Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

  • Bagikan
cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data
cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data. Sumber Gambar: Pinterest.com

Apakah ada cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data dan mulai menggunakan internet. Fenomena pulsa terpotong hingga sekarang masih ada. Banyak teman saya yang sering mengalami hal ini. Ketika saya baru saja membeli beberapa pulsa, katakanlah 10.000, ternyata ketika saya periksa hanya tersisa 7.000.

Kemana 3.000 itu pergi? Bagi yang masih baru pasti akan bingung, “Kok bisa begini, pulsanya habis sendiri, padahal belum dipakai sama sekali”. Saya pun seperti itu, saya panik saat detak jantung saya naik dengan sendirinya.

Nah, untuk saat ini saya pribadi sudah sedikit tenang karena sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi pulsa tersedot. Ingin tahu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data

Setelah sempat bingung kenapa pulsa bisa drop (saat itu), akhirnya saya tahu dengan flashback kegiatan yang pernah saya lakukan sebelumnya. Pada dasarnya, pulsa yang tersedot secara tiba-tiba itu disebabkan oleh sebuah paket yang secara tidak sadar terdaftar ke nomor yang digunakan.

Jadi setiap kita isi pulsa otomatis terpotong menjadi perpanjangan paket karena paket menggunakan perpanjangan otomatis.

Nah, di sini saya menemukan 3 hal yang lebih sering dilakukan oleh pengguna ponsel sehingga pulsanya sering turun.

1. Jangan klik tautan acak

Bahkan, kita bisa mengatakan, tepatnya, mengklik tautan yang salah. Hampir semua pengguna ponsel juga perlu menggunakan internet. Ada berbagai jenis link di internet yang isinya bervariasi.

Nah, jika Anda ingin mengunduh sesuatu, katakanlah sebuah lagu, banyak tautan yang harus disajikan. Di dalam blog sebenarnya hanya ada satu link yang sebenarnya adalah link download. Segala sesuatu yang lain adalah iklan. Jika Anda mengklik link yang salah, pulsa Anda akan berkurang setiap kali Anda melakukan top up.

Cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data yang penting lainnya adalah sebagai berikut.

2. Jangan balas ke layanan SMS

Semua operator seluler pasti memiliki layanan yang sering dipromosikan melalui SMS. Ada juga provider yang bukan operator tetapi mempromosikan layanannya melalui SMS di ponsel Anda.

Yang berbahaya sebenarnya bukan layanan operator GSM, tapi layanan provider yang kurang kentara, seperti promo game 15.000/bulan. Tak terkecuali oleh operator saja, kini marak terjadi penipuan yang mengatasnamakan sebuah provider.

Nah, promosi layanan semacam inilah yang otomatis menyedot pulsa juga. Ini terjadi ketika Anda menanggapi pesan. Pasti ada beberapa pengguna ponsel yang membalas SMS tersebut dan akhirnya menyedot pulsa.

Pulsa yang digunakan oleh operator

Target ini saya temukan pada tanggal 6 April 2020 menggunakan kartu perdana Axis. Intinya begini… Jadi setiap operator pasti punya layanan seperti SMS, paket data atau telepon. Saat kita menggunakan layanan ini, pulsa Anda akan berkurang secara otomatis.

Nah nanti saya juga akan menjelaskan bagaimana cara memblokir layanan agar tidak menggunakan pulsa kita. Jadi saat isi pulsa, pulsa tidak tersedot ke layanan operator.

Bagaimana cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data

Untuk mengatasi pulsa yang berkurang untuk setiap operator, caranya mungkin sedikit berbeda dari satu operator ke operator lainnya. Kemudian pilih operator yang Anda gunakan.

1. Kartu Axis / XL

Alasan saya menempatkan Axis di nomor satu adalah karena saya pengguna Axis. Dan kebetulan, saya menggunakan kartu saya dari tahun 2013 hingga 2020.

Pada langkah ini saya akan memberikan 2 cara untuk mengatasi pulsa axis (berlaku juga untuk XL) yang berkurang sendiri. Cara pertama menggunakan aplikasi AXISnet dan cara kedua menggunakan DIAL.

Metode Satu: Aplikasi AXISnet

  • Pertama, unduh dan instal AXISnet dari Play Store.
  • Kemudian login dengan nomor AXIS Anda.
  • Kemudian klik ikon kunci di sudut kanan > centang semua opsi > klik Simpan
  • Jika sudah maka akan muncul layar dan icon kunci akan berubah warna menjadi hijau. Pulsa Axis akan berkurang dengan sendirinya

Selesai.

