Tempat Lelang Motor Bekas

  • Bagikan
Tempat Lelang Motor Bekas
Tempat Lelang Motor Bekas. Sumber Gambar: Adira.com

Dimana tempat lelang motor bekas yang rutin? Sebuah sepeda motor tidak hanya dapat Anda beli melalui dealer, tetapi juga dapat Anda lakukan melalui lelang.

Biasanya, ada balai lelang yang rutin melelang berbagai jenis barang, termasuk sepeda motor. Jadi, bagi yang ingin membeli sepeda motor, ada berbagai cara. Salah satunya melalui lelang. Namun cara ini belum banyak orang yang mengetahuinya.

Tempat Lelang Motor Bekas

Saat ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan semua orang. Selain memudahkan untuk kemana-mana, memiliki sepeda motor bisa menghemat pengeluaran sehari-hari. Harganya terjangkau untuk semua kalangan, termasuk kalangan menengah ke bawah.

“Bahkan, sebagian besar pembeli kami adalah pemilik showroom. Kami juga mengedukasi masyarakat tentang lelang sepeda motor ini,” kata Evan Bernady selaku Asisten Direktur Pemasaran Balai Lelang Caready,

Kelebihan Tempat Lelang Motor Bekas

Nggak harus beli motor baru, banyak motor bekas yang masih worth to buy. Namun, Anda tetap harus mengecek terlebih dahulu sebelum membeli motor bekas. Jika Anda tidak cermat dalam membeli sepeda motor bekas, Anda bisa mendapatkan sepeda motor bekas yang sudah tidak layak pakai. Bahkan, Anda harus membeli sepeda motor lagi jika sepeda motor bekas tidak bisa Anda perbaiki.

Anda juga dapat membeli sepeda motor bekas atau baru melalui lelang. Cara ini menarik karena konsumen dapat menawar harga sesuai keinginannya berdasarkan kondisi sepeda motor yang ingin Anda beli di lelang.

Kerugian dan keuntungan membeli sepeda motor melalui lelang

Dari berbagai sumber, kami merangkum beberapa keuntungan dan kerugian membeli sepeda motor melalui lelang.

  • Proses pelelangan memakan waktu lama
  • Tidak memiliki dokumen seperti STNK dan BPKB

Selain beberapa kekurangan di atas, membeli sepeda motor melalui lelang juga memiliki banyak kelebihan, antara lain.

  • Harga jual lebih murah dari harga pasaran
  • Pilihan kendaraan yang dipamerkan lebih dari sekedar motor showroom
  • Bisa langsung melihat kondisi kendaraan yang dilelang, kondisi sasis, mesin dan dokumen kendaraan

Tata Cara Lelang Motor Jakarta

Tata cara lelang sepeda motor yang benar.

Ada dua cara mengikuti lelang sepeda motor di Jakarta. Metode pertama adalah lelang di tempat, dimana pembeli sepeda motor datang langsung ke tempat lelang, dan metode kedua adalah lelang online.

“Syarat untuk melakukan pelelangan sepeda motor adalah peserta hanya perlu menunjukkan KTP dan NPWP,” kata Evan. Berikut tata cara pembelian sepeda motor melalui lelang di tempat yang kami kutip dari berbagai sumber.

Peserta lelang sepeda motor memilih jadwal lelang.

Peserta wajib tiba tepat waktu ke aula lelang sesuai jadwal yang Anda pilih.

Penawaran harga sepeda motor yang dilelang akan disampaikan secara lisan oleh pemandu lelang, dengan harga penawaran masih naik. Jika peserta pameran setuju dengan harga, peserta dapat menaikkan NIPL mereka. Untuk mendapatkan NIPL atau nomor identifikasi Peserta Lelang, peserta dapat mengajukan permohonan melalui website atau datang langsung ke balai lelang. Peserta juga harus menunjukkan sejumlah jaminan di aula lelang sebelum lelang berlangsung.

Pemenang lelang akan  panitia umumkan untuk lelang dengan harga tertinggi atau penawaran terakhir untuk sepeda motor.

Jika Anda menang, maka Anda berhak:

  • Mengajukan penawaran dengan kelipatan Rp 100.000.
  • Berhak memenangkan sepeda motor pilihannya sebanyak sepeda motor NIPL miliknya.
  • Pemenang lelang ditandai dengan klik palu oleh penjual dan keputusan tidak dapat dibatalkan.
  • Menerima surat konfirmasi untuk menandatangani dan mengambil pejabat balai lelang NIPL.
  • Harus membayar harga total sepeda motor yang Anda pilih selambat-lambatnya tiga hari kerja sejak tanggal lelang.

Prosedur Lelang Online

Selain situs, ada juga prosedur lelang online sebagai berikut.

Cek jadwal lelang online dan daftar sepeda motor yang masuk lelang melalui website rumah lelang.

Daftar dan masuk ke situs.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti lelang, penawar dapat membeli NPL. Sebagai informasi, hanya satu NPL yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan satu jenis sepeda motor lelang.

Peserta dapat menawar dengan mengklik tombol tawaran di situs web mereka.

Jika memenangkan lelang, peserta harus melakukan pembayaran selambat-lambatnya tiga hari setelah lelang. Bagi peserta yang kalah dalam lelang, uang jaminan dari pembelian NPL akan mereka kembalikan satu hari setelah lelang.

Tips memilih sepeda motor melalui lelang

Bagi seorang Anda yang ingin membeli sepeda motor melalui lelang, harus mengetahui dulu tipsnya agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Berikut beberapa tips membeli sepeda motor melalui lelang.

  • Cek fisik mesin langsung

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek langsung kondisi sepeda motor yang ingin Anda beli sesuai dengan informasi dokumen yang tertera. Biasanya balai lelang sepeda motor selalu melakukan pengecekan sebelum lelang. Antara lain, memeriksa mesin sepeda motor, serta eksterior untuk menginformasikan calon konsumen tentang harga dasar lelang.

Jika Anda berminat menjual sepeda motor melalui lelang, Anda bisa mendapatkan harga yang rekomendasi sesuai dengan kondisi sepeda motornya.

  • Periksa dokumentasi mesin

Tips kedua, selain memeriksa kondisi sepeda motor lelang, adalah memeriksa dokumen penting sepeda motor, seperti BPKB dan tahun pajak, serta nomor ban dan nomor mesin sepeda motor dengan cermat.

  • Pemeriksaan ulang harga pasar sepeda motor

Sebelumnya juga  kami sarankan untuk memilih tempat dan menjadwalkan waktu agar tidak terburu-buru memilih motor target di tempat lelang. Jika demikian, periksa kembali harga pasar motor target dan bandingkan dengan daftar harga saat ini. Hal ini agar Anda memiliki kriteria dan batasan harga yang penawaran saat mengikuti lelang motor ini.

  • Tentukan anggaran

Selama pelelangan,  kami sarankan untuk tidak melebih-lebihkan keberanian saat menawar harga. Kami menyarankan Anda melakukannya dengan sabar dan menunggu sebentar agar Karmudian bisa mendapatkan harga dan penawaran terbaik pada motor lelang Karmudian yang Anda inginkan.

Inilah tips penting yang harus Anda ketahui sebelum membeli sepeda motor di lelang agar perasaan tidak terbawa suasana. Harap Anda catat bahwa setiap lelang memiliki kenaikan yang berbeda, tergantung pada rumah lelang mana Anda berpartisipasi.

  • Bagikan