Kenapa Download di Playstore Tertunda

  • Bagikan
kenapa download di playstore tertunda
kenapa download di playstore tertunda

Pernahkan anda alami atau tahu kenapa download di Playstore tertunda ?. Pesan di Google Play “Unduhan Tertunda” membuat tidak nyaman. Kita ingin mengunduh aplikasi baru dan segera ingin mencoba. Tetapi, tidak bisa. Teman Anda memberi tahu Anda tentang aplikasi hebat yang dia gunakan. Seperti yang Anda dengar, Anda menuju ke Google Play untuk menginstalnya. Ketika Anda menekan tombol instal, Anda melihat kata-kata “Unduh Tertunda”.

Kenapa download di Playstore tertunda

Jika memang sinyal ponsel Anda cenderung lambat, Anda mungkin tidak akan berpikir dua kali. Tetapi, jika Google Play macet di “Unduhan Tertunda” dan tidak hilang setelah beberapa saat, saya khawatir Anda mengalami masalah.

Ini adalah pengalaman saya sendiri. Terkadang, aplikasi lama tidak digunakan. Kemudian, saat dibuka minta update. Terkadang, saat diupdate malah pending.

Penulis sendiri pernah mengalamai. Setelah lama tidak naik ojek online, maka suatu ketika saya butuh ojek online. Saat itu sudah malam dan sudah capek. Sayangnya, aplikasi malah minta update. Bahkan, ketika diupdate, tidak bisa langsung terdownload alias pending.

Jadi, sambil nyengir, saya mencoba mendownload ulang. Tetapi gagal lagi. pending lagi. Kemudian, mencari cara untuk update Google Play yang pending di internet. Di Google. Setelah mencoba – coba bisa ketemu juga. Tetapi, waktu itu sudah tambah malam lagi baru berhasil. Nah, hal semacam ini pasti pengalaman yang tidak enak.

Ada baiknya ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi kenapa download di Playstore tertunda

1. Matikan pembaruan otomatis

Jika Google memperbarui aplikasi di latar belakang dan Anda menekan tombol instal, Anda akan terjebak dengan pesan unduhan yang tertunda hingga Google selesai. Merupakan ide bagus untuk memiliki aplikasi penting pada pembaruan otomatis, dengan begitu, Anda akan selalu memiliki perbaikan bug dan fitur terbaru.

Tapi, ada aplikasi yang bisa menunggu dan bisa diperbarui secara manual. Untuk menghentikan pembaruan otomatis, ketuk ikon hamburger saat pertama kali membuka Google Play. Saat menu meluncur ke bawah, ketuk Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis. Pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis dan Iklan Setelah itu, aplikasi tidak akan diperbarui kecuali Anda melakukannya secara manual.

2. Cegah aplikasi kurang penting agar tidak diperbarui terlebih dahulu

Untuk menghindari kenapa download di Playstore tertunda. Dan jika Anda ingin mempercepat download, Anda dapat berhenti memperbarui aplikasi lain yang kurang penting terlebih dahulu. Di tab Pembaruan, ketuk X yang ada di sebelah kanan, untuk aplikasi yang pembaruannya ingin Anda tunda. Jika Anda ingin menghentikan semua pembaruan, klik tombol Stop.

3. Kosongkan sebagian ruang penyimpanan

Agar aplikasi diperbarui, perangkat Anda membutuhkan ruang untuk menerima data baru. Untuk memberi ruang ekstra pada perangkat Anda. Anda bisa instal aplikasi. Aplikasi yang akan menghapus file yang tidak berguna dengan lebih mudah adalah Files by Google. Aplikasi ini akan membantu Anda menghapus bahkan GIF WhatsApp yang hanya menghabiskan ruang di ponsel Anda.

4. Periksa kartu SD Anda

Alasan kenapa download di Playstore tertunda bisa karena kartu SD. Jika kartu SD tidak dimasukkan dengan benar, ini mungkin alasan mengapa Anda mendapatkan pesan kesalahan. Keluarkan kartu SD Anda dan pasang kembali dengan benar.

Periksa kembali untuk melihat apakah Anda memasukkannya dengan benar sebelum mematikan perangkat Anda. Juga, pastikan kartu SD Anda tidak rusak karena ini juga dapat menyebabkan pesan unduhan yang tertunda tetap ada.

5. Hapus cache dan data untuk Google Play

Jika Anda sudah memeriksa koneksi internet Anda dan mematikan VPN yang mungkin Anda gunakan. saatnya untuk menghapus cache/historinya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Aplikasi > Manajer aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > Hapus data/cache.

Selama Anda berada di area tersebut, Anda juga dapat mencoba menghentikan paksa Google Play. Kita menggunakan Tombol Force Stop yang letaknya ada di sebelah kanan opsi Storage. Dengan melakukan ini, Anda memberi aplikasi awal yang baru dan mudah-mudahan aplikasi Anda akan mulai mengunduh.

Kesimpulan

Inilah alasan kenapa download di Playstore tertunda. Ketika pesan Pending untuk unduhan di PlayStore lebih lama dari yang seharusnya, biasanya pesan tersebut hilang dengan beberapa perbaikan dasar. Apakah saya melewatkan perbaikan yang berhasil untuk Anda? Bagikan dengan saya di komentar.

  • Bagikan