Begini Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis 2021

  • Bagikan
Bantuan Kuota Internet Gratis 2021
Ilustrasi Bantuan Kuota Internet Gratis 2021

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud berencana untuk terus membantu kelas Internet pada tahun 2021. Pertolongan pertama akan disalurkan pada tahun 2020 kepada guru, siswa, mahasiswa, dan dosen. Simak Begini Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadim Makarem mengatakan dalam rapat kerja komite parlemen kesepuluh dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (20/1), “Kabar baiknya, bantuan subsidi kuota akan berlanjut pada Maret, April, dan Mei 2021” ), yang disiarkan di saluran DPR RI di YouTube.

Rencana melanjutkan pendampingan kelas Internet yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021 ini untuk mendukung pemerintah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Total penerima bantuan jatah internet mencapai 35.598.376 orang pada tahun 2020.

Saat ini PJJ masih menjadi pilihan utama bagi beberapa daerah untuk melanjutkan pendidikan. Melihat hal tersebut, Nadim menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun rencana untuk memasukkan COVID-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan strategi skenario terburuk untuk menghadapi semua situasi.

“Maka karena itu, dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk quota online – internet masih akan terus berjalan. Kami juga akan berupaya meningkatkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ – Daring:red) . Untuk sekolah yang sulit melaksanakan PJJ, kami dorong untuk mempercepatnya secara tatap muka. Tentu saja, dengan “menerapkan protokol kesehatan”, kata Nadim.
Berkenaan dengan bantuan online Kemendikbud, update berkala dapat Anda dilihat di tautan https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Informasi juga dapat ditemukan di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bantuan quota kelas internet yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 terdiri dari kelas quota umum dan quota belajar. Untuk quota Umum bisa dipergunakan untuk mengakses semua website dan aplikasi, sedangkan quota belajar hanya dapat mengakses fasilitas daring pembelajaran saja.

Rincian bantuan untuk share internet Kemendikbud

Bantuan Kuota Internet Gratis 2021
Ilustrasi Bantuan Quota Belajar : Bantuan Kuota Internet Gratis 2021

Cara cek kuota belajar Kemendikbud

A. Telkomsel

1. Penerima kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel

2. Penerima bisa klik *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

B. Indosat

1. Penerima bisa cek kuota belajar Kemendikbud lewat aplikasi myIM3

2. Penerima bisa menghubungi nomor Unstructured Supplementary Service Data (USSD) *123*075# lalu pilih nomor satu.

C. Tri

1. Cek kuota belajar Kemendibud bisa dengan menghubungi nomor menghubungi nomor USSD *123*10*3#.

2. Cara lain untuk cek kuota belajar adalah melalui aplikasi Bima+

D. Xl dan Axis

1. Penerima bisa langsung cek kuota belajar Kemendikbud di nomor *123# lalu pilih info

2. Cek kuota belajar Kemendikbud juga bisa dilakukan lewat aplikasi aplikasi myXL dan AxisNet.

Sumber: https://news.detik.com/

  • Bagikan