Cara Melacak Wajah Seseorang

  • Bagikan
Cara Melacak Wajah Seseorang
Cara Melacak Wajah Seseorang. Sumber Gambar: Kapersky.com

Cara melacak wajah seseorang secara online. Wajah memang tidak begitu unik dan permanen seperti sidik jari, tetapi mudah ditangkap dan dicari. Perawatan wajah, dari kamera atau profil online, adalah alat yang ampuh dalam menemukan orang dan melacak setiap langkah mereka.

Cara melacak wajah seseorang

Mencari wajah orang lain, terkadang bisa membantu kehidupan kita. Misalnya saja, melihat orang yang tertangkap di CCTV sedang berbuat kejahatan. Bisa juga untuk mencari pelaku kriminal lainnya. Tetapi, memang hingga kini belum ada alat yang 100% bisa diandalkan.

Tetapi, memang ada yang bisa menunjukkan beberapa persamaan.

Berikut adalah beberapa mesin pencari wajah yang mungkin memberi Anda sensasi. Mari kita lihat apa yang mereka ungkapkan tentang Anda atau teman Anda.

Website untuk cara melacak wajah seseorang

1. Pencarian Gambar Google

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mencari Google dengan gambar? Alih-alih kata kunci, Anda dapat menggunakan gambar untuk mencari gambar serupa.

Klik ikon kamera untuk mencari berdasarkan gambar. Anda dapat menempelkan URL gambar atau mengunggah gambar dan Google akan menemukan gambar serupa.

Selain itu, Anda dapat membuat Google mencari wajah hanya dengan menambahkan sepotong kecil kode.

Saat Anda membuka Pencarian Gambar Google, masukkan kueri Anda, tekan Enter, lalu tambahkan “& imgtype = face” (tanpa tanda kutip), baik di akhir URL pencarian atau sebelum string lain yang kita mulai dengan &. Ini akan meningkatkan hasil pencarian wajah Anda.

Setelah Anda menambahkan jenis gambar ke URL, Anda juga akan menemukan opsi ini di bawah Alat > Jenis.

Google juga menawarkan pengenalan wajah di Foto Google, yang berarti Anda dapat mencari orang dan bahkan hewan peliharaan di foto Anda.

2. PicTriev: pengenalan wajah

PicTriev melangkah lebih jauh dengan pencarian sebenarnya untuk wajah yang mirip. Sayangnya, fitur tersebut terbatas pada selebriti serupa.

Yang Anda lakukan adalah menambahkan URL atau mengunggah gambar dalam format JPG atau JPEG, dengan ukuran tidak lebih dari 200KB, dan mesin pencari akan menampilkan foto selebriti yang cocok yang terdapat di Internet.

Untuk tujuan demonstrasi, saya menggunakan headshot saya sendiri. Sementara PicTriev dengan tepat mengidentifikasi saya sebagai wanita yang luar biasa, pasangan pertama adalah Jason Clarke. Namun, perkiraan berusia 30 tahun adalah hal yang cukup bagus.

Ini bekerja paling baik jika Anda mencari gambar seorang selebriti.

PicTriev juga memungkinkan Anda untuk membandingkan kesamaan dua wajah atau memperkirakan apakah gambar dua wajah adalah orang yang sama. Klik ikon penghitung di kanan atas, unggah dua foto, pilih Kesamaan atau Identitas, dan biarkan PicTriev menghitungnya.

Sebelum menambahkan gambar, pastikan untuk mengikuti petunjuk pemformatan untuk hasil terbaik.

3. TinEye: Reverse Image Search

Pencarian gambar terbalik TinEye bekerja hampir seperti Google. Anda dapat mengunggah gambar atau menempelkan URL dan menelusurinya. TinEye tidak mendukung lebih banyak operator pencarian, yang membuatnya lebih sederhana dan mendasar.

Dalam pengujian saya, TinEye menemukan tiga hasil, salah satunya tidak terdapat di hasil Google karena situs tersebut mati bertahun-tahun yang lalu. Dia juga melewatkan hasil yang lebih baru yang ternyata bisa Google dapatkan. Bagi saya, ini menunjukkan bahwa indeks pencarian TinEye sudah cukup tua.

