Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100
Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100. Sumber Gambar: Google.com

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen yang mudah tanpa ganti baterai. iPhone merupakan salah satu smartphone terlaris saat ini, salah satu alasan mengapa iPhone memiliki banyak penggemar adalah kesan mewah yang dimiliki smartphone ini.

Namun, ada beberapa kendala dalam menggunakan iPhone, termasuk kinerja baterai, terutama untuk pengguna iPhone versi lama.

Kesehatan baterai yang menurun pada iPhone adalah hal yang biasa dan sangat wajar jika menjadi indikator kesehatan dari penggunaan smartphone ini.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Bisakah kesehatan baterai iPhone kembali 100 persen seperti saat pertama kali dibeli?

Jawaban yang jelas adalah tidak jika Anda tidak melakukan apa-apa.

Karena barang elektronik tidak bisa berubah menjadi lebih baik kecuali ada perbaikan eksternal.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin menjual atau membeli iPhone bekas, yang terpenting adalah memeriksa kesehatan baterai.

Jika masih di kisaran 80 persen ke atas, maka bisa disimpulkan penggunaan smartphone ini masih dalam batas wajar dan masih sehat.

Namun, jika lebih rendah, mungkin ada penyalahgunaan dan iPhone dalam kondisi buruk.

Jadi, Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 ?

Untuk mengatasinya, admin telah merangkum beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone Anda.

1. Ganti baterai baru

Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengembalikan kesehatan baterai menjadi normal.

Karena dengan menggunakan hardware baru, iPhone seperti baru kembali.

Ada beberapa hal yang perlu diingat bahwa Apple tidak pernah menjual suku cadang untuk iPhone, sehingga baterai yang diganti tidak asli, tetapi ada beberapa tempat yang menggunakan baterai yang sudah dilepas dari iPhone yang bermasalah dengan kerusakan.

Jadi harus memikirkan lagi, mau mengganti dengan yang tidak original?

2. Kalibrasi Baterai iPhone

Kalibrasi baterai iPhone adalah metode yang dapat digunakan untuk menormalkan kapasitas baterai sistem agar lebih akurat.

Anda bisa menggunakan cara ini jika status baterai Anda tiba-tiba turun drastis, meskipun Anda tidak terlalu aktif.

  • Cara Kalibrasi Baterai iPhone Yang Benar 100% Berhasil

Cara Mengkalibrasi Baterai iPhone – Setiap perangkat elektronik yang menggunakan baterai, terutama smartphone, umumnya perlu melakukan kalibrasi baterai.

Tentu saja, ini juga berlaku untuk baterai iPhone, meskipun Apple tidak mengatakan atau merekomendasikan menggunakannya untuk mengkalibrasinya.

Karena seiring dengan waktu pengoperasian yang cukup lama, kinerja baterai akan turun, persentase pasti tidak akan tampil dan jika batas tercapai, baterai akan turun.

Apple juga mengatakan bahwa kapasitas baterai iPhpne akan berkurang 5-10% setiap tahun.

Ya, jadi tidak apa-apa untuk mengkalibrasi seperti pada kebanyakan ponsel Android.

Nah, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang kalibrasi baterai. Dimulai dengan mengetahui apa itu kalibrasi, manfaatnya dan cara kalibrasi baterai iPhone dengan benar.

Semoga tips dan metode yang akan saya tulis di bawah ini dapat membantu meningkatkan dan meminimalkan masa pakai baterai.

  • Apa itu Kalibrasi Baterai iPhone?

Kalibrasi baterai adalah proses pengkondisian ulang baterai sehingga kapasitas saat ini yang dibaca oleh sistem akurat dan persentase baterai yang ditampilkan pada bilah ketinggian benar apa adanya.

  • Manfaat Kalibrasi Baterai iPhone

Manfaat setelah kalibrasi baterai adalah baterai terisi ulang, mengembalikan kapasitas baterai iPhone secara maksimal, dan performanya stabil seperti saat pertama kali.

Persentase baterai juga lebih akurat dan tampil berdasarkan daya baterai yang tersedia. Jadi Anda tidak lagi membiarkan persentase baterai yang salah menipu Anda.

Melakukan kalibrasi baterai juga merupakan salah satu cara untuk merawat baterai iPhone. Oleh karena itu, kalibrasi baterai sangat dianjurkan.

Anda harus tahu bahwa melakukan kalibrasi baterai tidak berpengaruh pada penghematan atau pemborosan penggunaan baterai iPhone.

  • Kapan mengkalibrasi baterai iPhone?

