Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta
Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta. Sumber Gambar. Indiamart.com

Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta

Berapa nilai harga Emas 22 karat hari ini Jakarta? Apa yang mendorong harga emas? Saat ini, orang mencari  emas dicari tidak hanya untuk tujuan investasi dan untuk membuat perhiasan, tetapi juga untuk pembuatan beberapa perangkat elektronik dan medis. Emas (per Maret 2021) berada di atas $1.700 per ounce, dan meskipun turun lebih dari $300 dari September 2020, masih jauh lebih tinggi dari level di bawah $100 50 tahun yang lalu.

  • Investor selalu terpesona oleh emas dan harga logam telah meningkat secara dramatis selama 50 tahun terakhir.
  • Seperti kebanyakan komoditas, penawaran dan permintaan sangat penting, tetapi emas juga memiliki nilai tambah.
  • Kas pemerintah dan bank sentral merupakan sumber penting dari permintaan logam tersebut.
  • Permintaan investasi, terutama dari ETF besar, merupakan faktor lain yang mendasari harga emas.
  • Emas terkadang bergerak melawan dolar AS karena logam tersebut berdenominasi dolar, menjadikannya sebagai lindung nilai terhadap inflasi.
  • Pasokan emas terutama berasal dari produksi pertambangan yang stabil sejak 2016.

Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta

22 Karat 887,532745,052

23 Karat924,636782,156

24 Karat961,740819,260

Ini adalah harga emas perhiasan. Bukan emas batangan. Untuk harga emas batangan, lebih tinggi lagi.

Untuk emas perhiasan, biasanya tidak dibuat 24 karat. Alasannya adalah karena terlalu lunak.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta

Bagaimana menentukan harga emas?

1. Cadangan bank sentral

Bank sentral menyimpan mata uang dan emas sebagai cadangan. Ketika bank sentral mendiversifikasi cadangan kas mereka – jauh dari mata uang yang mereka kumpulkan menjadi emas – harga emas biasanya naik. Banyak negara di dunia memiliki cadangan yang sebagian besar terdiri dari emas.

Bloomberg melaporkan bahwa bank sentral global telah membeli emas paling banyak sejak Amerika Serikat meninggalkan standar emas pada tahun 1971, dengan angka 2019 turun sedikit dari rekor 50 tahun pada 2018. 2. Turki adalah pembeli emas terbesar pada 2019, dan selanjutnya adalah Rusia. Polandia dan Cina, menurut Dewan Emas Dunia. Secara keseluruhan, pemerintah membeli total 650 ton emas pada 2019, turun sedikit dari 656 ton yang dibeli pada 2018, dan masih mendekati level tinggi yang tidak terlihat dalam 50 tahun.

2. Nilai dolar AS

Harga emas berjalan seiring dengan nilai dolar Amerika Serikat. Dolar AS yang kuat cenderung menjaga harga emas lebih rendah dan lebih terkendali. Sementara itu saat dolar AS yang lebih lemah kemungkinan akan menaikkan harga emas dengan meningkatkan permintaan (karena lebih banyak emas dapat dibeli saat dolar lebih lemah).

Akibatnya, emas sering dilihat sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Inflasi terjadi ketika harga naik, dengan cara yang sama harga naik saat nilai dolar turun. Saat inflasi naik, harga emas juga naik.

3. Permintaan perhiasan dan industri di seluruh dunia

Pada 2019, perhiasan menyumbang hampir setengah dari permintaan emas, yang berjumlah lebih dari 4.400 ton. Menurut World Gold Council. India, Cina dan Amerika Serikat adalah konsumen utama emas untuk perhiasan berdasarkan volume. Kemudian 7,5% dari permintaan emas terkait dengan teknologi dan penggunaan industri emas. Misalnya dalam pembuatan perangkat medis seperti mikroelektronika dan juga unit GPS.

Oleh karena itu, harga emas dapat terpengaruh oleh teori dasar penawaran dan permintaan; Karena permintaan barang-barang konsumsi seperti perhiasan dan elektronik meningkat, harga emas bisa naik.

4. Perlindungan Kekayaan

Di masa ketidakpastian ekonomi, seperti yang telah kita lihat di masa resesi ekonomi, lebih banyak orang beralih ke investasi emas karena nilainya yang bertahan lama. Kita sering menganggap Emas sebagai “tempat berlindung yang aman” bagi investor selama masa yang penuh gejolak. Ketika tingkat pengembalian pada obligasi, saham, dan real estat menurun, minat untuk berinvestasi dalam emas dapat meningkat. Hal ini menyebabkan harganya naik. Kita bisa menggunakan Emas dapat sebagai lindung nilai untuk melindungi terhadap peristiwa ekonomi seperti depresiasi mata uang atau inflasi. Selain itu, emas juga terbukti memberikan perlindungan selama periode ketidakstabilan politik.

5. Permintaan investasi

Banyak orang juga berminat dengan emas dalam bentuk saham dari perusahaan yang menyimpan logam tersebut dan menerbitkan saham. SPDR Gold Trust (GLD) adalah yang terbesar dan menyimpan lebih dari 1.078 ton emas pada Maret 2021.

Sementara beberapa ETF mewakili kepemilikan dalam logam yang sebenarnya, yang lain memegang saham di perusahaan pertambangan daripada emas yang sebenarnya.

6. Produksi emas

Para pemain utama dalam penambangan emas di seluruh dunia termasuk Cina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Rusia dan Peru. Produksi emas di dunia mempengaruhi harga emas, yang merupakan contoh lain dari supply yang memenuhi permintaan. Produksi tambang emas mencapai sekitar 3.260 ton pada 20187, naik dari 2.500 pada 2010

Namun, meskipun meningkat selama sepuluh tahun, produksi penambangan emas tidak berubah secara signifikan sejak 2016. Salah satu alasannya adalah manusia telah menambang “emas mudah.” Penambang sekarang harus menggali lebih dalam untuk mengakses cadangan emas berkualitas tinggi. Fakta bahwa emas lebih sulit mengaksesnya menimbulkan masalah tambahan. Penambang menghadapi risiko tambahan, dan dampak lingkungan meningkat. Singkatnya, mendapatkan lebih sedikit emas tetapi biayanya lebih mahal. Ini menambah biaya produksi tambang emas, terkadang menyebabkan harga emas naik.

Kesimpulan Harga Emas 22 Karat Hari ini Jakarta

Kami selalu, dan kemungkinan akan terus, terpesona oleh emas. Saat ini, permintaan emas, jumlah emas dalam cadangan bank sentral, nilai dolar AS, dan keinginan untuk menahan emas untuk melindungi nilai dari inflasi dan devaluasi mata uang, semuanya membantu mendorong harga logam mulia tetap naik.

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …