Cara Mengirimkan File dari Laptop ke HP
Cara Mengirimkan File dari Laptop ke HP

Cara Mengirimkan File dari Laptop ke HP

Cara mengirimkan file dari laptop ke HP. Berkat kemajuan teknologi, kini kita dapat mentransfer file dari laptop ke ponsel dengan sangat mudah. Ada banyak pilihan untuk metode atau alat yang dapat digunakan untuk melakukan ini.

Seperti yang kita semua tahu, berbagai jenis perangkat saat ini hadir dengan dukungan perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat baik. Di dalamnya, para pengembang melengkapi sistem dengan utilitas yang sangat berguna dan dukungan komunikasi yang semakin lengkap.

Dengan cara ini, pengguna dapat mentransfer file dengan lebih mudah dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dari komputer ke ponsel atau sebaliknya. Apalagi saat ini banyak juga aplikasi yang dikembangkan khusus untuk membantu hal tersebut.

Cara mengirimkan file dari laptop ke HP dengan alat tambahan

Secara spesifik, ada lima cara yang bisa dijadikan alternatif untuk mentransfer file dari laptop ke ponsel. Bagi Anda yang masih belum tahu, berikut lima caranya.

1. Menggunakan kabel data

  • Hubungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel data yang sesuai
  • Pilih opsi File Transfer atau MTP pada menu yang muncul di ponsel saat berhasil terhubung (menu ini juga bisa dilihat pada opsi USB di panel notifikasi)
  • Buka File Explorer di laptop Anda dan temukan file yang ingin Anda transfer
  • Jika Anda menemukannya, salin file dengan memilihnya dan tekan CTRL + C
  • Arahkan ke salah satu folder di partisi perangkat Android (namanya bervariasi untuk setiap perangkat)
  • Kemudian paste file tersebut dengan menekan CTRL + V

Cara di atas hanya bisa digunakan untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Untuk perangkat lain, pengguna mungkin memerlukan aplikasi tambahan, seperti iTunes untuk iPhone, iPad, atau iPod.

2. Menggunakan USB Flash Drive

Cara mengirimkan file dari laptop ke HP dengan USB Flash Drive termasuk mudah. Khusus untuk metode ini, pengguna memerlukan perangkat tambahan yang disebut USB OTG. Perangkat ini merupakan adaptor dari USB Type-A (umumnya konektor flash disk). ke micro-USB atau USB Type-C (konektor yang terdapat di smartphone).

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menyalin file dari laptop ke flash disk seperti biasa. Lalu menghubungkan flash drive ke OTG smartphone. Jika pemberitahuan General USB Drive muncul, tekan tombol Open untuk membukanya.

Jika tidak muncul atau tidak ada notifikasi, pengguna dapat membuka partisi tersebut melalui file manager pada perangkat yang digunakan. Selain itu, pengguna dapat mentransfer file seperti biasa.

3. Menggunakan OTG

Untuk transfer, selain harus memiliki perangkat USB OTG, pengguna juga harus memastikan perangkat tersebut mendukung opsi OTG di dalamnya. Terutama dalam hal ini, pengguna yang menggunakan perangkat keras lama.

Cara mengirimkan file dari laptop ke HP tanpa perangkat keras

1. Menggunakan koneksi nirkabel

Selain menggunakan perangkat atau kabel tambahan, pengguna juga dapat menggunakan koneksi nirkabel, baik Bluetooth, WiFi, atau keduanya, untuk mentransfer file dari laptop ke ponsel.

2. Menggunakan bluetooth

Misalnya, pada perangkat Windows 10. Pengguna harus memasangkan terlebih dahulu melalui Pengaturan > Perangkat > Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain, lalu kirim file dengan menekan Tampilkan ikon tersembunyi (ikon panah atas) > Bluetooth > Kirim ke dan cari file yang akan dikirim.

Saat menggunakan perangkat buatan Apple, pengguna dapat memanfaatkan Airdrop, fitur berbagi file yang menggunakan protokol komunikasi nirkabel, baik Bluetooth maupun Wi-Fi.

3. Dengan aplikasi seluler

Cara mengirimkan file dari laptop ke HP dengan aplikasi sebenarnya banyak pilihannya. Sampai saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim file dari laptop ke handphone, baik menggunakan jaringan lokal maupun menggunakan internet. Bagi yang belum tahu, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan ini, antara lain WhatsApp, email, atau aplikasi private seperti ShareIt.

4. Menggunakan layanan cloud

Atau jika ingin lebih mudah, pengguna bisa menggunakan layanan cloud untuk melakukannya. Dengan layanan ini, pengguna dapat dengan mudah mentransfer file dari laptop ke ponsel meskipun perangkat tidak berada di lokasi yang sama.

Dalam hal ini, pengguna dapat memilih salah satu dari berbagai layanan cloud yang tersedia, lalu masuk ke layanan tersebut. Selanjutnya, pengguna dapat mengunggah file ke layanan dan kemudian mengunduhnya melalui aplikasi di ponsel cerdas mereka.

Inilah berbagai cara mengirimkan file dari laptop ke HP. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Tipe HP Oppo dan Harganya

Tipe HP Oppo dan Harganya Desember 2022

Tipe HP Oppo dan harganya untuk bulan Desember 2022. Oppo adalah salah satu produsen smartphone …