Dari beberapa forum diskusi yang saya baca, saya menyimpulkan bahwa perlu untuk mengkalibrasi baterai. Kapan? idealnya sebulan sekali atau dua kali secara rutin.

Kalibrasi baterai juga menjadi solusi jika terjadi masalah atau error pada baterai iPhone.

Beberapa kasusnya adalah sebagai berikut:

iPhone tiba-tiba mati, padahal kapasitas baterainya masih cukup untuk bertahan beberapa jam.

Saat memakai iPhone, akan tampil kesalahan status persentase baterai. Error ini maksudnya persentase baterai turun tidak menentu, misalnya dari 55% langsung turun menjadi 40%.

Isi daya baterai dengan benar agar baterai tetap aman dan sehat.

  • Bagaimana cara mengkalibrasi baterai iPhone dengan benar?

Di iOS versi terbaru, metode kalibrasi iPhone berbeda dari versi iOS sebelumnya. Tetapi metodenya tetap sederhana dan melibatkan pemakaian baterai sampai habis dan pengisian baterai iPhone sampai penuh kembali.

Berikut langkah-langkah untuk mengkalibrasi baterai iPhone:

  • Gunakan iPhone untuk aktivitas apa pun hingga baterai habis dan iPhone mati secara otomatis.
  • Biarkan iPhone mati, tunggu sekitar 2-3 jam. Dengan demikian, semua listrik di iPhone benar-benar habis dan mati.
  • Saatnya untuk mengisi penuh baterai (100%).
  • Ketika penuh, itu akan mengosongkan baterai lagi sampai mati sepenuhnya dengan sendirinya.
  • Ulangi langkah 2 dan 3.
  • Selesai, baterai telah terkalibrasi dengan benar.

Selesai. Tetapi, ini bukan berarti selesai semuanya. Masih ada yang perlu Anda lakukan.

  • Setelah mengkalibrasi baterai iPhone

Untuk memastikan baterai iPhone Anda masih normal, Anda perlu melakukan sesuatu, yaitu dengan melihat jumlah siklus baterai.

Tujuan melihat jumlah siklus baterai adalah untuk melihat siklus pengisian baterai. Misalnya, lihat berapa kali baterai kita isi dari 0% hingga kapasitas baterai mencapai 100% (1 siklus penghitungan).

Biasanya, baterai iPhone dapat menjaga kesehatan baterai di atas 80% dalam kondisi di bawah 500 Cyle Count.

Lihat jumlah siklus baterai iPhone

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Buka menu Privasi > Analisis & Penyempurnaan.
  • Pilih menu Analisis Data.
  • data analitik iPhone
  • Cari daftar yang namanya “log-agregated…”.
  • Log iPhone
  • Kemudian cari informasi tentang nomor BatteryCycleCount.
  • Jika sulit menemukannya, salin dulu semua data ke file log, lalu tempel ke catatan dan gunakan fungsi pencarian untuk menemukan kata kunci BatteryCycleCount.

Demikian sedikit pembahasan yang bisa saya bagikan tentang kalibrasi baterai iPhone. Intinya lakukan kalibrasi secara berkala atau bila perlu lakukan cara kalibrasi yang benar agar kesehatan baterai iPhone tidak memburuk.

Jika baterai Anda masih menunjukkan kesalahan atau turun setelah kalibrasi, berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli dan mengganti baterai iPhone baru. Saya harap tidak.

3. Jaga kondisi baterai iPhone

Seperti yang tertulis di atas, kesehatan baterai iPhone tidak dapat meningkat dengan sendirinya, dan penurunan kesehatan baterai adalah normal dan alami.

Jadi untuk mengurangi penurunan kesehatan baterai iPhone, Anda dapat merawat iPhone Anda dengan benar. Pastikan Anda tidak bermain game dengan iPhone saat sedang mengisi daya, karena ini akan memengaruhi kapasitas pengisian daya.

Jadi gunakan charger iPhone asli agar lebih aman dari voltase berbeda jika menggunakan charger lain. Dan jangan lupa untuk mengisi baterai iPhone Anda secara teratur. Dan, inilah cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 dengan mudah serta menjaga kesehatan baterai iPhone. Semoga membantu.

Kunjungi juga

Nada Dering WA

Pembuat Nada Dering WA Terbaik dan Terlengkap Saat Ini, Sudah Coba?

Nada dering WA dan cara membuatnya. Mengubah nada dering adalah cara mudah untuk menjadikan WhatsApp di …