Cara Mengobati Penciuman Hidung Yang Hilang

  • Bagikan
Cara Mengobati Penciuman Hidung Yang Hilang
Cara Mengobati Penciuman Hidung Yang Hilang. Sumber Gambar: Google.Com

Cara mengobati penciuman hidung yang hilang di rumah dengan aman.  Anosmia adalah gejala kehilangan indera penciuman. Gejalanya juga bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya, tetapi gejala umum termasuk demam, nyeri tubuh, kehilangan penciuman dan rasa, kedinginan, dan sesak napas.

Cara mengobati penciuman hidung yang hilang

Sebelumnya, sebagai catatan, tidak semua teknik penyembuhan yang bisa kita lakukan di rumah akan berhasil untuk semua kasus. Terutama, jika memang ada ketidak normalan pada saluran hidung. Jadi, jika ini terjadi, maka sebaiknya pengobatan kita serahkan kepada dokter.

Kehilangan penciuman total atau sebagian (juga terkenal sebagai anosmia) adalah salah satu gejala penyakit terkenal beberapa waktu lalu yang pertama dan paling sering terjadi.

Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Internal Medicine edisi April 2020, gangguan penciuman (yaitu kehilangan penciuman atau pengecapan) lebih sering terjadi pada kasus penyakit tersebut. Tetapi, gejala ini ringan dan pemulihannya memakan waktu sekitar 21,6 hari.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa 95% pasien mendapatkan kembali indra penciumannya pada 6 bulan setelah infeksi.

Jika Anda menderita kehilangan penciuman, berikut adalah empat pengobatan rumahan alami untuk membantu memulihkan indra penciuman Anda;

Tips bagaimana cara mengobati penciuman hidung yang hilang

1. Pelatihan bau

Ada intervensi medis untuk kehilangan penciuman tergantung pada penyebabnya, tetapi dokter juga merekomendasikan pelatihan penciuman sebagai strategi tambahan di rumah.

Dalam metode ini, kita harus mencium serangkaian empat aroma kuat yang dapat kita temukan di rumah.

Atau kita bisa menggunakan empat minyak esensial yang berbeda. Hirup setiap aroma dengan lembut selama 20 detik dan ulangi prosesnya tiga kali sehari selama 6 minggu menggunakan empat aroma yang sama.

2. Gunakan minyak jarak

Selama bertahun-tahun, minyak jarak telah kita gunakan sebagai obat hidung untuk mengembalikan hilangnya penciuman.

Para ahli mengatakan bahan aktifnya, asam risinoleat, membantu melawan infeksi, mengurangi pembengkakan pada saluran hidung dan peradangan yang penyebabnya adalah pilek dan alergi.

Taruh dua tetes minyak jarak hangat di setiap lubang hidung dua kali sehari, di pagi hari dan tepat sebelum tidur. Pastikan tidak panas.

3. Gunakan jahe

Rutin minum jahe, adalah salah satu cara mengembalikan indra penciuman yang hilang karena Anosmia.

Pakar penyembuhan alami merekomendasikan minum teh jahe untuk mengobati kehilangan penciuman di rumah.

Menurut mereka, teh jahe membantu mengurangi peradangan di saluran udara dan mencegah pembentukan lendir berlebih yang menyumbat saluran hidung, yang menyebabkan hilangnya indera penciuman.

Kita bisa menggunakan bubuk jahe mentah untuk menyiapkan minuman herbal ini.

4. Membasuh hidung dengan teknik irigasi garam

Cara mengobati penciuman hidung yang hilang selanjutnya juga bisa kita lakukan di rumah.

Membilas hidung dengan air garam merupakan pengobatan yang efektif untuk menghilangkan bau tak sedap akibat alergi atau hidung tersumbat. Membantu menghilangkan alergen dan lendir dari rongga hidung.

Untuk membuat larutan garam di rumah, tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh soda kue ke dalam secangkir air suling.

Sekarang, dengan menggunakan jarum suntik medis, semprotkan larutan ke satu lubang hidung.

Saat melakukan ini, miringkan kepala Anda ke belakang. Biarkan keluar dari mulut Anda dan ulangi prosesnya di lubang hidung lainnya. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Tetapi, yang mesti kita ingat adalah penyebab hilangnya indra penciuman bukan hanya virus terkenal itu. Kehilangan penciuman dapat juga terjadi karena beberapa alasan lain.

Ini termasuk polip hidung dan tumor, alergi, virus, sinusitis, iritasi lingkungan seperti asap rokok dan pestisida, dan kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, dan cedera kepala traumatis.

Penuaan juga dapat menyebabkan penurunan indra penciuman, yang mengakibatkan hilangnya sebagian penciuman. Terapi radiasi untuk kanker, terutama kanker kepala dan leher, juga dapat memengaruhi indera penciuman Anda.

Karena itu, cara mengobatinya bisa berbeda.

5. Operasi penghilang bau

Penyakit yang berhubungan dengan obstruksi jalan napas seperti polip, tumor, atau kelainan pada tulang hidung terkadang tidak dapat kita obati dengan obat-obatan. Dokter umumnya merekomendasikan operasi pengangkatan polip atau tumor, atau operasi untuk mengobati kelainan tulang hidung. Setelah jalan napas lebih lapang tanpa halangan, maka pasien dapat mencium baunya lagi.

6. Berhenti merokok

Cara lain untuk mengatasi kehilangan penciuman adalah dengan berhenti merokok. Kebiasaan merokok dapat memperburuk anosmia. Pasalnya, rokok dapat merusak kepekaan berbagai indera, termasuk penciuman. Setelah menerima perawatan yang tepat, penderita anosmia dapat merasakan bau.

Kesimpulan cara mengobati penciuman hidung yang hilang

Rilis NHS mengatakan bahwa hilangnya penciuman juga bisa sembuh atau membaik dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, perubahan indera penciuman tertentu tidak dapat kita ubah atau permanen. Sayangnya, anosmia bawaan mencegah orang untuk bisa mencium seumur hidup. Penurunan fungsi penciuman yang terkait dengan penuaan juga tidak dapat kita ubah.

Selain itu, hilangnya penciuman sementara juga dapat terjadi sebagai efek samping dari beberapa obat resep.

Jadi, inilah Cara mengobati penciuman hidung yang hilang yang aman.

  • Bagikan