Cara Mematikan Mode Aman
Cara Mematikan Mode Aman. Sumber Gambar: Google.Com

Cara Mematikan Mode Aman

Cara mematikan mode aman tanpa restart di Android sebenarnya lebih mudah daripada yang Anda kira. Safe Mode atau Mode Aman adalah fitur di Android untuk menjalankan fungsi utama dan esensial saja.

Mode aman membantu dalam proses pemecahan masalah atau mengidentifikasi masalah dengan kinerja sistem operasi Android.

Jika fitur ini aktif, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga di ponsel Anda. Jadi bagaimana Anda mematikannya?

Cara mematikan mode aman

3 cara untuk keluar dari mode aman tanpa restart

Android adalah salah satu platform yang paling berguna untuk mengoperasikan smartphone. Di Android sendiri terdapat fitur safe mode.

Seperti namanya, fitur ini berguna untuk mengamankan ponsel Anda dari segala malware berbahaya. Sayangnya, fitur terkadang menonaktifkan aktivitas.

Bahkan, Anda bisa mengaktifkan fitur safe mode secara manual. Namun, terkadang, mode aman juga dapat menyala sendiri saat mendeteksi virus atau malfungsi aplikasi utama di ponsel.

Fitur Safe Mode atau Mode Aman yang aktif dapat kita lihat dengan mengetik di sudut bawah layar.

Jika sudah kita hidupkan, metode yang paling umum adalah me-restart telepon. Namun, banyak orang yang malas untuk me-restart karena terkadang kehilangan beberapa data.

Bagaimana cara mematikan mode aman dengan benar

Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan jika ponsel Android Anda tiba-tiba masuk ke mode aman.

1. Keluarkan baterai ponsel

Metode pertama yang paling aman setelah me-restart telepon adalah dengan melepas baterai. Jika ponsel Android Anda sangat lambat, cara ini adalah cara tercepat.

Baterai merupakan komponen utama pengoperasian telepon. Artinya jika baterai Anda cabut, semua proses akan berhenti dan telepon akan mati.

Anda dapat menunggu beberapa detik sebelum memasang kembali baterai. Setelah terpasang, jangan lupa untuk menyalakan daya karena tidak akan menyala dengan sendirinya.

Sayangnya, cara menghilangkan safe mode tanpa reboot ini hanya bisa berjalan jika baterai yang bisa kita lepaskan.

2. Hapus cache aplikasi

Cara mematikan mode aman yang termudah kedua adalah dengan menghapus cache.

Cache adalah tempat penyimpanan sementara bagi aplikasi untuk meletakkan pengaturannya. Jadi, tujuan dari cache adalah untuk mempercepat proses loading saat aplikasi dibuka.

Namun, ternyata cache ini bisa mengisi memori ponsel. Parahnya, cache tersebut bisa membuat ponsel Android Anda tiba-tiba booting ke safe mode.

Oleh karena itu, mengosongkan cache dapat mematikan mode aman aktif. Berikut caranya:

  • Buka menu “Pengaturan” atau “setting”.
  • Pilih menu Aplikasi dan semua aplikasi yang Anda instal akan muncul.
  • Setelah itu Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache.
  • Nanti akan muncul informasi penyimpanan, scroll ke bawah dan klik “Clear Cache”.

Lakukan ini untuk semua aplikasi di ponsel Anda sebagai cara untuk menghilangkan mode aman tanpa memulai ulang. Tidak perlu takut menghapus data karena cache hanyalah data tidak berguna yang sudah bisa Anda buang.

3. Lakukan reset pabrik

Jika dua cara sebelumnya tidak bisa menyelesaikan masalah, maka Anda bisa melakukan cara mematikan mode aman berikut ini.

Reset pabrik sebenarnya sangat mudah. bahkan, ini merupakan cara ini paling ampuh, terutama untuk ponsel yang sudah lama kita gunakan.

Ketika Anda melakukan reset pabrik, semua data dan sistem ponsel Anda akan kembali ke keadaan semula. Ini berarti bahwa semua data akan terhapus.

Namun, pada kenyataannya, cara keluar dari safe mode dengan reset pabrik cukup ampuh. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan reset pabrik:

Buka menu “setting” atau “Pengaturan”.

Pilih menu Tentang ponsel atau About Smartphone. Pada beberapa ponsel, menu ini diberi label “Backup & Reset”.

Setelah terbuka, gulir ke bawah untuk menemukan Factory Reset atau Erase All Data.

Setelah itu, ponsel akan memulai proses reset. Anda bisa menunggu beberapa saat sampai selesai. Sebelum melakukan metode ini, yang terbaik adalah untuk membuat cadangan data Anda sebelumnya. Ingat, bahwa data ponsel akan hilang semua dan kembali seperti waktu membeli saat baru dahulu.

Anda juga dapat mencoba dua metode sebelumnya di atas sebelum memutuskan untuk melakukan reset pabrik karena risikonya relatif tinggi.

Jadi, ini adalah beberapa opsi tentang cara mematikan mode aman tanpa memulai ulang di ponsel Android. Anda bisa mencoba dari cara yang paling mudah dan tidak berbahaya terlebih dahulu. Jika tidak bisa, maka Anda bisa menggunakan cara terakhir yang berisiko lebih tinggi.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …