Daftar Ukuran Panjang Shock Belakang Motor Yamaha

Daftar Ukuran Panjang Shock Belakang Motor Yamaha
Daftar Ukuran Panjang Shock Belakang Motor Yamaha. Sumber Gambar: Google.com

Inilah daftar ukuran panjang shock belakang motor Yamaha model terbaru. Anda ingin ganti shock belakang Yamaha Anda.

Shock belakang merupakan bagian dari sepeda motor yang sering mengalami perubahan. Entah itu untuk alasan fashion yang lebih fungsional, nyaman. Karena tidak bisa ditolak, elemen ini merupakan bagian yang sangat terlihat. Oleh karena itu, perlu diketahui daftar panjang shock belakang untuk motor Yamaha dan lainnya.

Daftar ukuran panjang shock belakang motor Yamaha

Dengan mengetahui daftar panjang ukuran shock belakang sepeda motor dari Yamaha dan lainnya, pengendara bisa mendapatkan keuntungan lebih saat mengendarai sepeda motor, namun tetap tampil gaya saat mengaspal jalan.

Penggantian shock belakang

Tidak hanya untuk kebutuhan estetika, namun penggantian shock belakang juga harus berdasarkan alasan fungsional yang patut mendapat perhatian lebih. Cara termudah adalah dengan memeriksa kebocoran oli di pipa.

Jika ada kebocoran oli, ini adalah indikasi terbesar untuk menggantinya. Oli yang keluar biasanya berasal dari inner dumper atau batang as. Selain itu, Anda juga bisa mengecek performa suspensi belakang dengan berkendara berboncengan.

Jika Anda melewati jalan berlubang atau tidak rata atau merasakan polisi tidur bergoyang terlalu keras, ini pertanda suspensinya kurang bagus, jadi sebaiknya ganti saja. Jadi bagaimana Anda memilihnya?

Tips memilih shock belakang

Daftar Panjang Shock Belakang Sepeda Motor Yamaha Terbaru

Ukuran merupakan hal terpenting saat memutuskan untuk mengganti shock belakang sepeda motor. Mereka tidak lebih pendek atau lebih panjang dari ukuran standar mesin bawaan pabrik. Jika lebih pendek, mesin akan ceper sehingga bagian bawah mesin akan lebih sering membentur jalan. Apalagi jika melewati polisi tidur.

BACA JUGA:   Motor Matic Honda BeAT Terbaru 2022 Mendatang

Sebaliknya jika terlalu panjang, bagian bagian belakang motor akan lebih tinggi dari bagian depan. Secara otomatis pengemudi dan penumpang akan terganggu dan posisi badan akan semakin bungkuk sehingga semakin tidak nyaman.

Bagaimana Anda mengukurnya?

Daftar Panjang Shock Belakang Sepeda Motor Yamaha

Cara mengukurnya adalah dengan mengukurnya secara manual dengan melepasnya dan mengukurnya dengan penggaris. Pengukuran yang benar adalah ukuran titik tengah lubang atas dan bawah.

Selain itu, anda harus benar-benar mengetahui ukuran bawaan pabrik yang asli agar lebih akurat dan nyaman saat menggunakannya karena akan lebih berbahaya jika anda sembarangan menggantinya. Jika tanpa mengetahui bahwa standar yang digunakan akan berpengaruh pada keadaan dan perubahan originalitas dan fungsi motor itu sendiri.

Secara umum, shock belakang ada dalam lima ukuran standar:

280 mm

300 mm

320 mm

350 mm

336 mm

Daftar Panjang Shock Belakang Motor Yamaha, Bagian belakang motor biasanya berbentuk pegas atau bisa dibilang pegas, ukurannya tidak bisa tetap karena akan semakin panjang dan pendek tergantung getaran atau benturan yang dialami. Ini juga merupakan poin penting saat mengukurnya. Anda dapat merujuk pada apa yang disebut ukuran minimum, yaitu ketika posisi yang paling pendek karena dorongan maksimum. Selain itu ada hal yang menarik, karena bagian-bagian penting dari motor ini juga bisa saling menggantikan.

Pentingnya menggunakan daftar ukuran panjang shock belakang motor Yamaha yang pas

Hal yang perlu Anda ingat ketika akan menggunakan suku cadang yang bukan dari bawaan pabrik atau dari merek yang berbeda adalah memiliki ukuran yang sama. Misalnya Yamaha Mio dan Honda BeAT bisa bertukar shock karena memiliki ukuran yang sama yaitu 300 mm.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah jenis braket atas dan bawah yang harus cocok agar dapat terpasang dengan baik. Ada dua tipe ibu dudukan yang ada. Yang pertama berbentuk O atau melingkar berbentuk mata, karena itu namanya adalah eye. Yang kedua adalah tipe Y atau yang namanya yoke.

BACA JUGA:   Syarat Perpanjang Pajak Motor

Selain itu, ada pertimbangan utama saat menggunakan sesuatu yang bukan bawaan pabrik, yaitu jenis motor itu sendiri. Kami tidak menyarankan untuk mengganti shock dari jenis motor dengan frame yang berbeda. Misalnya, kita tidak boleh memasang shock sepeda motor bebek pada sepeda motor sport atau sebaliknya. Karena shock motor bebek akan sangat empuk di motor sport, begitu juga sebaliknya.

Rajin membersihkannya

Debu atau lumpur yang menempel lama tetapi pengguna tidak membersihkannya merupakan faktor utama keausan shock belakang karena mengancam komponen suspensi belakang. Jika ada kotoran pada sisi poros kerja, maka akan mempercepat kerusakan pada karet dan piston mesin.

Jalan berlubang

Hindari jalan berlubang agar sepeda motor tidak sering mengalami benturan atau kena benda yang keras dan tajam. Apalagi jika Anda menabraknya dengan kecepatan tinggi. Jika tidak ada akses lain, kecepatan mesin harus melambat.

Hindari beban berat

Setiap pabrikan sepeda motor pasti memiliki standar tersendiri mengenai beban berat yang bisa terangkut. Kami menyarankan Anda untuk mengikuti rekomendasi pabrikan mengenai pemuatan motor. Karena jika beban terlalu berat, kerja suspensi otomatis juga akan lebih berat. Hal ini juga membuat bodi motor terasa lebih bergoyang saat berkendara.

Oleh karena itu, kini tidak ada alasan lagi untuk mengganti shock belakang pada Yamaha atau merek lain, Pins. Performa sepeda motor yang baik tidak hanya karena nama besar dan harga merek tetapi juga bagaimana kita merawat fitur-fiturnya dan kita sebagai pengendara merawatnya agar memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru tentang daftar ukuran panjang shock belakang motor Yamaha.