Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan. Sumber Gambar: Google.Com

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan atau mati. Pernahkah Anda mengalami kesalahan seperti “Tidak dapat terhubung ke kamera di Android” atau kesalahan “Kamera telah berhenti”? Jika jawabannya ya, maka Anda tidak perlu khawatir lagi! Jika jawabannya tidak, memiliki informasi ini akan membantu Anda di masa depan. Hari ini di artikel ini kita akan membahas potensi kesalahan kamera yang pengguna hadapi, alasan di balik kesalahan tersebut dan bagaimana Anda dapat mengatasinya!

Kenapa kamera HP tidak bisa digunakan

Mengapa kesalahan ini terjadi?

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang disebutkan di bawah ini, ketika Anda mencoba mengakses kamera di smartphone Android Anda: “Camera Error: Cannot connect to the camera”, maka pesan ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan perangkat lunak atau bagian perangkat keras Anda. Tetapi, untungnya dalam kebanyakan kasus, masalahnya terkait dengan perangkat lunak dan dapat diperbaiki.

Kesalahan ini akan terjadi ketika Anda mencoba meluncurkan kamera baik melalui aplikasi kamera secara langsung atau dari aplikasi pihak ketiga lainnya. Misalnya saja seperti instant messenger (QQ, WeChat, Kik, Facebook Messenger, WhatsApp, Skype, dll). Atau bisa juga  aplikasi media sosial (Facebook, Twitter, Snapchat, Instagram, LinkedIn, dll.), atau aplikasi lain apa pun. Dan, Anda akan mendapatkan layar kosong dan Anda akan melihat pesan kesalahan berikut: tampilan “Tidak dapat terhubung ke kamera”.

Penyebab kenapa kamera HP tidak bisa digunakan

Tidak ada alasan khusus untuk masalah akses kamera pada aplikasi kamera atau pihak ketiga, tetapi berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kesalahan akses kamera aplikasi. Ini adalah:

  • Ruang penyimpanan perangkat kurang
  • RAM rendah
  • Ketidakcocokan kamera
  • Menginstal terlalu banyak aplikasi memperlambat kinerja perangkat
  • Perangkat lunak bawaan atau kesalahan teknis
  • Terhalang aplikasi pihak ketiga

Bagaimana cara memperbaiki masalah kegagalan kamera Android?

Di sini kami akan membagikan kepada Anda daftar semua solusi yang mungkin untuk memperbaiki masalah terkait kamera Android ini. Solusi terdaftar berdasarkan kemampuan potensial untuk memperbaiki masalah. Anda akan menemukan banyak solusi, jika satu metode tidak berhasil, coba yang lain.

Catatan Khusus: Saya sangat merekomendasikan untuk mengosongkan beberapa ruang pada ponsel cerdas Android Anda dan penyimpanan RAM. Setelah itu baru melihat ke fungsi kamera untuk melewati beberapa bug dasar. Jika kamera masih bermasalah atau menampilkan pesan kesalahan, lanjutkan dengan solusi yang tercantum di bawah ini.

Solusi 1. Nyalakan ulang perangkat

Ini adalah cara dasar untuk mencapai sesuatu di versi perangkat Android apa pun. Ini adalah cara paling sederhana untuk mengatasi masalah kecil di ponsel Android Anda. Reboot sederhana dapat memperbaiki beberapa masalah kesalahan dengan perangkat dan reboot menghilangkan masalah teknis perangkat jika ada. Restart sistem dapat membantu menghapus penggunaan RAM yang berlebihan dengan mematikan aplikasi latar belakang yang tidak melakukan tindakan apa pun tetapi menghabiskan RAM latar belakang; Sehingga memberi lebih banyak ruang bagi kamera untuk berjalan.

Solusi 2. Cabut baterai keluar

Solusi untuk masalah kenapa kamera HP tidak bisa digunakan bisa dengan mencabut baterai keluar langsung saat perangkat masih berjalan.

Jadi, ini semacam soft reset yang dapat membantu membuat kamera berfungsi kembali. Trik ini mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat karena baterai mungkin tidak bisa kita cabut. Tetapi, pada dasarnya untuk sebagian besar ponsel akhir-akhir ini, trik ini tidak akan berfungsi. Namun, jika itu adalah perangkat Android lama Anda, cobalah.

Solusi 3. Paksa hentikan aplikasi kamera

Ikuti petunjuk yang tercantum di bawah ini:

  • Buka laci aplikasi terlebih dahulu atau pilih “Pengaturan” dari layar beranda Anda.
  • Sekarang temukan dan ketuk opsi: Aplikasi / Kelola aplikasi.
  • Sekarang gulir dan temukan aplikasi Kamera di bawah Semua aplikasi.
  • Ketuk dan buka “Paksa Berhenti” aplikasi.
  • Sekarang restart perangkat Anda dengan cepat.
  • Paksa hentikan aplikasi kamera

Ini akan memperbaiki masalah kecil perangkat lunak saat ini seperti yang terjadi pada aplikasi Kamera.

Solusi 4. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Ini adalah metode terbaik yang selalu kami sukai dan sarankan kepada pengguna kami. Ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi kamera tetapi juga untuk masalah apa pun dengan aplikasi lain misalnya masalah SMS..

Ikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan dari laci aplikasi di perangkat Android Anda
  • Gulir ke bawah dan buka opsi dari Manajer aplikasi
  • Di dalam daftar itu, gulir ke bawah dan temukan aplikasi Kamera
  • Klik Hapus data dan hapus cache dan kemudian segera ikuti dengan restart cepat
  • Hapus data dan cache aplikasi

Catatan: Menghapus data dan membersihkan cache akan menghapus data aplikasi seperti preferensi aplikasi yang kita buat, akun dengan aplikasi, dll. Jika Anda tidak ingin kehilangan setting, maka pastikan untuk membuat cadangan perangkat Android Anda sebelum melakukannya.

Solusi untuk kenapa kamera HP tidak bisa digunakan selanjutnya.

Solusi 5. Atur Ulang Semua Preferensi Aplikasi

Ini adalah versi lebih panjang dari solusi sebelumnya.

  • Buka opsi Pengaturan dari laci aplikasi perangkat Android Anda.
  • Buka Manajer Aplikasi / Aplikasi lagi.
  • Temukan semua aplikasi.
  • Klik ikon menu di pojok kanan atas.
  • Sekarang klik Atur Ulang Preferensi Aplikasi.
  • Setel ulang semua preferensi aplikasi

Solusi 6. Bersihkan cache kerangka Layanan Google

Di menu Pengaturan, Kerangka Layanan Google menyinkronkan semua data Anda dan menyimpan data perangkat. Ini juga membantu aplikasi sistem berjalan dengan benar. Terutama jika Anda menggunakan ponsel Android yang menjalankan Google Camera, membersihkan cache Kerangka Layanan Google akan membantu memperbaiki masalah.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Pertama-tama, buka Pengaturan> lalu Manajer Aplikasi> Pilih Semua> lalu ketuk Kerangka Layanan Google> ketuk Paksa Berhenti dan ketuk tombol Hapus Cache di sana.
  • Kosongkan cache kerangka Layanan Google
  • Sekarang silakan lakukan restart pada perangkat Anda.

Kesimpulan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan

Nah, jadi itulah Alasan kenapa kamera HP tidak bisa kita gunakan beserta cara cara untuk mengatasinya. Tetapi, seandainya semua cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah, barangkali memang kamera HP nya yang bermasalah.

Karena itu, jika terjadi hal seperti ini, maka solusinya adalah membawa ke tempat servive HP. Dan, tentu saja mengganti kamera, Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Termudah Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …