Kepanjangan CC Motor

  • Bagikan
Kepanjangan CC Motor
Kepanjangan CC Motor

Kepanjangan CC motor.ย Anda sering mendengar tentang CC Motor? Apa itu cc? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian besar CC motor. Berikut alasannya.

Banyak orang yang bertanya tentang arti dan singkatan dari mesin cc, walaupun kita sering mendengar kata ini, namun sangat sedikit orang yang tidak mengetahui apa arti dan interpretasinya. Dan di sini Anda pasti akan mendapatkan jawabannya.

Kepanjangan CC motor

Di sepeda motor, CC adalah singkatan dari sentimeter kubik (cm3). Atau bisa dikatakan pengertian cc dalam volume mesin / volume silinder dalam satuan cm3, ini adalah konsep mesin sepeda motor.

Jadi ukuran CC mesin adalah untuk dimensi isi silinder. Sehingga isi silinder menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat mesin melakukan langkah hisap.

Sehingga sering kita simpulkan bahwa semakin besar CC pada mesin, maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Dalam manual spesifikasi mesin, isi silinder biasanya ditulis disana.

Misalnya dengan motor mini 110 cc atau 125 cc. Namun, jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik dan berkendara dengan cepat, Anda sebenarnya dapat memilih versi yang lebih besar.

Kepanjangan CC motor dan cara menghitungnya

Misalnya 150 cc, 250 cc, 500 cc hingga 1000 cc. Anda dapat menghitung volume silinder dengan mengetahui diameter silinder (bore) dan panjang langkah piston (stroke).

Nampaknya hasil yang didapat pada ukuran CC tidak jauh dari tipe mesin yang dimaksud. Ukuran silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraan melakukan langkah isap.

Semakin besar dimensi volume mesin yang disebut juga dengan Cc, maka semakin besar pula kapasitas udara yang masuk ke dalam mesin.

Dengan konfigurasi ini, silinder akan siap bergerak lebih jauh untuk membakar lebih banyak bahan bakar. Proses ini kemudian secara alami menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih kuat.

Ketika Anda membeli sepeda motor, tentunya Anda akan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin berhemat, Anda akan memilih sepeda motor berukuran kecil. Tetapi jika Anda ingin performa yang konsisten dan berkendara yang cepat, tentu Anda akan memilih yang versi besar. CC pada motor adalah singkatan dari sentimeter kubik. Namun dalam dunia modifikasi sepeda motor, tentunya apapun bisa dilakukan, termasuk membuat motor cc kecil menjadi cc besar.

Sebelum kita mengetahui cara menghitung cc sepeda motor, terlebih dahulu kita harus mengetahui kapasitas mesinnya. Berapa kapasitas mesinnya? Kapasitas mesin adalah kemampuan mesin untuk menyerap bahan bakar dalam satu waktu.

Cara hitung CC motor

Jika bahan bakar yang tertelan banyak maka energi yang dihasilkan tentunya juga akan sama. Oleh karena itu, jangan bandingkan mesin 150 cc dengan mesin 300 cc, karena tenaga atau power yang dihasilkan tentunya jauh berbeda. Misalnya agar tidak bingung, kita akan membahas kapasitas mesin All New Nmax 2020. Motor besar besutan Yamaha ini memiliki kapasitas mesin 155 cc. Ini adalah klaim atau pernyataan resmi dari Yamaha. Pertanyaannya, benarkah motor all new Nmax 2020 memiliki kapasitas mesin yang besar? Mungkin itu hanya klaim sepihak dari Yamaha tanpa pernah tahu kebenarannya.

Daripada menebak-nebak dan penasaran, kamu bisa langsung cek fakta ukuran kapasitas mesin dengan menghitung cc motor secara mandiri, tentunya menggunakan rumus. Yuk simak penjelasan dari berikut ini.

Cara menghitung cc sepeda motor yang benar

Sebelum masuk ke rumus, Anda perlu tahu apa itu mesin cc. Nah, pada intinya kepanjangan CC motor / mesin cc adalah Centimeter Cubic. Ini merupakan ukuran ruang bakar mobil, dalam hal ini mesin sebagai kendaraan roda dua. Ukuran ruang bakar pada dasarnya berbeda untuk setiap sepeda motor, dan hal ini dapat kita ketahui dari pernyataan resmi dari pabrikan sepeda motor.

Namun, bagi yang kurang puas dengan kapasitas ruang bakar, bisa dilakukan penyesuaian. Hal ini dapat memiliki tujuan yang berbeda, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja mesin sehingga dapat lebih cepat dan lebih bertenaga. Bisa untuk modifikasi (hobi), balapan atau kompetisi. Kita tidak membahas tujuannya, yang kita bahas adalah bagaimana cara menghitung cc sepeda motor yang ada. Ini bisa diketahui dengan rumus tertentu.

Spesifikasi mesin yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan kapasitas mesin, yaitu kapasitas yang ditunjukkan oleh volume yang terbentuk saat piston bergerak naik dari TMB ke TMA, atau disebut juga dengan stroke volume.

Mesin pada kendaraan umumnya dikenali oleh mekanik atau teknisi sepeda motor di bengkel resmi sepeda motor, atau di bengkel. Namun, tidak ada salahnya mengetahui cara mengetahui kapasitas mesin sebuah sepeda motor.

Cara menghitung CC motor dengan rumus

Karena ada rumus khusus untuk menghitung cc sepeda motor, yaitu cc = 0,785 X (DXD) XL. Di mana D adalah diameter piston, dan L adalah panjang langkah/langkah.

Cara menghitung CC sepeda motor. Misalkan Anda memiliki sepeda motor Honda Tiger. Dan ingin mengetahui rumus menghitung cc sepeda motor Tiger. Kemudian pada spesifikasi resminya, panjang langkah 62,2 mm dan diameter piston 63,5 mm. Jadi, cara menghitung cc sepeda motor Tiger adalah cc = 0,785 X (DXD) X L.

= 0,785 x (63,5 x 63,5) x 62,2.

= 0,785 x 4032,25 x 62,2.

= 196.882.

Kita dapat angka 196. Tapi kita tahu bahwa mesin Honda Tiger berkapasitas 200 cc, dan angka ini sebenarnya adalah hasil pembulatan 196. Biasanya, kapasitas mesin dibulatkan menjadi angka 100, 150 atau 200 cc kapasitas asli mesin.

Penutup

Bagaimana Anda tahu kepanjangan CC motor? Demikian ulasan artikel Penyebab dan Singkatan Motor CC yang akan kami sampaikan, semoga dapat menjawab rasa penasaran anda dan tentunya bermanfaat.

  • Bagikan