuota seperti ini, salah satunya yang saya ketahui adalah 3 (Tri) dalam paket Kuota Gaming yang bernama H3RO.

Bagaimana cara menggunakan kuota internet lokal

Oleh karena itu, belilah paket data Internet di daerah yang akan Anda gunakan Internetnya secara rutin atau lebih sering, agar potensi paket Internet lokal dapat dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya di rumah atau di kantor.

Jika di kantor sudah ada WiFi, kita bisa aktifkan paket data internet untuk keperluan paket internet lokal di rumah. Artinya paket juga bisa digunakan saat berselancar di web dengan ponsel di rumah.

Jadi jangan bingung nanti jika kuota internet lokal tidak terpakai selama internetan dan hanya menyerap kuota utama. Salah satu kemungkinannya, Anda berada di luar jangkauan kuota internet lokal.

Jadi, ketika kuota utama habis dan hanya tersisa kuota internet lokal, data tetap tidak digunakan selama berada di luar area jangkauan.

Misalnya, jika Anda membeli paket kuota internet di Jakarta, kuota internet lokal bisa digunakan di Bogor, Bekasi, Tangerang. Tetapi di Bali tidak bisa. Jadi, ya, Anda harus berada di Jakarta.

BACA JUGA:   Cara Mengecek Paket XL

Jika melakukan browsing di luar jangkauan kuota internet lokal, kuota yang digunakan adalah kuota utama (jika ada) atau otomatis dipotong dari sisa pulsa.

Jika terpaksa sudah terlanjur membeli kuota lokal yang beda area, mungkin masih bisa digunakan.

Caranya, menggunakan fake GPS atau VPN. Silahkan dicoba. Barangkali berhasil.

Area kuota internet lokal adalah?

Setidaknya hingga artikel ini diterbitkan, saya belum mengetahui metode atau cara untuk megetahui detail wilayah jangkauan kuota internet lokal.

Pembagian Kuota Lokal tampaknya bukan semata area Kabupaten saja. Tetapi, lebih ke area sesuai jangkauan Telkomsel. Jadi, sekali lagi, kita tidak tahu pasti. Ini hubungannya dengan teknis dan jaringan mereka.

Jika ingin bertanya, pastinya bisa lewat Call Center Telkomsel saja.

Kalau bertanya ke orang lain, hampir pasti dia tidak akan tahu.

Nah, jika tidak ingin khawatir dengan kuota internet lokal yang ternyata lebih murah, sebaiknya beli paket internet yang sudah termasuk semua kuota utama, meski harganya pasti lebih tinggi. Tapi lebih fleksibel. Mahal tapi fleksibel.

Jangan protes! Ada harga, ada kualitas.

Jika Anda tidak ingin membeli dengan harga paket Internet Telkomsel yang mahal, Anda bisa menggunakan provider lain.

Menurut saya paket internet Telkomsel itu mahal. Secara pribadi, saya menggunakan kartu Telkomsel saya untuk menelepon pengguna Telkomsel lain dan membeli data internet internasional untuk keperluan saya diluar negeri.

Jadi,  kuota internet lokal adalah kuota yang berlaku di area tertentu.