Cara Daftar Bansos 3 5 Juta Secara Online

  • Bagikan
Cara Daftar Bansos 3,5 Juta Secara Online
Cara Daftar Bansos 3,5 Juta Secara Online. Sumber Gambar: Google.com

Lihat! Inilah syarat dan cara daftar bansos 3 5 juta secara online. Kementerian Sosial mulai memberikan dukungan modal kewirausahaan sosial kepada keluarga penerima program Keluarga Harapan atau gelar BLT PKH senilai Rp 3,5 juta.

Dukungan permodalan tersebut peruntukannya adalah sasaran tertentu, yaitu KPM PKH graduasi atau lulusan PKH yang sudah memulai usaha. Graduasi umumnya terdiri dari dua kelompok, yaitu mandiri dan alami.

Menurut situs indonesia.go.id, lulusan adalah keluarga penerima manfaat yang pernah mengikuti program bansos namun mengundurkan diri secara sukarela karena secara perhitungan telah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Daftar Bansos 3 5 Juta Secara Online

Sebelum berhasil “lulus”, KPM mendapat pembinaan dari pendamping pendamping di tingkat kota. Sementara itu, mereka yang lulus dari PKH tentu saja berhak jika tidak lagi memenuhi salah satu item bantuan tersebut.

“Angka dari Kemensos menunjukkan jumlah lulusan PKH KPM telah melampaui target satu juta KPM. Hingga 2020, 1.179.304 KPM PKH telah menyatakan mundur dari keikutsertaan PKH,” kata Dirjen Sosial Urusan. Perlindungan dan Pengamanan Kementerian Sosial, Pepen Nazaruddin.

Data per 30 November 2020 menunjukkan angka tersebut sudah melebihi target kelulusan oleh pemerintah, yakni bisa sebanyak 10 persen dari total 10 juta KPM PKH. Dari total gelar KPM, Kemensos menemukan ada dua jenis gelar dalam PKH tahun ini, yakni gelar mandiri sebanyak 341.773 KPM dan gelar natural sebanyak 837.531 KPM.

Sedangkan provinsi dengan jumlah derajat KPM PKH tertinggi adalah Jawa Tengah (Jawa Tengah) sebanyak 258.989 KPM, Jawa Timur (Jatim) sebanyak 225.183 KPM, dan Jawa Barat (Jabar) sebanyak 217.184 KPM.

Sementara itu, Pepen Nazaruddin mengungkapkan, untuk wilayah di luar Jawa, Lampung menduduki peringkat pertama dengan jumlah KPM sebanyak 48.558 KPM. Kemudian selanjutnya Sumatera Utara sebesar 40.520 KPM dan Aceh sebesar 35.923 KPM.

“Graduasi KPM PKH maksudnya adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan kemiskinan, namun mendapatkan graduasi karena beberapa komponen tidak sesuai standar,” imbuhnya.

Bagaimana Cara Daftar Bansos 3 5 Juta Secara Online

Lantas bagaimana cara mengecek penerima layanan BLT KPM PKH Rp 3,5 juta dan syarat mendapatkannya? Berikut tata cara mengakses informasi Dukungan Lulusan KPM PKH sebagaimana dilansir dtks.kemensos.go.id:

1.Buka halaman dtks.kemensos.go.id

2.Pilih ID keanggotaan yang Anda inginkan

3.Masukkan nomor keanggotaan ID yang Anda pilih, Anda dapat menambahkan NIK Anda.

  • Masukkan nama yang cocok dengan ID yang Anda pilih
  • Masukkan kode yang tertera
  • Klik “Cari”
  • Akan tampilkan instruksi apakah ID yang Anda masukkan terdaftar di DTKS atau tidak

Bantuan modal graduasi KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta tersebut akan masuk ke rekening masing-masing penerima manfaat melalui bank-bank terafiliasi Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara). Sedangkan penerima yang tidak memiliki rekening perlu mengambilnya melalui PT Pos Indonesia.

Di bawah ini Anda akan menemukan sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan Bantuan Modal Kewirausahaan Sosial KPM PKH, yaitu:

  • Orang miskin atau rentan kemiskinan
  • Anggota Lulusan KPM PKH
  • Memiliki bisnis

Jika lolos seleksi Kemensos, pendamping PKH akan memberitahu Anda. Proses pencairan dana bantuan modal usaha juga akan melalui pengawasan oleh fasilitator PKH pada tingkat kecamatan.

Siapa yang Berhak Menerima

Jenis perusahaan yang berhak mendapatkan modal Rp3,5 juta untuk wirausaha sosial KPM PKH antara lain:

  • Bahan Makanan
  • Kuliner
  • Pedagang
  • Penjahit:
  • Pertanian
  • Peternak

Misalnya, Anda bisa mendaftar online via mobile dan offline untuk PKH atau Kartu Semboko 2022 di DTKS Kemensos.

Proses Turunnya Bansos 3 5 Juta

Siapkan KTP dan KK.

Datang ke kantor desa/kelurahan setempat dan daftar langsung ke DTKS Kemensos

Jika sudah terdaftar, desa/kelurahan akan membahas detail pendaftar untuk menentukan apakah pendaftar memenuhi syarat untuk mengikuti DTKS Kementerian Sosial.

Pengumuman hasil melalui berita acara beserta tandatangan dari kepala desa/lurah dan perangkat desa terkait.

Kementerian Sosial menggunakan risalah terlampir untuk memverifikasi dan memvalidasi data, yaitu melalui kunjungan keluarga.

Setelah proses verifikasi dan validasi data, perangkat desa/kelurahan memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi Sistem Informasi Jaminan Sosial (SIKS).

Dinas Sosial akan memproses data untuk verifikasi dan validasi, setelah itu hasilnya akan dikomunikasikan kepada bupati/walikota.

Bupati/walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data dan kemudian mengesahkannya. Setelah itu akan menyampaikan kepada gubernur untuk selanjutnya juga menyampaikan kepada menteri.

Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara), kelurahan, dan walikota/kabupaten akan mengolah data pemohon penerima bansos PKH dan kartu sembako yang telah terisi dengan lengkap.

Pembuatan rekening bank ini khusus untuk calon penerima manfaat bantuan sosial Kartu Sembako dan selanjutnya ada penerbitan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Untuk pendaftaran online peduli sosial program PKH dan Kartu Sembako, masyarakat dapat menyerahkan data diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kepada DTKS.

Artinya, pendaftar bisa mendaftar secara mandiri ke DTKS Kemensos sebagai KPM PKH atau Kartu Semboko 2022, tanpa menunggu tindakan dari pemerintah setempat.

  • Bagikan