Ciri Ciri HP di Hack

  • Bagikan
Ciri Ciri HP di Hack
Ciri Ciri HP di Hack. Sumber gambar: Pinterest.com

Apa saja ciri ciri HP di hack dan cara – cara untuk mengatasinya. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, berbagai kejahatan digital juga santer terdengar. Jika pengguna yakin bahwa ponsel yang digunakan telah diretas, ia bisa menemukan solusi. Untuk mengetahui apakah ponsel telah diretas atau tidak, ada beberapa tanda yang terlihat. Untuk mengetahuinya, simak lebih dekat ciri-ciri ponsel yang diretas dan cara mengatasinya:

Ciri ciri HP di hack

Banyak orang melakukan kejahatan digital seperti meretas ponsel orang lain untuk keuntungan pribadi. Hal ini tentu sangat merugikan pihak lain yang menjadi korban. Sekalipun ponsel diretas tanpa sepengetahuan, masih ada beberapa ciri yang menunjukkan jika ponsel yang digunakan diretas, seperti berikut ini:

1. Baterai terkuras

Salah satu fitur yang bisa dilihat pengguna saat ponsel diretas adalah baterai HP cepat habis. Pemborosan baterai ini disebabkan oleh aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan pengguna. Aplikasi tersebut dipasang oleh peretas untuk mengirim data pengguna dari ponsel yang digunakan.

2. Aplikasi asing yang terpasang di Hp

Seperti disebutkan di atas, peretas menyuntikkan aplikasi yang berguna untuk mengirim data pengguna ke peretas. Karena itu, jika Anda menemukan aplikasi aneh yang diinstal, periksa ponsel Anda dan segera hapus aplikasi. Jenis aplikasi ini juga dapat muncul ketika pengguna membuka situs web atau mengunduh file dari Internet.

3. Kuota yang cepat habis

Ciri ciri HP di hack lain yang bisa dilihat pengguna adalah kuota internet yang boros. Hal ini bisa terjadi karena pengiriman data dari ponsel pengguna ke hacker membutuhkan akses internet. Oleh karena itu, aplikasi penyusup yang diretas akan tetap bekerja dan menyerap kuota internet.

4. Muncul aktivitas aneh di Hp

Beberapa hal aneh yang muncul di ponsel juga bisa menunjukkan bahwa ponsel telah diretas. Misalnya, muncul iklan yang mengganggu penggunaan ponsel dan memperlambat kinerja ponsel. Selain itu, masalah lain mungkin juga muncul, seperti nomor HP yang terblokir dan tidak bisa dipergunakan atau bahkan perubahan di media sosial pengguna.

5. Ada suara aneh saat telepon berlangsung

Ciri ciri HP di hack berikutnya yang mungkin menunjukkan bahwa ponsel telah diretas adalah munculnya suara aneh ketika pengguna membuat panggilan telepon. Selain mencuri data, peretas kerap melakukan aktivitas menguping pada ponsel pengguna, termasuk menyadap percakapan. Jika suara aneh terjadi selama percakapan yang tidak didengar oleh pihak lain, pengguna harus curiga.

Solusi jika ciri ciri HP di hack terlihat

Kejahatan digital seperti yang dilakukan oleh hacker sangat merugikan banyak pihak. Ini karena peretas ini dapat mencuri informasi pribadi pengguna dan menyebarkan data sensitif secara tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, agar tidak tersesat, pengguna perlu mengetahui ciri-ciri ponsel yang diretas dan cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Aktifkan keamanan dua langkah

Memang hal ini sering dilupakan oleh para pengguna smartphone. Padahal ini sangat penting untuk mencegah ponsel diretas. Saat ini, berbagai aplikasi telah menggunakan keamanan dua tingkat untuk memastikan perlindungan penggunanya dengan mengirimkan kode OTP ke nomor pengguna setiap kali akun diakses.

Setelah mengaktifkan keamanan 2 tahap, masih ada solusi lain jika ciri ciri HP di hack yaitu:.

2. Ubah semua kata sandi

Selanjutnya, Anda dapat menangani ponsel yang diretas dengan keluar dan mengubah semua kata sandi dari akun Anda. Metode ini dapat melewati peretas yang mencoba mengakses akun pengguna. Untuk memilih kata sandi, Anda tidak boleh menggunakan nama atau tanggal lahir Anda atau kata sandi yang digunakan sebelumnya. Semakin rumit kata sandi, semakin baik.

3. Matikan semua koneksi Internet, GPS, dan Bluetooth saat tidak digunakan

Solusi lain jika ciri ciri HP di hack tampak, adalah mematikan semua koneksi di ponsel Anda saat tidak digunakan. Juga, jangan terima pemasangan Bluetooth dari perangkat yang tidak dikenal. Karena peretas dapat menggunakannya untuk melacak dan menyadap ponsel pengguna.

4. Setel ulang HP

Cara mengatasi ponsel yang diretas selanjutnya adalah dengan mereset ponsel. ( reset pabrik ). Hal ini dapat dilakukan untuk menghapus semua pengaturan, file aplikasi dan data pada ponsel agar kembali kosong seperti ponsel baru. Untuk mengatur ulang HP, Anda dapat melakukannya dari menu pengaturan. Cara ini berlaku untuk model smartphone apa pun.

Kesimpulan ciri ciri HP di hack

Itulah ciri – ciri HP yang diretas dan cara mengatasinya. Untuk mencegahnya, pengguna juga harus menghindari mengakses tautan ilegal atau mengunduh aplikasi secara sembarangan. Karena bisa jadi aplikasi atau link tersebut telah disusupi virus berbahaya.

  • Bagikan