Apakah akun WhatsApp Anda telah diretas? ini Solusinya

  • Bagikan
cara pulihkan whatssapp anda telah diretas
Ilustrasi cara pulihkan whatssapp anda telah diretas

Whatsapp Anda telah diretas? Jangan membagikan kode aktivasi enam digit WhatsApp dengan siapa pun karena Anda berisiko diretas.

Bagaimana Solusi jika WhatsApp Anda telah diretas ?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di dunia dengan miliaran pengguna di platformnya. Popularitas aplikasi perpesanan juga menjadi lawannya karena banyak pelaku jahat mencoba melanggar platform untuk mencuri informasi sensitif dari penggunanya.

6 Digit Rahasia Whatsapp
Ilustrasi 6 Digit Rahasia Whatsapp

Penipu sering mencoba mengelabui pengguna agar mengungkapkan kode verifikasi enam digit yang merupakan kata sandi satu kali untuk masuk ke aplikasi. Berbagi kode verifikasi WhatsApp Anda dengan seseorang dapat membahayakan WhatsApp Anda.
Bahkan jika Anda telah membuat kesalahan ini, jangan khawatir, ada cara di mana Anda dapat memulihkan akun WhatsApp yang diretas dan inilah caranya.

Informasikan WhatsApp dan lainnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melaporkan kejadian tersebut ke WhatsApp dan Anda bahkan dapat menghubungi mereka melalui email di support@whatsapp.com. Pastikan untuk menuliskan “Hilang / Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya” di teks.

Juga, beri tahu teman dan anggota keluarga Anda tentang masalah tersebut sehingga mereka sadar sebelum peretas mengirim mereka teks yang ditolak.
Setelah pembatalan berhasil, Anda akan memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda jika tidak, semua obrolan yang disimpan dan media yang dicadangkan di cloud akan dihapus.

Aktifkan kembali WhatsApp

Anda dapat mengaktifkan kembali nomor WhatsApp yang sama di akun yang berbeda setelah Anda mendapatkan kartu SIM duplikat. Saat Anda meminta untuk mengaktifkan kembali, WhatsApp akan mengirimkan kode enam digit yang harus Anda masukkan. Setelah kode dimasukkan, peretas akan secara otomatis keluar dari akun Anda.
Jika Anda tidak bisa mendapatkan duplikat kartu SIM tepat waktu, Anda disarankan untuk menghapus akun WhatsApp Anda sehingga pelanggar tidak dapat menyalahgunakan akun Anda.
Ingat, menghapus instalan WhatsApp tidak sama dengan menghapus. Anda harus pergi ke dukungan web untuk WhatsApp untuk menghapus akun tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa menghapus akun WhatsApp adalah prosedur yang tidak dapat diubah tetapi ini memastikan bahwa percakapan pribadi Anda tidak jatuh ke tangan yang salah.

Jika peretas mengaktifkan proses verifikasi dua langkah, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan kode ini. Karena Anda tidak akan tahu kode mana yang digunakan peretas, Anda harus menunggu tujuh hari untuk memulihkan akun Anda.

Untungnya, meskipun Anda harus menunggu akun Anda dipulihkan, peretas tidak akan bisa mengakses akun WhatsApp Anda.

Berikut 7 langkah mudah untuk memulihkan WhatsApp Anda telah diretas

  1. Untuk memulihkan akun WhatsApp yang diretas, Anda perlu menghapus dan menginstal ulang WhatsApp di perangkat Anda dengan nomor telepon Anda.
  2. Anda akan menerima kode verifikasi enam digit melalui SMS yang dibaca WhatsApp dan Anda masuk secara otomatis. Setelah masuk, peretas akan secara otomatis keluar dari akun Anda.
  3. Jika peretas mengaktifkan proses verifikasi dua langkah setelah mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda, maka Anda harus menunggu tujuh hari untuk memulihkan akun Anda.
  4. Untuk mengamankan akun WhatsApp Anda dari penipu, jangan bagikan kode aktivasi Anda dengan siapa pun. Berhati-hatilah dengan panggilan yang meminta Anda membagikan informasi pribadi Anda atau meminta Anda untuk menginstal aplikasi tertentu.
  5. Cara lain untuk mencegah peretas menggunakan akun WhatsApp Anda adalah dengan menonaktifkannya. Untuk melakukan ini, kirim email ke support di support@whatsapp.com dengan judul “Hilang / Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya” di bagian isi.
  6. Setelah penonaktifan, Anda memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda.
  7. Selain itu, pastikan untuk selalu memeriksa situs web WhatsApp. Whatsapp Web merupakan ekstensi dari messenger Whatsapp, digunakan untuk menyinkronkan ponsel Anda dengan komputer Anda. Setelah meretas, masuk ke komputer Anda dan klik opsi “Keluar dari semua komputer”.

Jangan lupa untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah. Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah segera memberi tahu keluarga dan teman sebelum mereka menjadi korban. Begitu solusi jika WhatsApp Anda telah diretas. Semoga bermanfaat.

Sumber: TEMPO.CO, Jakarta

  • Bagikan