Semoga, setelah menerapkan cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data diatas, pulsa Anda tidak akan berkurang lagi. Karena layanan SMS, Paket Data dan Telepon diblokir.

Metode Dua: Telepon

  • Pertama, buka aplikasi Telepon di ponsel Anda.
  • Kemudian ketik *123*66# lalu tekan dial. Jika jendela informasi sudah terbuka, pilih Hentikan layanan lain
  • Kemudian pilih Keluar semua dan kemudian Pastikan untuk berhenti berlangganan semuanya.

Terakhir, pilih Jangan berlangganan untuk menghentikan semua paket di jendela sebelumnya.

Penting: Perhatikan langkah nomor 3. Jika ada paket yang sudah Anda daftarkan di jendela, hentikan paket secara manual.

Jadi tugas Anda adalah menghentikan paket yang sama sekali tidak ada hubungannya satu sama lain dan Anda sendiri merasa belum mendaftarkannya.

2. Kartu indosat

Tidak jauh berbeda dengan kartu sebelumnya, Indosat juga sering mengalami pulsa tersedot. Ini karena ada paket yang tidak dikenal yang secara otomatis memperbarui sendiri.

Cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data di Indosat secara prinsip sama. Bedanya sedikit di detail yang digunakan. Anda hanya perlu login ke MyIM3 Indosat dan kemudian berhenti berlangganan semua layanan di halaman tersebut.

Langkahnya

  • Pertama ketik *123*44# lalu pilih centang Indosat MyIM3.
  • Kemudian Anda akan diberikan nomor lain untuk dihubungi yaitu *185#. Tekan *185# dan tunggu prosesnya.
  • Jika sudah terbuka, pilih Layanan saya.
  • Lalu Berhenti Berlangganan SEMUA layanan. Pulsa Indosat akan berkurang secara otomatis
  • Terakhir, menunggu proses deregistrasi layanan yang ada.

Cara diatas merupakan cara resmi yang disediakan langsung oleh Indosat Ooredoo Care melalui Twitter. Jadi jika ada paket di *123*44# dan kamu merasa tidak ingin mendaftarkannya, segera batalkan.

3. Kartu Tri

Untuk kartu 3, Anda dapat membatalkan paket potong pulsa melalui SMS. Untuk provider berlangganan sebenarnya ada beberapa. Jadi lihat di pesan teks Anda untuk nomor yang aneh dan berisi pesan paket yang tidak jelas.

Agar lebih jelas, berikut contohnya:

  • Pertama, buka aplikasi Pesan di ponsel Anda.
  • Kemudian cari SMS dari nomor asing seperti misalnya 98686.
  • Berhenti berlangganan dengan mengetik berhenti berlangganan lalu kirim ke nomor tersebut.
  • Jika proses berhasil, pesan berhenti pendaftaran akan ditampilkan.

Nomor di atas hanya sebagai contoh. Jika Anda menemukan nomor paket lain yang tidak jelas, Anda dapat dengan mudah berhenti berlangganan.

4. Kartu Telkomsel

Untuk saat ini saya masih mencari solusi terbaik. Masalahnya saya masih belum menemukan solusi untuk pulsa Telkomsel yang dicuri.

Untuk saat ini, Anda dapat mencoba menelepon *111# (Kartu Halo) dan *116# (Kartu As dan Simpati) untuk menghentikan paket penyedot pulsa.

5. Kartu Smartfren

Sama halnya dengan kartu Telkomsel, saat ini saya masih mencari cara untuk mengelola pulsa Smartfren yang berkurang.

Jika saya menemukannya nanti, saya akan memperbaruinya sesegera mungkin. Untuk saat ini, cek paket di kartu Smartfren Anda, batalkan pendaftaran jika ada paket yang aneh.

5. Semua operator

Jadi pada dasarnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari paket yang terdaftar ke nomor yang Anda gunakan. Jika ada paket asing bisa langsung dibatalkan.

Ini berlaku untuk semua operator ya. Kode pilihan yang saya berikan diatas mungkin hanya sebagai contoh saja, mungkin ada kode pilihan lain yang bisa digunakan untuk berhenti berlangganan paket penghilang pulsa.

Tips cara agar pulsa tidak tersedot saat menyalakan data

Untuk mengantisipasi pulsa hilang, disarankan untuk tidak mengklik sembarang link (di Internet) dan tidak pernah membalas SMS dari operator atau nomor yang tidak jelas.

Hal di atas dimaksudkan agar nomor Anda tidak otomatis berlangganan paket. Sejauh yang saya tahu, penyebab utama pulsa tersedot adalah hal-hal yang saya sebutkan di atas. Jadi hindari.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda.

  • Bagikan