Tidak seperti Google, TinEye menautkan langsung ke halaman tempat Anda menemukan gambar dan melompati gambar serupa.

4. PimEyes: Face Search

Mirip dengan pencarian wajah Google, PimEyes menggunakan pengenalan gambar dan wajah untuk mencari wajah yang mirip di lebih dari 10 juta situs. Demo yang menggunakan wajah selebriti seperti Angelina Jolie atau Zac Efron terlihat menjanjikan.

Misalnya, Anda dapat menelusuri wajah Jennifer Aniston menggunakan empat foto berbeda sekaligus. PimEyes akan menemukan foto asli, serta bidikan Aniston lainnya.

Anehnya, ternyata aplikasi menemukan gambar asli yang saya gunakan dalam pencarian, kemiripannya tercatat hanya sekitar 70 persen. Bukankah seharusnya mendekati 100 persen? Atau apakah algoritme memperhitungkan resolusi gambar, ukuran, kecerahan, dan variasi numerik lainnya?

Saya mencoba layanan itu sendiri, memberikan PimEyes tiga gambar berbeda untuk saya analisis.

Ada gambar saya yang lain yang dapat saya temukan di internet, tetapi PimEyes tidak mendeteksinya. Yang terbaik yang saya temukan adalah wajah orang lain dengan 62% kesamaan. Ternyata, foto saya tidak muncul di salah satu dari 10 juta situs yang dianalisis oleh PimEyes.

Perhatikan bahwa PimEyes menawarkan kesepakatan 24 jam yang memberikan akses ke hasil pencarian premium. Tetapi mengingat hasil saya yang meragukan, saya tidak merekomendasikan membayar untuk layanan ini.

5. Betaface: Facial Recognition Demo

Betaface menawarkan pencarian pengenalan wajah yang mirip dengan identifikasi gambar PicTriev. Anda dapat mengunggah gambar atau mengirimkan URL gambar dan mesin pencari wajah akan mengisolasi dan menandai semua wajah yang dapat ia kenalinya dalam gambar.

Kemudian, Anda dapat membandingkan wajah (dengan foto lain yang telah Anda unggah), mencari selebritas, atau mencari di Wikipedia untuk setiap wajah yang ada. Hasilnya akan muncul di tabel kecocokan pengenalan wajah.

Alat ini berguna untuk mengunggah dan membandingkan gambar secara massal. Selain mengklasifikasikan wajah berdasarkan 101 titik wajah profesional, Anda juga dapat mengaktifkan metrik geometris dan kromatik yang diperluas, serta fitur Best Face Only. Keduanya memperlambat pemrosesan, tetapi akan meningkatkan kualitas kecocokan.

Jadi, bagaimana cara melacak wajah seseorang?

Pengenalan wajah dan alat pencarian memiliki banyak aplikasi yang berguna. Mereka tidak hanya dapat membantu polisi mengidentifikasi tersangka dari rekaman CCTV. Mereka juga dapat membantu fotografer profesional atau perusahaan media membuat katalog materi visual dan membuat arsip besar yang mudah mereka cari. Selain itu, fitur pengenalan wajah dapat menggantikan kata sandi dan kunci.

Tapi ada sisi gelap dari setiap alat. Belum lama ini, penipuan viral marketing Facezam menyoroti apa yang dapat kita lakukan. Yaitu melakukan pengenalan wajah serta dampaknya terhadap privasi Anda. Pembuat aplikasi mengklaim bahwa dalam hitungan detik, Anda dapat menemukan profil Facebook siapa pun dengan mengunggah foto wajah mereka. Intinya, FindFace untuk Facebook.

Sementara aplikasi semacam itu akan melanggar kebijakan privasi Facebook, Facebook sendiri menggunakan pencarian dengan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi orang di foto (kecuali Anda menonaktifkan fitur tersebut). Dan mesin pencari wajah Facebook mungkin lebih baik daripada alat identifikasi FBI.

mengapa? Karena Anda telah secara sukarela mengisi database Facebook dengan berbagai macam foto, semuanya membantu meningkatkan AI-nya lebih cepat daripada yang bisa FBI impikan. Dan semua ini sah. Anda tidak selalu dapat menyembunyikan wajah Anda, tetapi Anda dapat melindungi privasi Anda secara online.

  • Bagikan